Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

고시원 – Goshiwon : Tempat Tinggal Paling Murah di Korea

Berbicara tentang kehidupan tentu tidak akan lepas dari tempat di mana tinggal atau tidur setiap malamnya. Banyak pilihan tempat tinggal yang bisa kita pilih, rumah, apartemen, flat, kondo, kos-kosan, dan lain sebagainya. Akan tetapi, ada hal yang sangat menarik bisa kalian temukan di Korea apabila berbicara tentang tempat tinggal, yaitu goshiwon (고시원).

Goshiwon menjadi pilihan tempat tinggal yang sangat menarik apabila kalian berencana untuk tinggal di Korea dalam jangka waktu yang lama karena harganya yang sangat murah dibandingkan tempat tinggal lainnya.

Perlu kalian ketahui, apabila kalian ingin menyewa sebuah apartemen atau tempat tinggal di Korea seperti rumah kontrakan atau lain-lain, kalian harus memiliki uang yang cukup untuk membayar deposito. Uang deposito itu sangat mahal dan kadang kala tidak dapat dijangkau bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Meskipun di akhir masa kontrak uang deposito tersebut bisa kita ambil kembali (pemberi sewa mengambil untung dari bunga bank), hal itu masih menjadi sesuatu yang ‘mahal’ untuk di jangkau oleh kebanyakan masyarakat Korea.

A post shared by 송정현 (@song_jhs) on

Hingga akhirnya, Goshiwon pun menjadi salah satu pilihan terbaik bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah.

Alasan yang membuat goshiwon murah adalah luas ruangan ini sangat sempit, rata-rata berukuran 3,5 meter persegi dan itu sudah mencakup kasur, meja belajar, bahkan kadang lemari serta rak buku. Bagaimana mungkin barang-barang seperti itu bisa muat di dalam ruangan sesepit goshiwon?

A post shared by Hoa (@69hoa) on

Itulah mengapa goshiwon murah. Kamar mandi yang digunakan untuk orang-orang yang tinggal di goshiwon adalah kamar mandi bersama atau kamar mandi dalam. Kadang gedung goshiwon pun menyediakan dapur bersama atau tidak. Dengan kondisi serba minimalis seperti ini, goshiwon memang diperuntukan sebagai tempat tinggal satu orang saja.

A post shared by amy woo (@frogsonalilypad) on

Biaya goshiwon bisa dibayar perbulan sekitar 400-800 Won, tergantung fasilitas dan lokasi goshiwon itu beradah.  Bahkan ada beberapa goshiwon yang disewakan hanya perhari, sebutannya slangnya goshitel. Sobat Korean First bisa menemukan banyak sekali goshiwon atau goshitel di kota Seoul dan beberapa di antaranya memiliki fasilitas lengkap seperti hotel dengan harga sangat-sangat terjangkau.

A post shared by @nemosocool on

Pada mulanya, goshiwon ini diperuntukan bagi siswa-siswi SMA yang sedang dalam persiapan ujian masuk perguruan tinggi. Mereka kadang memerupkan privasi dan tempat untuk mandiri, sehingga memilih untuk tinggal di tempat terpisah dari orangtuanya. Namun, seiring berjalannya waktu, peruntukan goshiwon kini semakin berubah dan bergeser. Kebanyakan goshiwon kini ditempati oleh orang-orang yang berpenghasilan menengah ke bawah. Semakin tingginya harga lahan perumahan di Korea, semakin sulitlah orang mencari tempat untuk tinggal. Hingga akhirnya, goshiwon pun menjadi satu-satunya pilihan untuk tinggal.

Sedikitnya ada 11.457 goshiwon/goshitel yang terdaftar secara resmi di seluruh Korea pada tahun 2014, dan lebih dari separuhnya berada di kota Seoul.

Banyak traveler yang memilih untuk tidur di goshiwon/goshitel apabila sedang bertandang ke Korea. Mungkin saja, salah satu di antaranya adalah kalian?

KOREAN FIRST © 2018