Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

을/를 : Partikel Penanda Objek dalam Kalimat Bahasa Korea

 

Halo, sobat Korean First semua! Kembali lagi nih, kita akan mempelajari tentang Bahasa Korea! Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang partikel penanda subjek (baca: 이/가 : Partikel Penanda Subjek dalam Kalimat Bahasa Korea) kali ini kita akan mencari tahu partikel apa sih yang menandakan objek dalam bahasa Korea? Yuk, disimak baik-baik penjelasannya. Jangan lupa buku catatanmu dan hafalkan kosakata-kosakata yang telah dipelajari sebelumnya ya!

Yak, seperti gambar di atas telah tunjukkan, 을/를adalah partikel yang dilekatkan pada kata benda/myeongsa (명사) untuk menunjukkan objek di dalam kalimat bahasa Korea. Lalu, apa sih bedanya을dan를, kalu kapan kita bisa menggunakan partikel-partikel tersebut?

Berikut penjelasannya!

  1. 을adalah partikel penanda objek yang dilekatkan pada kata benda yang berakhiran bunyi konsonan. Silakan lihat contoh kalimat di bawah.

  1. Sementara itu 를merupakan partikel penanda objek yang dilekatkan pada kata benda yang berakhiran bunyi vocal. Silakan lihat contoh kalimat di bawah.

Nah, selain hal-hal tersebut di atas, ada juga nih yang harus kalian ingat dari partikel ini. Partikel을/를 yang menandakan objek dalam suatu kalimat bergantung dengan kata kerja yang ada di dalam kalimat tersebut. Ada dua jenis kata kerja, yaitu kata kerja transitif dan kata kerja intrasitif. Mari, lihat foto berikut untuk mengetahui definisi dari dua jenis kata kerja tersebut.

Sekarang, setelah kalian mengetahui apa itu kata kerja transitif dan kata kerja intrasitif. Kalian kudu memahami bahwa objek di dalam suatu kalimat hanya akan menempel pada kata kerja transitif. Contoh kata kerja transitif bisa kalihat lihat pada contoh-contoh sebelumnya. Nah, untuk kata kerja intrasitif dan mengapa kata kerja ini tak bisa dilekatkan dengan objek, kalian bisa melihat contoh di bawah ini.

[SALAH]  집을 가요jib-eul gayo – X

[BENAR] 집에 가요jib-e gayo – Pergi ke rumah

___

[SALAH]엄마를 울었다eomma-reul ureotda – X

[BENAR]엄마가 울었다eomma-ga ureotda – Ibu menangis

___

[SALAH] 부디씨가 방을 자고 있어요Budi-ssi-ga bang-eul jago isseoyo –  X

[BENAR] 부디씨가 방에서 자고 있어요Budi-ssi-ga bang-e jago isseoyo – Budi sedang tidur di kamar

 

Nah, bagaimana sobat Korean First? Sudah paham cara menggunakan partikel을/를 sebagai penanda objek dalam bahasa Korea? Jangan lupa terus berlatih tiap hari ya! Karena mempelajari suatu bahasa harus di lakukan setiap hari. Sampai ketemu lagi dipembahasan selanjutnya!

 

Baca juga:

Kosakata Bahasa Korea : Tentang Perasaan

9 Kata Dalam Bahasa Korea yang Bermakna Indah

동사 – Dongsa : Kata Kerja dalam Bahasa Korea

형용사 – Hyeongyongsa : Kata Sifat dalam Bahasa Korea

Bahasa ‘Slang’ Korea dalam Chating

KOREAN FIRST © 2018