Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

찜질방 – Jjimjil-bang : Menikmati Tempat Pemandian Umum Ala Korea

 

Jjimjil-bang (찜질방) atau dalam bahasa Indonesia berarti tempat pemandian umum (biasanya orang luar menyebutnya juga dengan ‘Korean Spa’) merupakan salah satu destinas wisata bagi warga asing yang ingin sekali merasakan bagaimana caranya releksasi ala orang Korea.

Selama ini, para penggemar drama Korea tentu sudah biasa dengan latar tempat pemandian air panas seperti ini. Banyak sekali scene-scene dalam drama Korea yang mengambil latar tempat di sini. Hal ini tentu bukan tanpa alasan karena mandi di Jjimjil-bang merupakan salah satu kebiasaan serta budaya yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat Korea.

Jjimjil-bang merupakan istilah yang berasal dari dua kata yaitu Jjimjil yang berarti heat atau panas dan bang yang berarti ruangan. Jadi secara harafiah, jjimjil-bang berarti ruang panas. Namun, faktanya, jjimjil-bang tidak melulu tentang ruang sauna yang panas. Tempat pemandian umum ala Korea ini sekarang menjadi salah satu tempat hiburan bagi warga Korea serta destinasi wisata yang sangat disukai warga asing.

Murah, nyaman, dan menyehatkan!

Jjimjil-bang biasanya selalu buka 24 jam ini sangat terkenal di kalangan para traveler yang berkunjung ke Korea dengan tujuan untuk relaksasi atau hanya untuk melihat-lihat. Pada dasarnya, jjimjil-bang dibangun untuk memberikan pengalaman mandi dengan beragam cara seperti kolam air panas yang bevariasi, ruang sauna yang memiliki beragam jenis temperatur yang disesuaikan, dan lain-lain. Orang Korea percaya sejak dulu bahwa berdiam diri di dalam ruangan panas  seperti ini memiliki efek menyehatkan seperti mengurangi tensi dan tingkat stress dalam tubuh juga pikiran.

Ruang yang sauna terbuat dari hwangtoe (tanah liat kuning)  merupakan ruang yang sangat disukai oleh masyarakat Korea karena dapat memlembutkan kulit dengan temperatur selalu berubah-ubah dari empat puluh hingga delapan puluh drajat.

Selain itu, Jjimjil-bang juga berfungsi sebagai tempat yang aman, bersih, dan murah untuk bermalam. Tempat ini banyak sekali menarik para traveler yang memiliki budget kecil.

Bagaimana menikmati bersantai di Jimjil-bang?

Sebelum kalian memasuki ruang utama jjimjil-bang yang menjadi tempat beragam failitas terbuka bagi perempuan maupun laki-laki yang mengunjungi jjimjil-bang tersebut, kalian akan dipandu untuk memasuki ruang ganti setelah melunasi pembayaran terlebih dahulu. Di dalam ruang ganti tersebut kalian akan diberikan handuk kering, kaus, dan celana pendek, serta kunci loker.

Hanya saja, tidak akan ada alat-alat mandi yang disediakan di sini karena di sini bukan hotel, kalian mungkn harus membawa alat-alat mandi seperti sabut dan sampo sendiri. Yang perlu kalian ingat adalah, daerah-daerah komunal pun tidak menawarkan selimut atau seprei meskipun menginap di sana diperbolehkan. Kalian juga bakal dikenakan biaya tambahan jika kalian memutuskan untuk tinggal lebih lama.

Ada banyak sekali fasilitas hiburan yang disediakan

Jangan dikira Jjimjil-bang hanya akan menyediakan fasilitas tempat bersantai-santai saja. Di sini juga kalian akan menemukan banyak sekali fasilitas hiburan untuk melepas stress seperti, ruang game, bar, kursi pijat, teater untuk nonton film, salon kuku, warnet, dan lain-lain.

A post shared by 가은맘 (@aing0518) on

A post shared by DongHyeon (@d.seoh) on

Banyaknya fasilitas seperti ini tidak hanya memuaskan bagi masyarakat lokal sendiri, tapi juga memuaskan bagi masyarakat asing yang juga datang ke sini. Meskipun kalian harus membayar biaya tambahan untuk merasakan fasilitas-fasilitas tersebut dengan uang tunai (jadi kalian harus siap uang tunai ya kalau mau ke jjimjil-bang), banyak pengunjung tidak keberatan dengan ha tersebut.

A post shared by 찬 (@chlrkd234) on


Selain tempat hiburan, di dalam jjimjil-bang juga terdapat beberapa makanan khas yang paling wajib kalian beli seperti maekbanseok gyeran—telur yang dibiasak dengan cara khusus—atau ice sikhye—minuman tradisional Korea yang disajikan dengan ice float.

Jjimjil-bang yang ada di kora-kota besar Korea

Nah, berikut daftar beberapa jjimjil-bang yang paling populer di Korea serta destinasi wisata paling banyak bagi turis asing.

 

(Diterjemahkan secara bebas Visit Korea)

Baca juga :

Wow! Indonesia Bebas Visa ke Korea! Ini 4 Tempat Menarik yang bisa Kamu Kunjungi di Pyeongchang

9 Es Krim Unik yang Bisa Kamu Nikmati di Seoul

8 Tempat Paling Berhantu di Korea Selatan

6 Distrik Berpenduduk Internasional Terbanyak di Seoul

Jeju Dark Tour : Mengungkap Sejarah Kelam Pulau Jeju

KOREAN FIRST © 2018