Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

‘혼밥 – Honbap’ : Makan Sendirian Menjadi Fenomena Budaya Baru di Korea

Sebelum fenomena ‘kaum jomblo’ di Korea ini muncul dan naik daun, Korea, khususnya Korea selatan sangat terkenal sebagai negara untuk para ‘couple’. Semua hal serba berpasang-pasangan, dari pakaian, sepatu, gelang, dan cincin. Saking banyaknya orang terobsesi ingin memiliki pasangan, tempat-tempat hiburan pun memberikan diskon khusus pasangan, entah itu di kedai makan, bioskop, bahkan ada provider kartu sim di Korea yang memproduksi kartu sim handphone khusus para couple dengan banyak promo untuk pasangan.

Kecanduan akan barang-barang couple ini pun perlahan-lahan mencapai titik jenuh, ketika tren-tren baru seperti YOLO ‘You Only Life Once’ (Lihat: Kaum Jomblo di Korea: Pacaran itu Pemborosan) dan kini Honbap muncul dan mulai mengajak kaum muda Korea untuk hidup sendiri.

Honbap (혼밥) sendiri merupaka akronim kata dari Honja (혼자) yang berarti sendirian dan Bap (밥) yang berarti nasi atau merujuk pada makanan secara keseluruhan.  Secara harafiah, honbap berarti makan sendirian. Tren ini muncul seiring dengan naik daunnya tren hidup sendirian di Korea.

Mengamati tren yang muncul dan populer sejak tahun lalu itu, sebuah restoran yang berlokasi di Gyeong-gi pun memberikan fasilitas yang sangat mumpuni untuk orang-orang yang memutuskan untuk hidup sendiri.  Mulai buka pada bulan Februari awal tahun ini, restoran bernama Dokgojin ini memiliki desain yang sangat unik dengan semua meja terdiri dari kubikel-kubikel yang hanya cukup untuk satu orang dan ditempeli sebuah televisi. Televisi tersebut pun hanya menyetel sebuah program tv korea bertajuk ‘I Live Alone’ yang tampaknya sangat cocok untuk orang-orang yang makan di sana.

Di restoran yang memiliki tagline ‘honjaseodo pyeonanhage – 혼자서도 편안하게’ atau dalam bahasa Indonesia yang berarti ‘Sendirian pun Nyaman’, kalian akan melakukan semuanya sendiri. Memanggang daging sendiri, makan sendiri, menonton televisi sendiri, minum sendiri, pokoknya jomblo abis deh, tempat ini bener-bener cocok untuk para traveler solo yang mencari tempat makan yang bisa menjaga privasi.

Bagaimana sobat Korean First? Pengen belajar  menjadi jomblo-jomblo bahagia seperti di Korea?

Dokgojin. Gyonggi-do, buceon-si, Jungdong-ro, 1152, Sangrok Center,
221-5368

(Pictures taken from Korean Expose and Naver blogger – Ruddla0324  by edited)

KOREAN FIRST © 2018