Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

13.000 Pekerja Asing Tanpa Dokumen Ditangkap Oleh Pemerintah Korea Tahun Ini

 

Kementrian Hukum Pemerintah Korea Selatan telah menangkap setidaknya 13.255 pekerja asing yang tidak memiliki dokumen-dokumen resemi ketenagakerjaan (pekerja imigran ilegal) dan 2.549 orang Korea yang mempekerjakan  mereka tahun ini.

Mereka ditangkap dalam dua razia dan pengrebekan intensif bagi para pekerja asing yang tidak berdokumen dan perusahaan yang mempekerjakan mereka ang diadakan pada 6 Maret hingga 15 Mei dan 4 September hingga 17 November tahun ini. Penggerebekan serta tindakan tegas ini dilaksanakan oleh 658 orang pejabat pemerintahan dari empat lembaga negara yaitu Kementrian Hukum, Kementrian Tenaga Kerja dan Buru, Badan Kepolisian Nasional, dan Korea Coast Guard.

Orang-orang asing yang ditangkap langsung dideportasi atau diperintahkan untuk meninggalkan Korea Selatan, sementara para pengusaha atau perusahaan yang mempekerjakan para pekerja ilegal tersebut dikenakan denda senilai 20 juta Won sesuai dengan ketentuan yang diterbitkan oleh Kementrian Hukum.

Industri manugaktur adalah industri yang paling rentan untuk mempekerjakan orang asing secara ilegal dengan ditemukannya 3.291 orang dalam dua razia dan penggerebekan tersebut, diikuti oleh industri konstruksi dengan 1.861 orang dan industri hiburan dengan 1.093.

Berdasarkan data tersebut pula ditemukan bahwa industri konstruksi memiliki celah dalam peraturan perusahaannya dengan jumlah pelanggar yang tertangkap tahun ini naik hingga 63,1 persen dari tahun lalu.

“Kami akan melakukan tindakan keras terhadap pekerja asing yang tidak berdukumen (ilegal) dan atasan mereka secara teratur untuk memastikan bahwa pasar tenaga kerja lokal berjalan dengan cara yang benar dan transparan,” ungkap narasumber yang berasal dari Kementrian Hukum Korea Selatan.

(Diterjemahkan secara bebas dari The Korean Times)

 

Baca Juga:

Tidak Hanya Murid SMA di Korea, Murid SMK Tingkat Akhir di Negeri Ginseng pun Mengalami Tekanan

Ulala! Ini Loh 4 Manfaat Bekerja di Korea, Dikutip dari Kisah Nyata Para TKI Negeri Ginseng!

4 Hal yang Bisa Kalian Lakukan di Seongsu, Tempat “Pengungsian” Bagi Para Seniman Seoul

Masyarakat Usia Muda di Korea Semakin Susah Mencari Pekerjaan

Seoul Metro Akan Melarang Iklan Operasi Plastik pada Tahun 2022

 

KOREAN FIRST © 2018