June 21, 2019

한국어 온라인 과정 online.koreanfirst.net

4 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting di Korea

Berkuliah memang penting bagi sebagian besar masyarakat karena jika berkuliah pendidikan kita akan lebih baik serta kesempatan kerja pun  lebih terbuka luas. Akan tetapi, meskipun kita tidak berkuliah, bukan berarti kita tidak punya kesempatan untuk menjadi orang sukses. Ada banyak kasus orang-orang yang berhenti sekolah atau pun di kuliah menjadi sukses dengan cara mereka sendiri.

Hanya saja hal ini sepertinya tidak akan berlaku di Korea selatan. Bagi masyarakat di Korea Selatan, berkuliah tidak hanya menjadi sebuah batu loncatan untuk mencari pekerjaan yang baik namun salah satu “kewajiban” terbesar sebagai seorang pelajar atau pun masyarakat sosial. Semua orang rasanya harus berkuliah dan dianggap “aneh” jika menolak untuk kuliah.

Orientasi pendidikan di Korea selalu berkiblat pada universitas dan bagaimana menciptakan suber daya manusia yang mumpuni melalui lembaga pendidikan. Pemerintah pun begitu mendorong pendidikan di Korea agar dapat terus maju ke depannya. Hal ini pun terbayarkan dengan fakta bahwa pendidikan di Korea Selatan merupakan salah satu yang terbaik di dunia sekarang ini.

Nah, untuk memahami lebih jelas mengapa kuliah itu sangat penting bagi masyarakat Korea. Berikut 4 alasan mengapa kuliah sangat penting bagi mereka berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh portal informasi You Tube, Asian Boss.

  1. Kuliah sama pentingnya seperti separuh hidup bagi masyarakat Korea

A post shared by 김동민 (@xxdongmin) on


Ketika pewawancara menanyakan kepada narasumber seberapa penting kuliah bagi masyarakat Korea, narasumber menjawab tanpa pikir dua kali bahwa berkuliah itu sama pentingnya seperti separuh hidup mereka. Begitu pentingnya pendidikan di Korea terutama berkuliah di universitas hingga masyarakat Korea percaya  kuliahmu akan menentukan nasib sisa hidupmu setelahnya.

 

  1. Jika kamu berkuliah, maka masyarakat akan menganggap kalau kamu adalah “manusia normal”

A post shared by Tri Budiningtyas (@tyasabidin) on


Dengan kata lagi, apabila kamu tidak kuliah maka kamu dianggap tidak normal. Mungkin beberapa hal seperti kurangnya biaya atau pilihan jalan hidup pun yang membuat orang-orang tidak melanjutkan kuliah. Namun, apakah kalian ingat bahwa banyak sekali idol Korea yang dulunya merupakan murid yang pintar atau atlet nasional berpresasti. Ditambah lagi beberapa idol serta aktor atau pun artis Korea sendiri banyak sekali yang tetap berkuliah meski pun sibuk dengan karir mereka, bahkan ada yang sampai S2. Selain itu, ada juga beberapa di antara mereka yang meskipun trainee di sebuah perusahaan, pihak perusahaan tetap menuntut mereka untuk melanjutkan sekolah mau pun kuliah. Jadi bisa dibilang, apa pun pilihan hidupmu, kuliah tetap nomor satu.

 

  1. Istilah “Ngapain kuliah tinggi-tinggi yang penting pengalaman kalau mau cari kerja” tidak berlaku di Korea

A post shared by 율리아💞 (@jaehee_julia) on


Apa kalian pikir pengalaman kerja saja tanpa ijaza dari perguruan tinggi akan terpakai apabila ingin melamar pekerjaan di Korea? Oh, tentu saja tidak. Jangan harap kalian bisa bekerja di Korea dengan modal nekat seperti itu. Masyarakat Korea begitu berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas CV atau Resumé mereka agar dapat diterima dengan baik oleh perusahaan Korea. Banyak di antara mereka yang berkuliah di universitas kurang ternama mencari cara untuk meningkatkan kualitas CV mereka dengan menjadi relawan atau pelayanan publik agar dianggap beperan aktif dalam meningkatkan masyarakat. Banyak juga di antara mereka yang bahkan melakukan operasi pelastik untuk tampak sempurna dalam foto CV mereka (Baca: 6 Alasan Mengapa Masyarakat Korea Melakukan Operasi Plastik   ). Semua ini benar-benar dilakukan demi  kualitas diri dan kesempatan kerja yang lebih unggul daripada yang lainnya. Jadi, memiliki pengalaman di bengkel selama 10 tahun dan ingin melamar sebagai manager di sebuah perusahaan Korea tanpa ijaza? Bagi masyarakat Korea itu sama saja seperti mencari jarum di tumpukan jerami.

 

  1. Semakin bagus universitas tempat kita belajar semakin mudah mencari pekerjaan


Alasan mengapa para pelajar di Korea, khususnya pelajar SMA, sangat kecanduan terhadap belajar adalah alasan yang satu ini (Baca: 40 Persen Pelajar SMA di Korea Tidak Tidur Cukup). Semakin bagus unversitas tempat kamu belajar, semakin mudah kamu mencari pekerjaan. Hal ini tentu didasari oleh rumor yang beredar di Korea bahwa ketika sebuah perusahaan membuka lowongan, mereka akan melihat universitas mana tempat orang-orang itu kuliah dulu. Apabila mereka berkuliah di universitas ternama, CV mereka akan dipisahkan dan diseleksi, sementara CV yang lain akan langsung berada di tempat sampah. Hal inilah yang membuat para pelajar di Korea sebisa mungkin  mampu berkuliah di unversitas TOP agar mereka lebih mudah mencari pekerjaan nantinya.

 

Nah, demikian empat alasan yang membuat kuliah menjadi penting bagi masyarakat Korea. Semoga ini bisa menjadi inspirasi kalian untuk belajar lebih giat lagi dalam mengejar cita-cita kalian ya Sobat Korean First!

 

(Pictures taken from Korean Herald and Hanguk Yeongwa)

 

Baca Juga:

Ingin Berkuliah di Korea? Kenalan dulu dengan SKY: 3 Universitas Paling TOP di Korea

4 Universitas Negeri yang Membuka Program Sarjana Bahasa Korea

Ingin Belajar Bahasa Korea? Melalui ‘Program Bahasa’ Kalian Bisa Belajar Langsung di Korea Loh!