Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

4 Hal yang Bisa Kalian Lakukan di Seongsu, Tempat “Pengungsian” Bagi Para Seniman Seoul

 

Mencari tempat tinggal di murah di ibukota besar seperti Seoul bukanlah hal yang gampang. Para tuan tanah dan pemilik bangunan terus menaikan harga sewa hingga banyak sekali orang yang harus kehilangan tempat tinggalnya karena tak sanggup membayar sewa. Kebanyakan dari orang-orang tersebut adalah para seniman yang memang tidak memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi, sebuah lokasi pemukiman bernama “Seongsu” justru terus mencoba menyediakan lokasi murah bagi para penduduk yang harus menderita karena harga sewa yang terus naik.

Jeong Won-oh, kepala distrik Seong-dong, tempat Seongsu berada, merupakan orang yang sangat berjasa dalam mempertahankan daerahnya dari gentrifikasi. Ia mencoba bertemu dengan pemilik proterti satu persatu, membatasi perusahaan-perusahaan waralaba untuk memasuki daerahnya tanpa persetujuan dari negara, dan mengajukan surat kepada pemerintah Korea Selatan untuk mencegah gentrifikasi di daerahnya.

Banyak yang menjuluki Seongsu sebagai  “Brooklyn of Seoul” namun istilah ini masih menjadi perdebatan tersendiri. Memang benar Seongsu dulunya adalah distrik atau lokasi tempat pabrik-pabrik berda (sekarang semua pabrik telah menjadi tua) dan tempat ini pun menjadi jauh lebih berseni ketika banyak sekali seniman yang berpindah dari Apgujeong  dan Gangnam menuju tempat ini sejak tahun 2000-an awal lantaran harga sewa yang terus naik.

Akan tetapi tetap saja, Seongsu tidak seluas Brooklyn dan lorong-lorong tempat ini pun masih relatif sepi.

Mungkin jika kalian punya kesempatan bermain-main ke sana, ada empat hal berikut yang mungkin bisa kalian lakukan untuk menikmati daerah unik di Kota Seoul yang satu ini.

  1. Menikmatilah Suasana Seongsu yang Unik

A post shared by Suzanne Shing (@suzanneeee) on

Kalian pasti tidak akan menemukan tempat seperti Seongsu  di daerah lain yang ada di Seoul. Seongsu kini memang sangat unik lantaran pembangunan tempat ini mengarah jauh berbeda dari daerah-derah lain di sekitarnya. Kalian bisa menikmati pabrik-pabrik tua yang terbengkalai, toko-toko barang antik para seniman atau toko-toko unik lainnya, restoran dengan tema-tema jadul, street art, dan lain-lain.

 

  1. Belilah Sepasang Sepatu dari pengrajinnya sendiri

 

A post shared by Tose マール (@nabatosei) on


Seongsu mungkin sama sepert Bandung yang merupakan pusat pengrajin sepatu. Kalian bisa mendapatkan sepatu unik sesuai keinginan kalian di sini loh!

 

  1. Bersepeda

A post shared by esta and esa (@estaandesa) on

Seongsu adalah lokasi yang sangat pas untuk bersepda. Jalan-jalannya yang cukup lebar dan lengang serta rata menjadi salah satu favorite turis untuk bersepeda dan menikmati suasana khas Seongsu. Sepeda pun tersedia di mana saja di tempat ini, kalian pun bisa meminjam sepeda publik.

  1. Berjalan-jalan di Hutan Seoul

A post shared by ruffeecola (@ruffeecola) on

Yep! Seoul punya sebuah daerah hijau di Seongsu yang bernama Seoul Forest atau Hutan Seoul. Tempat ini sangatlah indah saat musim gugur karena banyak sekali dedaunan kuning-cokelat yang gugur dan membuat suasana menjadi sangat romantis. Di tempat ini juga sering dijadikan lokasi pembuatan drama.  Benar-benar tempat yang sangat indah!

 

Nah, itu dia empat hal yang bisa kamu lakukan untuk  menikmati Seongsu. Semoga suatu hari nanti kamu bisa ke tempat ini bersama orang-orang terdekat atau pun sendirian ya!

 

(diterjemahkan secara bebas dari Korea Expose)

Baca juga:

8 Tempat Paling Berhantu di Korea Selatan

9 Es Krim Unik yang Bisa Kamu Nikmati di Seoul

Coba Lihat! Ini 3 Lokasi Besejarah Korea yang Selama Ini Tersembunyi di Bawah Tanah

Wow! Indonesia Bebas Visa ke Korea! Ini 4 Tempat Menarik yang bisa Kamu Kunjungi di Pyeongchang

찜질방 – Jjimjil-bang : Menikmati Tempat Pemandian Umum Ala Korea

KOREAN FIRST © 2018