Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

6 Distrik Berpenduduk Internasional Terbanyak di Seoul

 

Efek dari hallyu wave pada kondisi kosial dan budaya di Korea tentu tidak hanya berdampak pada menyebarnya kebudayaan Korea ke seluruh dunia, namun juga masuknya budaya-budaya asing ke Korea. Budaya baru ini tentu dibawa oleh orang-orang asing yang datang ke Korea, bekerja, serta menetap di negara ini. Nah, bagi kalian yang berencana untuk pergi ke Korea selama beberapa bulan atau tahun, entah tujuannya untuk bekerja mau pun pendidikan, tentu kalian harus mengetahui daerah-daerah mana yang merupakan tempat berkumpulnya masyarakat Internasional.

Mengapa? Tentu agar rasa homesick kalian terobati. Biasanya, di daerah ini penuh dengan restoran atau rumah makan dari tempat asal kita Indonesia dan ada kemungkinan juga bertemu dengan orang-orang yang berasal dari daerah yang sama dengan kita. Selain itu, banyak sekali acara-acara Internasional yang diadakan di daerah-daerah ini, jadi kalian pun punya hiburan tersendiri.

Nah, ingin tahu di mana saja distrik-distrik Internasional khususnya yang berada di Kota Seoul? Yuk, simak daftar berikut!

  1. Itaewon

A post shared by Hwi Son (@hwi.son) on


Ketika kita membicarakan tetang distrik internasional pasti tempat yang pertama kali terlintas di benak kalian adalah Itaewon. Itaewon mungkin dulu memiliki reputasi buruk sebagai red district  yang ada di Seoul. Namun, seiring berkembangnya waktu dengan meningkatnya jumlah penduduk asing yang menetap di sana dan tumbuhnya ekonomi Korea. Distrik ini pun menjadi salah satu pusat bisnis utama di Kota Seoul. Selain itu, mesjid pertama yang berdiri di Korea pun berada di distrik ini, yaitu Masjib Besar Itaewon.

Beberapa hal yang harus kalian ketahui tetntang distrik ini adalah Itaewon terletak berdekatan dengan Yongsan Garrison yang telah didesain sebagai zona turis. Selain banyaknya bar, klub malam, serta restoran, Itaewon juga terkenal dengan kuliner autentiknya yang berasal dari banyak sekali negara seperti Amerika, Prancis, Pakistan, India, Indonesia, Mesir dan Timur Tengah. Lalu, Itaewon pun merupakan salah satu pilihan utama untuk tempat tinggal bagi orang asing yang bekerja di Korea.

  1. Hannam-dong

A post shared by 조현덕 (@freedomhappy4) on


Hannam-dong merupakan salah satu distrik di Yongsan-gu yang berada dekat sekali dengan Sungai Han. Kedekatan dengan sungai yang membelah Kota Seoul inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi penduduk asing untuk tingal di sini. Dulu, pada masa penjajahan Jepang, lokasi ini pun sampai-sampai dinamai Han River Village.

Sekarang, lokasi yang tepat berseberangan dengan Gangnam tersebut merupakan distrik dengan penduduk asing yang bertujuan untuk misi diplomasi seperti keluarga para diplomat mau pun keluarga dari militer Amerika yang ikut suaminya bertugas di Korea Selatan. Maka dari itu, jika kalian datang ke tempat ini kalian pasti akan menyadari banyak sekali villa mewah serta rumah-rumah bergaya Amerika di sini. Selain itu, karena tempatnya yang strategis dengan pemandangan yang indah, tempat ini juga sering menjadi tempat tinggal bagi selebritas Korea serta idol.

Hannam-dong terbagi menjadi tiga area kependudukan, yaitu UN Village, The Hill, dan Richensia Apartments.  Sejak tahun 2010, tempat ini pun tumbuh menjadi pusat penjualan barang-barang trendy seperti butik kafe, restoran, dan bar.

  1. Ichon-dong

A post shared by IBrShin (@flyaway5) on


Ichon-dong sekarang sudah bagaikan rumah kedua bagi para imigran yang berasal dari Jepang. Berada tidak jauh dari Itaewon dan Hannam-dong karena sama-sama berada di Yongsan-gu, distrik ini pun merupakan salah satu kawasan elit terutama di bagian Ichon Timur. Kalian juga akan banyak sekali menemukan makanan Jepang di sini maupun makanan fushion antara Jepang dan Korea.

Di tempat ini pula kalian akan banyak menemukan bisnis yang digerakan oleh orang-orang Jepang. Selain itu juga, dengan berada dekat dengan Yongsan Park, Ichon-dong pun menjadi tempat yang unik dan menyenangkan untuk dikunjungi. Tidak hanya Yongsan Park, di sini juga ada Ichon Hangang Park yang berlokasi di sisi utara sungai Han dan di antara dua jembatan. Di sepanjang pinggiran sungai ada banyak sekali bunga-bunga yang tumbuh indah dan cantik apabila sedang musim semi.

  1. Seodaemun-gu

A post shared by 마리나 (@_.marinchik._) on


Seodaemu-gu merupakan salah satu distrik yang sangat terkenal di kalangan orang asing sebagai tempat tinggal. Ada cukup banyak universitas yang berlokasi di distrik ini seperti Univesitas Ehwa, Universitas Kyonggi, Universitas Yonsei dan Universitas Seni Chungye. Jadi kebanyakan penduduk asing yang tinggal di distrik ini pun para pelajar mau pun pengajar asing.

Jenis tempat tinggal yang populer di sini pun sangat ramah dengan para mahasiswa  dan mahasiswi, seperti one room studio atau goshiwon. Distrik in pun dikelilingi oleh gunung-gunung kecil yang sering kali didaki oleh para penduduk lokal.

Selain itu, ada banyak hal menarik yang bisa kalian temukan di sini, selain restoran-restoran murah harga mahasiswa, juga ada banyak kuil-kuil Buddha yang menarik perhatian para turis.

  1. Gangnam (Seocho-gu)


Distrik ini merupakan distrik yang terkenal sebagai pusat perbelanjaan dan bisnis di Seoul. Terkenal sebagai kawasan elit dan  ‘mahal’, para pebisnis asing pasti memilih tempat ini sebagai lokasi memanen uang serta bersosialisasi. Selain itu, Gangnam pun memiliki banyak sekali fasilitas budaya dan bisnis seperti International Trade Association (KITA), COEX, dan Seoul Arts Center. Ditambah lagi, jalanan di distrik ini pun terkenal dengan beragam butik-butik pakaian yang pasti memuaskan hati para penggila belanja.

Selain terkenal di kalangan warga asing, Gangnam-gu pun terkenal di kalangan warga Korea sendiri sebagai tempat dengan transportasi yang paling baik serta sekolah-sekolah elit. Namun, dibalik segala kelebihan itu, distrik ini pun menjadi  salah satu distrik paling padat di Seoul hingga sering terjadi kemacetan panjang.

Satu lagi hal menarik dari distrik ini, di salah satu bagiannya yang bernama Seorae Village di Banpo-dong, Seocho-gu, ada banyak sekali penduduk asing asal Prancis yang tinggal.

 

  1. Pyeongchang-dong (Seongbuk-dong)


Terkenal di warga asing sebagai ‘Beverly Hills of Korea’, Pyeongchang-dong dan Seongbuk-dong pun penuh dengan banyak sekali villa mahal dan rumah-rumah mewah. Ada banyak sekali selebritas Korea yang memilih untuk tinggal di lokasi ini karena nuansa tempatnya yang asri dan dikelilingi oleh gunung-gunung.

Kebanyakan warga asing yang tinggal di sini adalah berwarganegaraan Amerika sehingga cukup banyak rumah-rumah yang bergaya Amerika di sini. Selain itu, karena lokasinya yang cukup tenang dan sepi dari keramaian karena memang dikususkan sebagai kawasan pemukiman, tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi syuting drama dan lain-lain. Namun, di sini juga menjadi pusat dari banyak sekali galeri-galeri seni dan pusat kebudayaan.

Nah, bagaimana nih Sobat Korean First? Kayaknya udah gak sabar ya untuk jalan-jalan ke Korea dan mengunjungi tempat-tempat ini.

 

(Diterjemahkan dengan pengubahan dari laman Seoul Metropolitan Government)

Baca juga:

고시원 – Goshiwon : Tempat Tinggal Paling Murah di Korea

9 Alasan Mengapa Kamu Harus Bekerja di Korea

Jeju Dark Tour : Mengungkap Sejarah Kelam Pulau Jeju

Pembangunan “Hannam Newtown District 3” Disetujui, Inikah Akhir bagi Distrik ‘Multikultural’ Itaewon?

6 Alasan Mengapa Masyarakat Korea Melakukan Operasi Plastik

KOREAN FIRST © 2018