Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

6 Tempat Makan Enak di Seoul, Harga Goceng!

Mencari tempat makan murah dan enak di tempat asing yang baru pertama kali kita kunjungi tentu bukan sesuatu yang gampang untuk dilakukan. Apalagi di tempat yang memilik bahasa sendiri selain bahasa Inggris seperti di Korea Selatan. Nah, bagi sobat Korean First yang kebetulan adalah seorang backpacker dengan budget pas-pasan, pasti pengen banget nih  tahu lokasi-lokasi makan murah dan enak yang ada di Korea, khususnya di Seoul yang pasti biaya hidupnya lebih mahal daripada kota-kota lainnya.

Berikut ini ada 6 tempat makan murah yang ada di Seoul yang bisa kalian dapatkan dengan hanya merogoh gocek 5000-an Won atau goceng! Yuk, disimak aja!

  1. Su-Ryeon Jib (수련집)

    https://www.timeout.com/seoul/restaurants/su-ryun-jip

 

Rumah makan bernama Su-Ryeong Jib ini berada di dekat pemukiman padat penduduk yang ada di sekitar stasiun Jongno 3-ga. Meskipun dari luar terlihat sedikit “tua” karena restoran ini memang telah cukup lama berdiri. Akan tetapi rasa masakan yang dihadirkan menurut review di situs-situs internet cukup memuaskan. Kalian bisa mendapatkan semangkuk besar nasi dan beberapa set lauk pauk (banchan) serta sayuran dengan hanya merogoh gocek 3.500 Won saja. Banyak yang mengatakan makan di sini rasanya seperti makan  masakan rumahan di Korea dan ajhuma-ajhuma yang berjualan di tempat ini pun begitu ramah sehingga kalian tetap bisa merasakan keramahan orang-orang Korea di sisi tertentu.

 

Lokasi                    : 3, Supyo-ro 28-gil Jongno-gu, Seoul 03133

Transportasi       : Jongno 3-ga Station (line 1, 3, 5), exit 6

 

  1. Hanguk Tongdak (한국통닭)

https://www.timeout.com/seoul/restaurants/hankook-tongdak#tab_panel_2

 

 

Siapa yang menyangka kalau kita bisa mendapatkan ayam panggang utuh dengan harga di bawah goceng? Yap, di sini tempatnya. Satu potong ayam utuh yang bisa memberi makan dua perut hanya dihargai 4.000 won saja! Wow! Super sekali. Bahkan jika kalian membeli lebih dari satu, harganya pun semakin murah. Jika beli dua hanya dihargai 7.000 Won dan jika beli 3 ayam utuh dihargai 10.000 won. Padanan memakan ayam pagang ini tentu saus dan acar lobak, kalian bisa mendapatkan saus ekstra dengan harga 500 Won dan acar dengan harga yang sama. Jadi total kalian hanya merogoh kocek 5.000 Won untuk satu set ayam panggang. Ulala. Siapa yang bisa tahan dengan godaan yang hakiki seperti ini. Restoran yang berlokasi di distrik yang sama dengan restoran sebelumnya yaitu di Jongno-gu ini bahkan pernah diliput oleh salah satu stasiun TV yaitu KBS TV, fakta ini juga membuktikan bahwa restoran ini merupakan restoran yang cukup terkenal di Seoul.

 

Lokasi                    : 110-1, Supyo-ro, Jongno-gu, Seoul, 03139

Transportasi      : Jongno 3-ga Station (line 1, 3, 5) exit 1

 

  1. Cochon Tonkatsu

https://www.timeout.com/seoul/restaurants/cochon-tonkatsu#tab_panel_2

 

 

Tiba-tiba ngidam makanan Jepang di Korea dan bingung nyari tepatnya yang murah? Jangan khawatir, di Chochon Tonkatsu kalian bisa mendapatkannya! Dengan hanya merogoh kocek 3.000 won untuk seporsi tonkatsu lengkap dengan nasi, sup miso, dan saus, kalian sudah bisa menikmati tonkatsu yang empuk dan krenyes-krenyes di bagian luarnya. Jika kalian merasa porsinya kurang, kalian bisa tambah nasi dengan harga 500 Won saja loh. Super sekali. Namun, seperti namanya ton yang berarti babi. Tonkatsu tentu bukan makanan halal bagi kalian yang beragama muslim.

 

Lokasi                    : Myeongmul 1-gil, Seodaemun-gu, Seoul, 03776

Transportasi       : Sinchon Station (line 2), exit 3

 

  1. Haemul-won Kalguksu/Seafood Kalguksu (물원칼국수)

https://www.timeout.com/seoul/restaurants/haemul-won-kalguksu#tab_panel_2

 

 

Satu dari sekian banyak makanan murah di area Dongmyo, restoran seafood ini merupakan top list dari para backpacker yang mengincar makanan murah. Dengan hanya mengeluarkan gocek sebesar 3.500 Won kalian bisa merasakan enaknya homemade mie yang terbuat dari tepung terbaik, sedangkan kuah dari mie ini berasal dari kaldu-kaldu ikan di laut yang rasa asinnya alami. Makanan di restoran yang bika setiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam ini dilengkapi dengan kimchi dan acar lobak kuning.

 

Lokasi                    : 358, Jong-ro, Juongno-gu, Seoul, 03114

Transportasi       : Dongmyo Station (line 1, 6) exit 3

 

  1. Pomato

Tripadvisor, Google

 

 

Pomato adalah restoran waralaba murah yang ada di Korea. Banyak sekali para backpacker mau pun anak kuliahan yang uangnya pas-pasan berburu makanan murah di sini. Ada banyak sekali menu pilihan di sini dengan harga dari 3.000-an Won. Harga yang murah, rasa yang enak, dan porsi yang lumayan besar pun menjadi salah satu alasan banyaknya perburuan makanan di restoran yang buka 24 jam ini.

 

Lokasi                    : 22-7 Namdaemun-ro 1(il)-ga, Jung-gu, Seoul

 

  1. Hansot Dosirak (한솥 도시락)

Tripvadvisor, Google

 

 

Hansot Dosirak adalah satu tempat makan yang menyediakan lunch box Korea yang amat murah dan sesuai dengan harga mahasiswa. Harga doshirak yang dijajakan di restoran ini dimulai dengan harga 2.500 Won hingga 10.000 Won, kalian bisa mencari harga-harga goceng di restoran ini juga mau. Kalau ada duit lebih, bolehlah beli yang agak mahal. Selain itu, di Hansot restoran, meskipun harganya murah, porsi makanaan yang ditawarkan cukup murah hati atau menyenangkan perut, hati, dan dompet. Hehehe.

 

Lokasi                    : 3-33 Haengdang-dong, Seongdong-gu, Seoul

Nah, itu dia 6 tempat makan murah dan enak yang bisa kalian dapatkan di Seoul. Jadi, kalian gak bakal stres sama harga makanan di sana! Selamat traveling ya sobat Korean First semua!

 

Baca juga:

Kisah Sedih di Balik Asal Usul Mie Hitam Korea ‘Jjajangmyeon’

Semakin Banyak Restoran Bersertifikasi Halal di Korea

‘해장 – Haejang’ : Makanan adalah Obat Untuk Mengatasi Rasa Mabuk

8 Jajanan Halal yang Bisa Kalian Temukan di Pinggir Jalanan Korea

Makan Bersama Orang Korea? Ini 11 Table Manners Korea yang Harus Kamu Ketahui

KOREAN FIRST © 2018