Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

9 Alasan Mengapa Kamu Harus Bekerja di Korea

Ketika kita berbicara tentang merantau ke negeri orang, masyarakat Indonesia yang tertantang untuk mengadu nasib atau pun didorong oleh tuntutan ekonomi selalu berpikir untuk pergi merantau ke Arab Saudi, Singapore atau pun Malaysia. Pekerjaan yang ada dipikiran mereka adalah tenaga buruh seperti pembantu rumah tangga atau pekerja pabrik. Namun, jika kita melihat ke belakang, kita pasti menyadari betapa berbahaya serta penuh risikonya para pekerja yang merantau ke negara-negara tersebut. Bukan hanya karena di negara-negara tersebut pekerja asing dianggap ‘tidak sama’ dengan pekerja lokal, pada kenyataannya pun banyak WNI yang berangkat melalu jalur-jalur gelap sehingga pemerintah Indonesia tidak dapat melindungi mereka secara maksimal.

Namun, beberapa tahun belakangan ini, para pengadu nasib juga pahlawan devisa negara, Tenaga Kerja Indonesia (TKI), mulai menyadari bahwa ada satu negara maju lagi yang memiliki prospek kerja yang unggul, yaitu Korea, khususnya Korea Selatan. Korea Selatan dengan gempuran hallyu-wave-nya tengah menjadi demam di masyarakat global dan karena itulah iklim perekonomiannya  maju sangat pesat.  Hal itu pun menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat Korea untuk pergi merantau ke negeri Ginseng sebagai tenaga kerja. Nah, bagi kalian sendiri yang masih ragu-ragu untuk meraih mimpi di Korea, beriku 8 alasan mengapa kamu harus mengadu nasib di Korea.

1.Tidak ada perbedaan gaji antara pekerja asli Korea mau pun asing

Jika di negara-negara lain TKI Indonesia kadang ‘dihargai’ lebih murah dari tenaga kerja lainnya, maka cerita itu tidak akan berlaku di Korea. Pemerintah Korea yang sangat menyadari bahwa datangnya pekerja asing yang ingin mengadu nasib pun dengan bijak menetapkan bahw gaji yang diberikan kepada pekerja asing dan asli Korea adalah sama. Hal ini selain untuk memberikan kesejahteraan pada pekerja yang datang, juga melindungi pekerja atau buruh asli Korea. Mengapa? Jika kalian memiliki bisnis dan mencari pegawai, bukankah kalian akan lebih memilih untuk mencari pekerja yang mau dibayar murah? Maka dari itu, untuk mengindari para pelaku bisnis untuk memilih mempekerjakan buruh atau tenaga asing ketimbang tenaga kerja asli Korea sendiri, maka pemerintah Korea pun menerbitkan kebijakan ini. Win-win solution!

2. Pekerja asal Indonesia sangat disukai di Korea

Jika kalian mencari di situs Google pekerja asal negara mana yang paling disukai oleh pelaku bisnis di Korea, banyak sekali artikel yang mengatakan bahwa pekerja asal Indonesia sangat disukai oleh orang Korea. Hal ini mungkin didasari oleh kenyataan bahwa orang Indonesia adalah orang-orang yang pekerja keras dan tidak banyak mengeluh.

3. Gaji buruh di Korea saja bisa sampai 23,5 juta rupiah!

Tidak percaya? Gaji pekerja buruh di Korea bisa sampai seperti itu? Seorang warga negara Korea yang pernah tinggal di Indonesia, dengan channel You Tube-nya yang bernama Korea Reomit menjelaskan bagaimana ia bekerja sebagai pegawai restoran  yang hanya membutuhkan skill kecakapan gerak, tenaga, dan bahasa Korea paling standar saja, mampu mendapatkan gaji sebesar itu.

4. Lagi-lagi soal gaji, mulai tahun 2018 upah minimum di Korea akan terus naik hingga 10.000 Won

Pemerintah Korea mengungkapkan bahwa mereka akan menaikan upah kerja minimun di negara mereka secara bertahap hingga 10.000 Won mulai tahun 2018. Pada tahun 2018 sendiri, pemerintah Korea telah mengetuk palu akan menaikan 16,4% upah kerja minimum menjadi 7.530 Won/jam. Jumlah itu akan terus meningkat ditahun-tahun berikutnya hingga nanti mencapai angka 10.000 Won/jam demi kesejahteraan masyarakat.

5. Kesempatan mendapatkan pekerjaan lebih besar

Pemerintah Korea secara bertahan berencana untuk membuka 850.000 peluang kerja baru bagi para pencari kerja muda. Hal ini diungkapkan atas dasar kepedulian pemerintah akan meningkatnya angka pengangguran di Korea. Pemerintah Korea berencana menggandeng pihak swasta maupun nasional untuk meningkatkan jumlah pekerja yang bisa perusahaan mereka serap. Selain itu, pemerintah Korea pun akan mendukung industri kreatif yang sangat inovatif agar dapat menyerap lebih banyak pekerja.

6. Pemerintah Korea Selatan, di bawah kepemimpinan Presiden Moon, sangat memperhatikan kesejahteraan kaum pekerja dan buruh

Beberapa waktu belakangan ini portal berita heboh dengan aksi mogok bekerja yang dilakukan oleh pegawai perusahaan televisi nasional yaitu MBC dan KBS yang menuntuk CEO mereka diganti lantaran lingkungan kerja serta gaji yang tidak sesuai dengan usaha mereka. Berkat kejadian ini,fokus dan perhatian pemerintah Korea pun tertuju pada  kesejahteraan para pekerja dan buruh. Sekarang, pemerintah Korea sedang merancang peraturan agar hal ini tidak terjadi lagi di kemudian hari.

7. Hidup di Korea itu nyaman dan ternyata murah loh!

Di samping lingkungan masyarakat di Korea yang nyaman dan bersih, jangan dikira hidup di Korea itu serba mahal. Pada kenyataannya bagi kalian para TKI yang memiliki modal pas-pasan, gaya hidup sederhana masih bisa dilakukan loh di Korea. Kalian bisa tinggal di goshiwon dan makan makanan murah seperti bibimbap, nasi kimchi, kimbab, dan lain-lain yang seharga kantong mahasiswa kos-kosan. Plus, Korea merupakan salah satu negara pengkonsumsi mie instan paling banyak loh! Jadi kalian gak akan takut kehabisan bahan makanan. Hehehe.

8. Diskriminasi RAS mulai berkurang; Korea semakin ramah bagi warga muslim

Mungkin kalian banyak yang mendengar bahwa masyarakat Korea itu rasis dan tidak ramah pada warga asing. Akan tetapi, kalian harus berterima kasih pada hallyu-wave yang menghantarkan Korea pada generasi keterbukaan. Kini masyarakat Korea tidak lagi merasa asing melihat orang lain mengenakan hijab mau pun berwarna kulit berbeda dari mereka. Selain itu, semakin banyaknya jumlah mesjid mau pun ruang-ruang ibadah bagi muslim pun meningkatkan awarness masyarakat Korea akan masyarakat muslim di sekitar mereka

9. Korea diramalkan akan menjadi pusat perekonomian terkuat di Asia

Alasan terakhir inilah yang merupakan alasan paling kuat. Jika kita mampu meramalkan bagaimana Korea ke depannya dengan melihat apa yang telah dan mampu dicapai oleh bangsa Korea sekarang, tentu kita harus mengakui bahwa Korea merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki pengaruh besar pada dunia perekonomian. Maka dari itu, kita tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengambil bagian dari kemajuan ekonomi ini.

Nah, demikian 8 alasan mengapa kalian harus mengadu nasib di Korea. Apakah ada sobat Korean First yang ingin menambahkan sendiri? Mungkin ada alasan ‘satu langkah lebih dekat dengan Oppa’. Hihihi.

Baca juga:

Di Bawah Kepemimpinan Presiden Moon, Korea Semakin Memperhatikan Nasib Pekerja Perempuan

Upah Kerja Minimum (UMR) di Korea Naik 16,4% pada Tahun 2018

Pemerintah Korea Berjanji Untuk Membuka 810.000 Lapangan Kerja Umum

Pemerintah Kota Seoul akan Mengadakan Job Fair Bagi Warga Asing

KOREAN FIRST © 2018