Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

9 dari 10 Wanita di Korea Merasa Tidak Diperlakukan Setara

 

Seperti negara Asia kebanyakan yang memiliki budaya patriarki yang sangat kuat, Korea pun tidak jauh berbeda, bahkan nyatanya budaya patriarki ini justru menjadi salah satu permasalahan sosial di Korea. Dilansir dari survei yang diterbitkan pada hari Kamis laloleh Womenlink, sebuah organisasi hak asasi perempuan di Korea, 9 dari 10 wanita di Korea berpikir bahwa wanta diperlakukan tidak sama seperti laki-laki dan deskriminasi seksual ini justru kebanyakan terjadi di rumah atau sebuah rumah tangga.

Surve yang diberikan kepada 1.257 wanita dari usia remaja hingga 70-an itu menunjukkan hasil bahwa 93 persen responden mengatakan “Tidak” ketika ditanya apakah Korea merupakan negara dengan gender yang setara. Hanya 2 persen dari responden tersebut yang menjawab mereka diperlakukan setara sementara 5 persen sisanya menolak untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Menurut perwakilan dari Womenlink, ada sebuah steriotep kuno yang berkembang di masyarakat Korea bahwa kebanyakan wanita diminta untuk mengerjakan pekerjaan rumah hanya karena mereka perempuan. Organisasi ini juga mengatakan bahwa di banyak tempat seperti di sekolah dan rumah, mereka banyak tidak dipedulikan dan dihakimi berdasarkan penampilan fisik mereka.

Kondisi ini pun semakin diperkuat dengan fakta bahwa indeks disparitas gender Korea berada di peringat terbawah. Indeks gap gender yang dirilis oleh World Economic Forum (WEF) meletakan Korea di urutan 116 dari 144 negara. Negara Korea pada kenyataannya sangat buruk dalam pendeskriminasian kepada wanita di antara 29 anggoota dari organisasi Economic Cooperation and Development, berdasarkan indeks yang diungkapkan oleh majalah The Economist asal Inggris

 

(Diterjemahkan dengan perubahan dari Korean Herald | Picture taken from Daily Times)

 

KOREAN FIRST © 2018