KOREAN FIRST

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

9 Kata Dalam Bahasa Korea yang Bermakna Indah

Halo, Sobat Korea First! Bagaimana hari kalian? Semoga menyenangkan ya! Nah, kembali lagi nih kita akan mempelajari beberapa kata dalam bahasa Korea yang memiliki makna yang indah dan juga unik. Mungkin beberapa kata di sini sudah sering kalian dengar dalam drama, lagu, mau pun media-media lainnya. Namun, beberapa juga mungkin baru kali ini kalian dengar.

Ada banyak alasan mengama kata-kata di bawah ini menjadi kata-kata yang indah. Dimulai dari makna kata-kata ini hingga sejarah penggunaan kata ini. Keunikan bahasa Korea adalah bunyi dan makna kata-kata dalam bahasa ini kadang sangat dekat sehingga terasa indah. Nah, tampa menunggu lebih lama lagi, yuk! Kalian simak saja kata perama kita!

 

Annyeong. Wow! Siapa sih yang gak tahu kata ini? Bahkan orang yang tidak mempelajari dan memahami bahasa Korea pun tahu dengan kata ini! Namun, apakah kalian pernah memikirkan makna dari kata ini secara lebih dalam? Jika dalam bahasa Indonesia memiliki “Hai!” dan “Dadah!” lalu bahasa Inggris memiliki “Hello!” dan “Goodbye!”. Dalam bahasa Korea, kita hanya perlu mengatakan “Annyeong!” untuk mengungkapkan ucapkan perjumpaan dan perpisahan. Makna yang sama dalam ungkapan ini menjadikan kata ini terasa ironis namun juga indah. Ironis karena perjumpaan dan perpisahan merupakan dua makna yang saling bertolak belakang. Indah karena jika kalian memikirkannya secara lebih dalam, orang Korea mungkin tidak menganggap perpisahan itu sesuatu yang menyedihkan melainkan sebuah perjumpaan baru. Wow, sedap-sedap!

 

 

Areumdaum. Kata ini selain memang bermakna indah dalam bahasa Indonesia. Namun, makna indah di dalam kata ini ternyata memiliki makna yang lebih dalam di tengah-tengah masyarakat Korea. Areumdaum adalah kata yang mengungkapkan keindahan atau kecantikan yang tidak ada duanya atau tidak ada tandingannya. Pokoknya keindahan hakiki! Jadi, kata ini sangat sering digunakan untuk menunjukkan keindahan alam, karya seni, dan benda-benda yang hanya ada satu di dunia.

 

 

Dalkhom. Kata ini merupakan kata yang berarti manis namun tidak hanya mengungkapkan manis dalam artian rasa yang dapat dirasakan oleh lidah. Sama seperti dalam bahasa Indonesia, kata manis pun diungkapkan untuk merujuk pada berbagai hal, seperti film, gambar, wajah, lagu, dan lain-lain.

 

 

Miso. Siapa yang tidak merasa bahagia ketika melihat senyum terpapar di wajah orang yang sangat kita sayangi? Kata miso ini sering digunakan dalam puisi-puisi modern dan lagu juga. Kesan yang diungkapkan dalam kata ini juga manis dan menyenangkan. Saat kita mengatakannya pun rasanya tidak ingin berhenti tersenyum 🙂

 

Neogeureoum. Kata ini sesungguhnya memiliki banyak makna seperti charity dan leniency, namun makna dari kata ini pada dasarnya adalah generous atau kebaikan atau kemurahhatian/murah hati. Kata ini serin digunakan dalam bahasa Korea untuk menunjukkan rasa syukur dan hati yang baik.

 

 

Dasom. Kata ini memang sudah tidak lagi digunakan untuk mengungkapkan ‘cinta’ dalam bahasa Korea karena telah tergantikan dengna kata ‘sarang’. Akan tetapi dasom sendiri merupakan kata yang mengungkapkan rasa ‘cinta’ pada zaman dahulu di Korea dan merupakan sokakata Korea yang murni dan asli. Pada sekarang ini kata dasom lebih banyak digunakan untuk menamai anak. Namun, keindahan kata dasom sampai sekarang masih banyak disukai oleh orang-orang.

 

Simhae. Kata ini sangat sering digunakan dalam puisi, idiom, ungkapan, perumpamaan, atau pribahasa dalam bahasa Korea. Bunyi kata ini yang indah serta maknanya yang juga dalam sedalam lautan ini juga banyak disukai oleh penutur asing.

 

Yeongwon. Kata ini sangat sering ditemukan atau diungkapkan dalam drama, lagu, mau pun puisi. Memiliki makna yang sangat romantis yaitu selamanya, tentu saja yeongwon merupakan kata yang juga cukup populer diungkapkan kepada kekasih atau orang yang ingin kita habiskan seluruh hidup kita selamanya.

 

Taeyang. Kata ini begitu populer ketika digunakan menjadi salah satu nama panggung dari anggota grup Bigbang, yaitu Dong Yeong-bae. Namun, kata yang bermakna “matahari” ini ternyata memiliki arti yang lebih dalam. Pada zaman dahulu, bangsa Korea menggunakan kata hae (해) untuk memaknai matahari, kata ini juga digunakan merujuk pada raja.

 

Nah, itu dia 9 kata dalam bahasa Korea yang memiliki kata yang sangat Indah. Setiap bahasa memang memiliki keindahannya masing-masing ya sobat Korean First! Jangan berhenti belajar ya! Semangat!

 

Baca juga:

Ingin Berkuliah di Korea? Kenalan dulu dengan SKY: 3 Universitas Paling TOP di Korea

형용사 – Hyeongyongsa : Kata Sifat dalam Bahasa Korea

동사 – Dongsa : Kata Kerja dalam Bahasa Korea

Kosa Kata : Apa Profesimu?

Kosakata Bahasa Korea : Tentang Perasaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KOREAN FIRST © 2018