Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

Berkembangnya Industri Kopi Picu Meningkatnya Konsumsi Kopi Masyarakat Korea Selatan

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Korea adalah salah satu negara yang memiliki budaya minum-minum yang kuat. Tidak hanya soju sebagai minuman keras asli Korea, belakangan kopi pun menjadi salah satu item minuman yang sangat populer di kalangan masyarakat. Dinilai lebih menyehatkan dari minuman keras dan juga terkesan sangat urban, industri kopi serta cafe di Korea pun melejit dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini.

Sampai tahun 2015, diperkirakan ada 49.600 kedai kopi yang berdidi di Korea Selatan dan 17.000 kedai Starbucks yang berdiri di Seoul, jumlah ini bahkan lebih banyak dari jumlah kedai Starbucks yang berdiri di kampung halamannya sendiri, Seattle, Amerika Serika. Tren ini terus berlanjut dan berkembang akibat tren market yang mengglobal di kalangan Masyarakat. Inovasi yang berkelanjutan pun tak ayal menjadi salah satu penunjang industri kopi di Korea Selatan yang tak pernah surut dimakan waktu.

Selain mudah dijangkau lantaran jumlah kedai kopi yang membeludak, harga kopi yang beragam pun menjadi faktor tersendiri bagi meningkatnya jumlah konsumsi kopi. Kopi di Korea Selatan dapat kita nikmati dari harga 1000 Won (sekitar 11.500 Rp) per cup hingga 4000-5000 Won per gelas. Di mini market waralaba 7-Eleven, misalnya, terjadi lonjakan demand terhadap kopi sebesar 88 persen di tahun 2015. Sementara itu, perusahaan cepat saji seperti McDonald yang menyadari tren mengkonsumsi kopi ini punya tak mau ketinggalan, mereka memotong harga kopi yang sebelumnya 2100 Won menjadi 1500 Won demi memuaskan pelanggan mereka.

Keberadaan kopi kian penting di setap rumah makan yang ada di Korea. Nyaris semua rumah makan tradisional mau pun modern menyediakan kopi di antara deretan menunya. Tidak hanya itu saja, tren meminum kopi ini juga di dorong oleh industri lain, yaitu industri hiburan. Jika kalian memerhatikan dengan lebih saksama, di setiap drama yang berlatarkan kehidupan urban, acapkali di tampilkan adegan yang menunjukkan para tokoh utama tengah berbincang di kedai kopi atau meminum kopi.

Industri kopi yang kian berkembang karena disokong oleh beragam faktor ini pun mengakibatkan konsumi kopi kian meningkat. Menurut sumber The Korean Times, tercatat tiap orang di Korea Selatan mengkonsumsi sekurang-kurangnya 377 cup kopi dalam setahun. Itu berarti setiap orang paling tidak meminum satu gelas kopi setiap harinya. Jumlah konsumsi yang luar biasa ini tentu tidak mengejutkan bila menilik budaya minum-minum yang mengakar kuat di Korea serta dorongan industrialisasi dari pemerintah yang tidak tangggung-tanggung.

So, Sobat Korean First semua, kopi apa yang kalian suka? Pasti senang kalau minum kopi ditemani orang terkasih ‘kan? Tampak seperti di drama Korea!

 

(Photo by Crew on Unsplash)

KOREAN FIRST © 2018