KOREAN FIRST

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

Fashion Tren Paling “Amazing” Ketika Musim Dingin di Korea, Rok Mini?!

 

Sebagai masyarakat Indonesia yang tinggal di negara tropis dan nyaris tak pernah merasakan dingin yang super duper dingin, rok mini mungkin bisa digunakan kapan saja dan dalam musim apa pun karena sesuai dengan cuaca di Indonesia. Sementara itu, rok mini mungkin fashion item yang paling disukai di Indonesia karena Indonesia merupakan negara yang cukup konservatif dalam menilai pakaian yang pantas dan tidak pantas.

Akan tetapi, kali ini kita tidak sedang membicarakan tentang Indonesia, kita kali ini sedang membicarakan negara Korea yang terkenal sebagai negara dengan musim dingin yang paling “menyiksa” di negara Asia Timur, juga negara dengan fashion tren yang kadang bikin geleng-geleng kepala. Nah kali ini, seorang fotografer ternama juga profesor bernama Michael Hurt, mengabadikan salah satu tren musim dingin di Korea yang membuatnya kebingungan. Nah, begini curhatannya di salah satu artikel dalam situs The Korean Times:

Jika Anda tahu Seoul, Anda pasti tahu cuaca musim dingin yang sangat dingin sedikit menghalangi Anda untuk menggunakan rok mini yang paling pendek. Hanya saja tidak semuanya begitu, untuk beberapa orang yang terobsesi dengan tingkatan mode yang tinggi juga menghebohkan, bahkan di dalam susu yang paling rendah sekalipun, rok mini merupakan titik kebanggaan terseniri. Belum lagi termasuk dalam penanda “feminitas” yang benar-benar menganggumkan bahkan dalam menghadapi cuaca ekstrem.

Untuk waktu yang lama, perilaku ini membuat saya bingung, karena kebijakan seseorang untuk memamerkan anggota tubuh mereka sama seperti saat di bulan-bulan musim panas yang hangat pada musim dingin benar-benar sulit dipahami secara naluriah. Tapi seperti semua pertanyaan tentang kondisi sosial lainnya, cara terbaik untuk menemukan jawaban yang layak adalah dengan bertanya. Jadi, musim dingin yang lalu, saya melakukannya. Saya mengajukan pertanyaan kepada beberapa contoh kasus yang bisa saya temukan dengan mudah di jalan paling trendi di Seoul—Jalan Itaewon, Quy Nhon City-Themed Street.

 

Wanita muda yang mengenakan mantel berwarna kream dan hem tinggi pada foto di atas menjelaskan kepada saya dengan cukup sederhana, “Bahkan meskipun cuaca dingin, Anda tidak bisa mengabaikan hal-hal yang cantik.” Dan begitulah, seperti yang mereka katakan, singkat dan bagus.

 

Lalu, wanita muda dalam foto pasangan itu memberikan penjelasan yang jauh lebih praktis. Miskipun dengan asumsi dan sikap berprinsip yang sama dengan subjek wawancara yang pertama, subjek kedua ini menjelaskan bahwa ia memakai celana ketat (stocking) di musim dingin karena kadang-kadang memberikan kehangatan yang lebih banyak daripada celana lainnya. jadi, kenapa tidak mengenakan rok mini dan celana ketat yang memberikan kehangatan yang sama atau bahkan kadang-kadang lebih hangat?

Baiklah, saya pun mengerti. Pada akhirnya, mode (atau fashion) merupakan prioritas utama di musim panas yanggerah maupun pada suhu di bawah nol sekalipun. Di jalanan kota Seoul, banyak wanita Korea yang tidak mau berkompromi pada pilihan busana untuk segala jenis cuaca.

 

Nah, begitu curhatan Michae Hurt yang akhirnya menemukan jawaban paling sederhana mengapa para wanita yang ia lihat di Seoul banyak yang mengenakan rok mini saat cuaca di bawah nol derajat sekalipun. Apakah kalian setuju dengan pendapat itu?

 

(Source: The Korean Times | Pictures by Michel Hurt)

 

Baca juga :

Dampak dari Kenaikan Upah Minimum (UMR) di Korea, 7 Pekerja Asing pun Dipecat

6 Alasan Mengapa Masyarakat Korea Melakukan Operasi Plastik

Belajar Bahasa Korea Susah dan Ribet? Begini Praktisnya Belajar Bahasa Korea Secara Online

‘혼밥 – Honbap’ : Makan Sendirian Menjadi Fenomena Budaya Baru di Korea

‘해장 – Haejang’ : Makanan adalah Obat Untuk Mengatasi Rasa Mabuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KOREAN FIRST © 2018