Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

“Hanbok Traveler” Kwon Mi-ru, Memperkenalkan Hanbok ke Seluruh Dunia

“Orang-orang banyak berpikir bahwa mereka harus mengenakan pakaian yang nyaman saat traveling. Jadi, mereka yang tidak terbiasa mengenakan hanbok akan merasa kalau hanbok itu tidak nyaman dikenakan. Kostum tradisional di seluruh dunia sangatlah indah tapi memang tidak nyaman dikenakan karena mereka didisain untuk keindahan semata. Tapi aku melihat sebuah peluang di tahun 2013 saat menyadari kalau ternyata banyak sekali bentuk hanbok saat menjadi seorang voluntir di sebuah acara.”

Itu yang dikatakan Kwon Mi-ru pada wartawan Arirang saat ia ditanyai mengapa memilih hanbok sebagai busana ber-traveling-nya. Wanita yang kini berusia 38 tahun itu telah mendedikasikan hidupnya untuk pakaian tradisional negaranya, hanbok, sejak empat tahun yang lalu. Sudah kurang lebih 63 kota dan 13 negara yang telah ia kunjungi sejak tahun 2013 dengan menggunakan hanbok sepanjang waktu. Perjalanannya ke negara-negara tersebut akhirnya dapat ia tuangkan menjadi sebuah buku berjudul “Traveling in Hanbok” dan diterbitkan oleh Prunbook Publishing. Hingga saat ini, Kwon Mi-ru memiliki 70 pasang hanbok sehari-hari dan juga formal hanbok.

Pada mulanya, banyak orang-orang mencibir Kwon Mi-ru atas pilihannya mengenakan hanbok untuk traveling. Mereka mengira, mobilitas wanita itu akan terganggu, akan tetapi Kwon Mi-ru membuktikan bahwa itu tidak benar dengan mendaki Gunung Halla dan Annapurna Massif dengan tetap mengenakan hanbok yang lebih hangat di lapisan dalamnya.

Siapa bilang gak boleh pakai hanbok ke gunung?

Tetap mengenakan hanbok walau ada tas ransel besar di punggung

Pemandangan yang indah itu hadiah dari sebuah perjalanan

Sejak menyambangi negara pertamanya, Italia, Kwon Mi-ru tak pernah berhenti mengeksplor kecintaannya terhadap pakaian tradisional negaranya itu. Ketika ia mendatangi sebuah negara dan mencuri perhatian orang-orang dengan mengenakan hanbok, ia merasa bahwa ia telah membantu mengenalkan negaranya kepada dunia.

Meskipun di negeri asing, tak melupakan jati dirinya

Kwon Mi-ru menyatakan, “Jika seseorang terlihat sangat baik saat mengenakan pakaian jenis apa pun, ia akan meningkatkan nilai dari pakaian yang ia kenakan. Termasuk juga hanbok.”

Bahkan, meskipun Kwon Mi-ru tidak sedang melakukan traveling, wanita itu tetap mengenakan hanbok setiap pagi karena mengenakan pakaian itu membantunya untuk menemukan kedamaian di dalam jiwanya.

Ayo, sobat Korean First! Bikin tren Kebaya Traveler!

KOREAN FIRST © 2018