February 16, 2019

Selamat Datang di Korean First

Ingin Belajar Bahasa Korea? Melalui ‘Program Bahasa’ Kalian Bisa Belajar Langsung di Korea Loh!

Siapa yang tidak ingin mempelajari sebuah bahasa langsung dari tempat bahasa itu berasal? Tentu semua orang ingin bukan? Maka dari itu, pemerintah Korea yang menyadari perkembangan budayanya yang begitu pesat sehingga semakin banyak masyarakat dunia yang ingin mempelajari bahasa mereka pun mengerti akan kebutuhan itu.

Bagi kalian yang ingin mempelajari bahasa Korea secara langsung di Korea. Kalian bisa loh mendaftar program bahasa yang disediakan bagi orang asing oleh beberapa universitas tinggi  di Korea atau sekolah-sekolah akademisi.

Program bahasa ini sendiri memiliki kurikulum yang berbeda-beda dan tidak selalu sama di setiap universitas atau sekolah, akan tetapi rata-rata dari Program Bahasa ini akan memberikan pelajaran dasar hingga menengah ditambah dengan praktik langsung berbicara dengan native asli Korea. Jangka waktu pembelajaran pun beragam, ada yang satu tahun, tiga bulan, dan bahkan ada yang hanya satu atau dua minggu. Tergantung kebutuhan kalian masing-masing sebagai orang yang ingin mempelajari bahasa sekaligus kebudayaan Korea langsung di tempat asalnya.

Ada dua tipe Program Bahasa yang tersedia di Korea, yaitu:

  1. University Classes

 

Beberapa universitas di Koea menawarkan kelas-kelas untuk mempelajari bahasa Korea bagi orang asing. Di Seoul sendiri ada sekitar kurang lebih 20 Universitas yang menawarkan Program Bahasa, akan tetapi yang paling terkenal di kalangan pelajar atau orang asing adalah Program Bahasa yang ditawarkan oleh Seoul National University (SNU), Korea University (KU), dan Yonsei University. Sementara itu, apabila kalian ingin belajar bahasa Korea yang agak-agak ‘saturi’ (logat daerah), kalian mungkin bisa memilih untuk mendaftar ke Pusan National University (PNU). PNU sendiri merupakan salah satu universitas terbaik di Korea serta memiliki reputasi sebagai penyedia Program Bahasa paling sulit dan agak mahal. Namun, kualitas dan pelayanannya benar-benar terjamin.

Meskipun Program Bahasa yang disediakan oleh universitas di Korea sangatlah bagus, akan tetapi kebanyakan Program Bahasa ini memiliki jadwal serta kurikulum yang tidak begitu fleksible dan sedikit ketat. Serta, kebanyakan dari Program Bahasa di sini diperuntukan bagi mahasiswa-mahasiswa yang ingin melakukan study abroad di Korea.

 

  1. Private Courses atau Sekolah Bahasa

 

Private Courses atau bisaa juga disebut dengan Sekolah Bahasa pun menyediakan Program Bahasa yang khusus diperuntukan bagi orang asing. Memang jika ingin mengambil Program Bahasa dari private courses ini harus mengeluarkan uang yang cukup banyak. Akan tetapi akomodasi serta pengalaman belajarnya justru lebih terasa dan mumpuni dibandingkan dengan University Classes.

Banyak sekali sekolah bahasa di Korea yang memiliki paket serta Program Bahasa yang bisa kalian pilih sesuai budget kalian. Nah, apabila kalian merasa keberatan dengan program reguler, mungkin kalian bisa mencari program ‘exchange meetups’. Program ini memungkinkan kalian mempelajari bahasa Korea sembari kalian juga akan mengajari bahasa Inggris bagi orang Korea sendiri. Semacam pertukaran ilmu gitu deh.

 

Ada banyak lokasi tempat bagi kalian untuk mempelajari bahasa Korea di Korea sendiri, namun banyak orang merekomendasikan untuk mempelajari bahasa Korea di Seoul dan Busan. Selain karena dua kota tersebut merupakan dua kota terbesar serta terpadat di Korea, akomodasi serta fasilitas yang akan kalian dapatkan di dua kota tersebut jauh lebih baik dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Korea.

Nah, sebelum kalian memutuskan untuk pergi dan mengambil ‘Program Bahasa’ ini di Korea , kalian tentu memiliki beberapa hal untuk dipersiapkan. Salah satunya mungkin kalian bisa mempelajari sedikit-sedikit bahasa Korea dasar sebagai persiapan. Kemudian menentukan jenis visa yang ingin kalian pakai untuk pergi ke Korea.

Jenis Visa apa yang saya butuhkan?

Visa yang kalian aplikasikan ke kedutaan besar Korea itu tergantung panjang waktu Program Bahasa yang kalian ambil. Apabila kalian hanya mengambil program bahasa selama tiga bulan atau kurang, kalian bisa membuat visa tinggal/visa tuis di Korea tanpa harus ada penambahan. Akan tetapi apabila kalian ingin tinggal lebih lama untuk memperdalam bahasa Korea kalian, kalian bisa mengambil visa pelajar di kedutaan besar Korea.

Berapa biaya Program Bahasa di Korea?

Nah, kita sampai pada bagian yang paling krusial yaitu biaya. Biaya ini sebenarnya tergantu dari biaya tiket pesawat serta biaya hidup di sana. Dari berbagai situs serta review, biaya yang dikeluarkan untuk Program Bahasa ini kira-kira 1,000 hinggga 1,500 USD. Memang agak sedikit mahal, namun apabila kalian jeli dan ahli dalam memilih ‘Program Bahasa’ yang disediakan, kalian mungkin bisa mengeluarkan biaya dibawah itu.

Rekomendasi sekolah bahasa dong!

Ada satu sekolah bahasa yang sangat recomended, yaitu “Best Friend Korean Language School” yang berlokasi di Seoul, ibu kota Korea Selatan. Berdiri sejak tahun 2005, sekolah bahasa ini telah memiliki 300.000 anggota dari seluruh penjuru dunia dan tersertifikasi sangat baik. Program reguler dari sekolah Bahasa ini berjalan setiap bulannya dan kalian bisa bergabung kapan pun kalian mau.

Namun, mereka juga menyediakan program bahasa Korea selama tiga bulan dengan menggunakan visa turis. Biaya belajar melalui Program Bahasa ini telah termasuk akomodasi yang sangat nyaman di Korea, dimulai dari ruang belajar yang sangat bersih, keren, dan nyaman hingga aktivitas kultural gratis seperti mengenakan hanbok, menonton pertunjukan, dan lain-lain.

Melalui Program Bahasa ini juga kita bisa mendapatkan teman baru serta pengajar yang snagat friendly dan asyik. Setiap bulannya juga kalian akan diberikan tugas presentasi sebagai bahan evaluasi kalian dalam pembelajaran bahasa juga meningkatkan kepercayaan diri kalian.

Selain Best Friend Korean Languge School Review, ada juga “Seoul Korea Language Academy” yang juga memiliki fasilitas yang nyaris sama dengan sekolah bahasa sebelumnya.

Nah, tunggu apa lagi Sobat Korean Frist? Kalian sudah bisa menyiapkan diri mulai dari sekarang loh! Kesempatan untuk belajar langsung di Korea akan selalu terbuka untuk kalian!

 

 

(Pictures taken from Goabroad.com – Best Friend Language School)

 

 

 

Related posts