Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

Ingin Berkuliah di Korea? Kenalan dulu dengan SKY: 3 Universitas Paling TOP di Korea

Halo, sobat Korean First! Apa kabarnya kalian hari ini? Semoga hari ini kalian baik-baik saja ya. Kali ini Korean First ingin berbagi informasi nih tentang tiga universitas paling beken di Korea buat kalian yang bercita-cita untuk melanjutkan kuliah di Korea atau pun kuliah S-1 di sana.

Namun, sebelum kalian mengetahui lebih jauh tentang tiga universitas ini. Kalian harus tahu bahwa ketiga universitas  ini merupakan universitas-universitas rebutan di Korea. Para siswa SMA sangat berlomba-lomba untuk memasuki universtas-universitas ini lantaran prospek kerja lulusan dari Universtas ini ditengarai akan lebih mudah diterima kerja. Orangtua siswa pun sangat mendesak anak-anaknya untuk belajar giat agar bisa masuk ke sana.

Nah, namun, apakah orang dari luar negeri seperti dari Indonesia bisa diterima masuk ke ketiga unversitas tersebut? Tentu saja bisa! Kalian bisa mencoba masuk ke sana melalui jalur beasiswa yang berasal dari pemerintah Korea (KGSP) atau beasiswa yang berasal langsung dari universitas itu sendiri.

Untuk jenis beasiswa-beasiswa ini, nanti akan dijelaskan di artikel selanjutnya. Sekarang, sebagai penyemangat bagi kalian yang ingin berkuliah di Korea. Kalian harus kenalan dulu dengan tiga universitas yang biasanya disebut dengan singkatan SKY University. SKY dalam bahasa Inggris berarti langit dan makna itu jugalah yang digunakan untuk menggambarkan ketiga universitas tersebut yang rasanya seperti langit yang susah digapai. Tapi seperti kata-kata bijak yang selalu kita dengar sejak kecil ‘gantunglah mimpimu setinggi langit’, tentu hal itu bukanlah tidak mungkin digapai.

  1. S – Seoul National University

SNU atau Seoul National University saat ini merupakan perguruan tinggi nomor satu di Korea Selatan menurut beberapa lembaga indikator nasional mau pun internasional. Ada banyak sekali alasan mengapa SNU atau Seouldae (akronim dalam bahasa Korea—Seoul Daehagkyo) menjadi universitas terbaik di Korea, salah satunya adalah fasilitas pembelajaran di universitas ini sangatlah lengkap serta tenaga pengajar di universitas ini yang sangat mumpuni.

Setiap tahunnya, ada sekitar 600.000-an siswa SMA dari seluruh negeri yang mengikuti ujian masuk perguruan tinggi dan nyaris semuanya berharap untuk masuk ke SNU. Namun, hanya 1% dari mereka yang akan diterima di universitas ini. Sehingga, para siswa yang berhasil masuk ke SNU sering dijuluki 1% person yang menandakan betapa hebatnya orang tersebut bisa diterima di SNU.

Universitas yang memiliki moto dalam bahasa latin yaitu Veritas lux mea (Kebenaran adalah cahayaku) ini berdiri pada tahun 1946 tepat setahun setelah Korea menyatakan diri terbebas dari jajahan Jepang. Uniknya, kampus yang menamai diri dengan kota ‘Seoul’ ini ternyata berpusat di Gwanak-gu yang dekat sekali dengan Anyang, sehingga menjadi perbatasan antara provinsi Gyeonggi dan Seoul. Yah, meskipun masih masuk ke dalam wilayah administrasi Seoul. SNU sendiri memiliki kampus yang sangat jauh dari pusat Kota Seoul dan terkesan sangat terpencil dengan pemandangan gunung-gunung yang mengelilingi kampus.

Kemudian, menurut data yang dikeluarkan pada tahun 2015 oleh QS University Subject Rankings, empat jurusan yang merupakan jurusan unggulan di SNU adalah Modern Languages; Pharmacy dan Pharmacology; Architecture; dan Chemical Engineering.

Lulusan dari SNU merupakan orang-orang yang sangat terkenal di dunia Internsional dari Ban Ki-moon yang merupakan General Sekertaris ke-9 PBB hingga seorang artis sopran Sumi Jo.

 

Website                               : http://www.useoul.edu/

Tipe Univesitas                 : National research university | Universitas Negeri

Rank di Asia (QS)              : 10

Rank di Dunia (QS)           : 35

 

 

  1. K – Korea University

 

KU atau dalam bahasa Korea disebut sebagai Goryeo Daehakyeo, merupakan salah satu universitas tertua di Korea. Berdiri sejak tahun 1905 dengan nama Bosung College, sejak dulu memang terkenal sebagai institusi pendidikan tinggi yang sangat prestisius di Korea.  Satu hal yang sangat menarik di KU adalah dibukanya program studi interdisplin. Program-program studi ini antara lain seperti, Fashion Design and Merchandising, Liberal Arts and Law, Humanities and Creative Industry, dan lain-lain, ada total lebih dari 20 program studi yang merupakan gabungan antara dua atau lebih disiplin. Keunikan dalam membuka program studi ini pula yang menjadikan banyak sekali siswa yang tertarik untuk berkuliah di KU lantaran lebih fokus untuk mempelajari apa yang mereka suka.

Selain itu, KU pun memiliki jumlah murid internasional cukup banyak. Saat ini ada sekitar 1000 mahasiswa yang berasal dari luar negeri yang berkuliah di KU dan jumlah ini pasti akan terus bertambah setiap tahunya. Kesempatan besar yang diberikan oleh KU bagi orang luar negeri untuk belajar di universitas mereka tentu dilandasi dengan semangat mereka untuk terus mengglobal.

Universitas yang memiliki tiga nilai utama yang dijadikan moto yaitu “Libertas, Justitia, Beritas”  (Kebebasan, Keadilan, dan Kebenaran) ini merupakan universitas yang banyak sekali memberikan beasiswa bagi mahasiswa-mahasiswanya. Ada sekitar 245 beasiswa institusi yang masuk ke KU hingga kompetisi di dalam memperebutkan beasiswa tersebut sangat sehat serta memacu mahasiswa-mahasiswanya untuk terus belajar lebih giat lagi.

Lulusan-lulusan dari KU yang paling terkenal antara lain adalah Lee Myung-bak yang merupakan presiden ke-10 Korea dan walikota Seoul ke-34 yaitu Oh Se-hoon. Selain itu, berkat program studi yang menunjang penuh kreativitas mahasiswanya, menurut survey terbaru majalah Fortune Korea Selatan, dari 500 perusahaan  terbaik di Korea, kebanyakan lulusannya merupakan lulusan dari KU. Hingga kita dapat menyimpulkan bahwa KU merupakan wadah dibentuknya CEO masa depan.

Website                               :  www.korea.edu

Tipe Univesitas                  : Private research university | Universitas Swasta

Rank di Asia (QS)              : 16

Rank di Dunia (QS)           : 90

 

 

  1. Y – Yonsei University

 

Yonsei University merupakan Universitas paling tua di Korea. Berdiri pada tahun 1885 oleh seorang misionaris Kristen (Protestan) bernama Horace Newton Allen dengan dibukanya sebuah rumah sakit bernama Jejungwon yang kemudian berkembang menjadi sekolah kedokteran. Pada mulanya, pendanaan dari dibangunnya sekolah dan rumah sakit ini merupakan kerjasama antara gereja misionaris dan pemerintah Korea. Namun, saat perang sino-Jepang dan reformasi Gabo terjadi, dukungan pemerintah pun lepas dari Yonsei dan gereja akhirnya mengambil alih seluruhnya dengan didukung oleh donatur yang berasal dari Amerika.

Yonsei University kemudian mengalami beberapa kali perubahan nama dari Jejungwon kemudian Severance Hospital, lalu Union Medical Collage, hingga akhirnya memiliki nama Yonsei Univerity seperti sekarang. Yonsei sendiri merupakan nama dari akronim dua yayasan yang kini menaungi universitas ini, yaitu Yon from Yonhi College dan Sei from Severance Union Medical College.

Menilik dari sejarahnya, tentu kalian menyadari bahwa universitas ini begitu diunggulkan dengan jurusan kedokterannya. Meskipun pada akhirnya Yonsei pun terus berkembang dan membuka jurusan-jurusan baru  seperti Liberal Arts, Teknik, Bisnis, Pendidikan, dan lain-lain. Yonsei memang sangat diunggulkan dalam bidang Ilmu Alamnya. Hal ini pun dibuktikan dengan fakta bahwa Yonsei merupakan universitas pertama di Korea yang memiliki fasilitas pendidikan dokter yang begitu modern serta Lima Severance Hospital Devision yang terletak di berbagai lokasi di Korea.

Hal unik lain yang bisa kalian ketahui tentang Yonsei adalah universitas ini sangat menjunjung tinggi nilai-nilai Kristen hingga moto atau slogan dari universitas ini pun diambil dari salah satu ayat dari alkitab yaitu Yohanes 8:32 “The truth will set you free”. Selain itu, karena universitas ini merupakan universitas tertua di Korea, Yonsei masih melestarikan banyak sekali gedung-gedung tua. Apabila kalian masuk ke universitas ini kalian pasti akan merasakan betapa tuanya universitas ini, ditambah lagi, fakta bahwa universitas ini dulunya juga rumah sakit pun pasti bikin kalian pengen uji nyali ke sini. Hehehe.

Website                               : https://www.yonsei.ac.kr/en_sc/

Tipe Univesitas                 : Private research university | Universitas Swasta

Rank di Asia (QS)              : 18

Rank di Dunia (QS)           : 112

Nah, rasanya sudah cukup kenal dengan SKY University? Apakah kalian malah minder? Duh, jangan minder dong! Kesempatan kalian masih ada. Dengan belajar dengan giat dan berdoa, kalian bisa menjadi salah satu mahasiswa di sini! Semangat ya, Sobat Korean First! Dan jangan lupa terus pantengin website ini karena bakal banyak banget informasi menarik tetang Korea serta pendidikannya!

 

Baca juga:

4 Universitas Negeri yang Membuka Program Sarjana Bahasa Korea

Ingin Belajar Bahasa Korea? Melalui ‘Program Bahasa’ Kalian Bisa Belajar Langsung di Korea Loh!

Kosakata Bahasa Korea : Tentang Perasaan

6 Alasan Mengapa Masyarakat Korea Melakukan Operasi Plastik

Pemerintah Kota Seoul akan Mengadakan Job Fair Bagi Warga Asing

KOREAN FIRST © 2018