Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

Kosakata Bahasa Korea : Tentang Perasaan

Halo, Sobat Korean First! Kembali lagi nih kita akan belajar beberapa kosa kata dalam bahasa Korea! Kali ini, kita akan belajar untuk mengungkapkan perasaan dalam bahasa Korea loh. Yuk, disimak!

Dalam bahasa Korea, ada banyak sekali kosakata yang berhubungan dengan perasaan atau dalam bahasa korea 감정 관련 어휘 – gamjeong gwannyeon eohue. Berikut kosakata-kosakatanya.

 

Ada beberapa kosa kata yang mirip satu sama lain, namun dalam bahasa Korea sendiri penggunaannya berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih jelas penggunaan kosakata-kosa kata tersebut silakan lihat contoh-contoh di bawah ini.

기쁘다 – 행복하다 – 즐겁다

기쁘다 (gippeuda) yang berarti senang digunakan untuk menyatakan perasaan ketika kita memperoleh sesuatu seperti hadiah, kemenangan, dan lain-lain.

Contoh:

발리에 있어서 기뻐요 – Bali-e gal su isseoseo gippeoyo

Saya senang karena bisa pergi ke Bali

 

행복하다   (haengbokhada) yang berarti bahagia sering kali digunakan dalam bahasa Korea dan kalian pasti sering mendengarnya di dalam drama. Perasaan yang diungkapkan oleh kata ini adalah perasaan bahagia yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Contoh:

남친이 있으니까 행복해요namchin-i isseunikka haengbokhaeyo

(Aku) bahagia karena memiliki pacar

 

Sementara itu, 즐겁다 (jeulgeobda) yang berarti gembira adalah ungkapan perasaan yang ditunjukkan dengan sesuatu yang terlihat, seperti wajah berseri-seri dan tindak tanduknya selalu ceria dan gembira.

Contoh:

부디씨는 오늘도 즐거워 보여요Budi-ssineun oneuldo jeulgeowo boyeoyo

Hari ini juga Budi terlihat gembira

 

심심하다 – 지루하다

Kedua kata ini, memang memiliki arti yang sama dalam bahasa Indonesia, yaitu Bosan, namun penggunaannya jelas berbeda dalam bahasa Korea. 심심하다 (simsimhada) digunakan untuk rasa bosa yang diakibatkan tidak ada pekerjaan atau tidak tahu apa yang mau dikerjaan, istilah gaulnya dalam bahasa Indonesia ‘gabut’. Hahaha.

Contoh:

주말에마다 너무 심심해요 – jumal-e-mada neomu simsimhaeyo

Sangat bosan setiap kali akhir pekan

 

Sementara itu,  지루하다 (jiruhada) merupakan perasaan bosan yang digunakan ketika kita mengerjakan pekerjaan yang sama secara terus menerus.

Contoh:

이책을 계숙 읽으면 너무 지루한 같아요i-chaek-eul gyesuk ilgeumyeon neomu jiruhan geot gatayo

Kalau membaca buku ini terus menerus, kayaknya sangat membosankan.

 

외롭다 – 그립다

Kedua kata ini sering kali diartikan sama yaitu kangen, namun sebenarnya tidak. Kata외롭다 (uereopda) merupakan kata yang tepat karena perasaan kesepian.

Contoh:

커플을 보면 너무 외로워요kheopeul-eul bomeyon neomu uerowoyo

Sangat kesepian kalau melihat couple (pasangan)

 

Sementara그립다 (geuripda) digunakan kalau kita merasa kangen atau rindu sama seseorang. Nah, kadang perasaan rindu ini diakibatkan karena kesepian itu, jadi kadang dua kata ini sering digunakan terbalik-balik oleh orang asing.

Contoh:

남친 사진을 너무 그리워요namchin sajin-eul bol ttae neomu geuriwoyo

Sangat kangen ketika melihat foto pacar.

 

웃기다 – 웃다

Nah, yang terakhir ada dua kata ini, dua kata ini jelas memiliki arti yang berbeda. Namun kadang sering terbalik-balik karena memiliki kata dasar yang sama. Kata웃기다 (utkkida) biasanya digunakan untuk sesuatu yang bersifat lucu, seperti komedia, film komedi, dan lain-lain.

Contoh:

이영화가 너무 웃겨요 – i-yeonghwa-ga neomu utkkyeoyo

Film ini sangat lucu

 

Sementara itu, 웃다 (utda) yang berarti tertawa adalah ekspresi yang digunakan ketika ada sesuatu yang lucu atau menggelikan.

Contoh:

이영화를 볼때 계숙 웃어요 – i-yeonghwa-reul bol ttae gyesuk useoyo

Terus-terusan tertawa ketika menonton film ini.

 

Nah, bagaimana sobat Korean First? Sudah siap mengungkapkan perasaan dalam bahasa Korea?

 

Baca juga:

Pembukaan Kelas Online Bahasa Korea

Bahasa ‘Slang’ Korea dalam Chating

형용사 – Hyeongyongsa : Kata Sifat dalam Bahasa Korea

동사 – Dongsa : Kata Kerja dalam Bahasa Korea

KOREAN FIRST © 2018