Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

Luar Biasa! Barbershop Tertua di Korea ini Tidak Pernah Mengganti Alat Cukur Sejak Tahun 1950-an!

https://www.timeout.com/seoul/health-and-beauty/seongwoo-iyongwon

 

Nama barbershop tertua di Korea itu adalah Seongwoo Barbershop (Seongwoo Iyongwon – 성우 이용원). Barbershop yang berdiri pada tahun 1927 ketika masa penjajahan Jepang atas Korea ini  sampai sekarang masih beroperasi dan menerima cukup banyak pelanggan yang datang dari seluruh penjuru Korea. Lee Nam-yeol (68) adalah pemilik generasi ketiga dari barbershop ini juga tukang cukur paling tua serta paling berpengalaman di Korea.

Seongwoo Barbershop yang tidak pernah berpindah sejak berdiri Mapo-gu, kota Seoul, ini tetap mempertahankan sebagian besar perabotan asli dari bangunan tersebut, seperti kursi , meja, pintu, jendela, dan lain-lain. Selain itu, Lee Nam-yeol pun masih menggunakan alat cukur milik kakeknya yang telah ia gunakan sejak tahun 1950-an. Alat cuku ini selalu ia rawat dan ia asah, serta dibersihkan dengan saksama setiap harinya agar selalu terlihat baru dan tajam.

Keaslian serta keautentikan barbershop yang masih mempertahankan “ketuaan” bangunan dan alat-alatnya ini tentu sangat unik. Dalam wawancaranya bersama Korean Expose, Lee Nam-yeol berkata bahwa ia tak segan-segan mengusir orang yang datang ke barbershop-nya jika hanya untuk mengejek atau menertawakan kondisi bangunan tua  tempatnya bekerja selama lebih dari separuh abad itu.

Keteguhan serta nilai-nilai tradisi yang masih ia pegang itulah yang membuat Lee Nam-yeol dikenal sebagai “The Hands of Magic”. Ia tidak memperdulikan kondisi barbershop-nya yang bisa dibilang telah dimakan usia, ia percaya bahwa hanya tangannyalah yang dapat memberikan potongan terbaik bagi pelanggan-pelanggan setianya. Lee Nam-yeol mengaku, bahwa keahlian mencukurnya yang begitu sempurna itu tidak lepas dari latihan serta ketekunannya dalam pekerjaannya. Ia perlu waktu selama 30 tahun agar tangannya bisa menyatu dengan pisau cukur dan gunting agar dapat bekerja dengan teliti.

A post shared by 고성준 (@joonko1) on

Bisnis Seongwoo Barbershop sangat bagus pada masa pemerintahkan Presiden Park Chung-hee pada tahun 70-an karena adanya peraturan keras terhadap panjang-pendeknya rambut pria. Namun, bisnis-bisnis “tukang cukur” ini pun mulai kandas seiring berjalannya waktu ditambah lagi  dengan reputasi jelek dari keterlibatan bisnis-bisnis barbershop dengan prostitusi. Dibawah tekanan-tekanan tersebut, Seongwoo Barbershop masih terus bertahan dan  tetap melayani siapa pun yang ingin merasakan sentuhan tangan ajaib dari Lee Nam-yeol.

A post shared by @minsunp on

Telah banyak sekali media modern zaman sekarang ini yang telah meliput Seongwoo Barbershop karena keunikannya ini. Bahkan pihak produksi Variety Show ”Running Man” pun pernah menjadikan barbershop ini sebagai salah tempat tantangan mereka. perjuangan Lee Nam-yeol untuk mempertahankan bisnis keluarganya menjadi salah satu hal yang patut dikagumi di tengah-tengah perkembangan negeri Korea yang semakin modern. Sisi-sisi lain seperti inilah yang membuat kita terus mengingat dari mana kita berasal.

A post shared by @minsunp on

Lee Nam-yeol yang dulu bisa bekerja selama 16 jam perhari kini hanya mampu melayani pelanggan selama 9 jam saja akibat usia yang telah renta dan kesehatan yang kian menurun. Ia juga mengambil hari libur di hari Rabu untuk menghirup sejenak napas dari kesibukannya. Namun Lee Nam-yeol tidak berencana untuk pensiun. Ia berkata pada wartawan bahwa ia selalu berkata pada wartawan bahwa ia akan terus bekerja hingga matanya tak lagi dapat melihat dan kakinya tak lagi dapat berdiri.

Sungguh kisah yang sangat menginspirasi dari sebuah barbershop tua yang seolah-olah tidak membiarkan waktu dan zaman menghancurkan eksistensi mereka.

 

[INFORMASI PENTING]

Alamat lengkap : 4-2, Hyochangwon-ro 97-gil, Mapo-gu, Seoul

Harga : Cukur – 10.000 Won, Potong Rambut – 13.000 Won, semir rambut – 15.000 Won

(source : Korean Expose)

Baca juga :

Tahu Gak Sih? Putri Terakhir Kerajaan Korea Ternyata Bukan Orang Korea, Loh!

Coba Lihat! Ini 3 Lokasi Besejarah Korea yang Selama Ini Tersembunyi di Bawah Tanah

“Call Bells” Begini Cara Orang Korea Memanggil Pelayan

8 Jajanan Halal yang Bisa Kalian Temukan di Pinggir Jalanan Korea

찜질방 – Jjimjil-bang : Menikmati Tempat Pemandian Umum Ala Korea

KOREAN FIRST © 2018