Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

Makan Bersama Orang Korea? Ini 11 Table Manners Korea yang Harus Kamu Ketahui

Masing-masing negara memiliki cara mereka masing-masing dalam memakan makanannya. Di Indonesia yang tidak masalah jika makan dengan tangan, hingga di Prancis yang memiliki sejumlah sendok untuk memakan beragam jenis makananan. Hal ini juga tidak jauh berbeda dengan table manner atau tata cara makan yang ada di Korea.

Jika kalian kebetulan tinggal di Korea sekarang atau akan pergi ke Korea dalam waktu dekat, ada baiknya jika kalian mengetahui 11 table manners yang ada di Korea.

  1. Mengucapkan “먹겠습니다” – Jal Meokkesseumida

“Jal Meokkesseumida” atau yang berarti secara harafiah “Saya akan makan dengan baik” diucapkan sebelum menyantap makanan yang hendak kita makan. Hal ini untuk menunjukkan kepada orang yang telah memasakan makanan untuk kita atau orang yang telah membayarkan makanan kita bahwa kita akan makan dengan baik dan lahap. Ini merupakan suatu bentuk hormat kita kepada mereka. Bahkan kita pun bisa mengucapkan hal ini kepada waiters yang mengantarkan pesanan kita demi kesopanan.

 

  1. Mulai Makan Setelah Orang yang Lebih Tua Makan

Ini merupakan aturan dasar table manner di Korea, jika kalian makan bersama kakak kelas kalian di universitas atau pun orangtua dari pacar kalian yang kebetulan orang Korea. Tunggu mereka memulai makan barulah kalian makan. Nah, kalau kalian kebetulan yang paling tua di meja makan tersebut, mulailah makan sesuka hati kalian. Hahaha.

 

  1. Jangan makan buru-buru atau mencoba untuk makan lebih cepat dari yang lain

Orang Korea tidak suka makan terlalu cepat atau terburu-buru, lebih baik kalian makan dengan tenang dan lahap. Hal ini juga bagus bagi kesehatan organ pencernaan kalian.

 

  1. Jangan “mengobrak abrik” makanan

Maksud mengobrak-abrik makanan di sini adalah ketika kalian tidak suka makan sayur dan daging berada di antara sayuran, kalian sebaiknya tidak mengacak-acak makanan untuk mencari daging di antara sayuran. Hal itu dianggap tidak sopan di Korea.

 

  1. Jangan membuat suara berisik saat makan

Ini merupakan table manner yang mendunia bahkan di Indonesia sendiri pun begitu. Maka dari itu, kalian harus ingat baik-baik.

 

  1. Jangan meninggalkan meja ketika masih ada orang lain yang makan

Jika kalian ternyata menyelesaikan makanan lebih cepat daripada yang lainnya, jangan pernah sekali pun meninggalkan meja lebih dulu ketika masih ada yang makan. Ini dianggap tidak sopan dan juga mengganggu.

 

  1. Jangan mengangkat mangkuk atau tempat nasi dari meja

Orang Korea paling tidak senang melihat orang mengangkat mangkuk atau tempat nasi dari atas meja. Jika kalian memakan sup atau mi, kalian sebaiknya tetap membiarkan mangkuk itu di atas meja dan meminum kuahnya menggunakan sendok. Apabila kalian meminumnya langsung dari mangkuknya, itu sangat tidak sopan.

 

  1. Gunakan sumpit dan sendok saat makan namun jangan digunakan dalam waktu yang bersamaan

Jika di Indonesia menggunakan sendok dan garpu dan boleh menggunakan tangan saat makan, maka di Korea kalian harus menggunakan sendok dan sumpit saat makan. Kalian juga tidak boleh menggunakan sendok dan garpu secara bersamaan.

 

  1. Jangan tancapkan sumpit secara vertikal di dalam mangkuk nasi

Pamali.

 

  1. Duduk dengan baik dengan postur tubuh yang bagus

Juga, jangan menggoyang-goyangkan kaki kalian saat makan.

 

  1. Setelah makan sebaiknya mengucapkan “먹었습니다” – Jal Moegeosseumida

Setelah kalian merasa kenyang dan menuntaskan makanan kalian, kalian harus mengucapkan “Jal Moegeosseumida” yang berarti “Saya telah makan dengan baik”. Hal ini menunjukkan kalau kalian sangat senang dengan makanan yang telah kalian makan sebelumnya

Nah, bagaimana sobat Korean First? Informasi yang sangat menarik bukan? Ayo, praktikan ketika kalian makan di restoran Korea kesukaan kalian!

 

(list taken from SweetandtastyTV)

KOREAN FIRST © 2018