Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

Sebegitu Sulitnya Masuk Kerja di Korea, Pria Ini Ditolak Kerja Hanya karena Dia Botak!

 

Ada banyak alasan mengapa seseorang ditolak masuk ke dalam perusahaan. Beberapa diantaranya mungkin gagal lantaran kesalahan dalam wawancara kerja atau mungkin juga dalam pengajuan berkas-berkas yang dianggap kurang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh Perusahaan tersebut. Akan tetapi, ditolak bekerja di dalam sebuah perusahaan hanya karna mengalami kebotakan? Bukankah itu sebuah alasan yang sangat tidak masuk akal?

Sayangnya, inilah fakta yang terjadi di Korea sekarang ini. Masyarakat Korea yang memang terkenal dengan perhatian “khusus” mereka terhadap penampilan memang sudah tidak dapat dipungkiri juga dalam mempengaruhi alasan penerimaan pegawai.

Baru-baru ini sebuah kasus lama mencuat ke publik tentang seorang pria yang merasa mendapatkan perlakuan tidak adil dari sebuah prusahaan di Korea yang tiba-tiba membatalkan penerimaan kepegawaiannya hanya karena ia mengalami kebotakan.

Praktik ini ternyatak tidak hanya sekali atau dua kali terjadi, ada banyak sekali kasus-kasus serupa yang terjadi di masyarakat Korea hingga akhirnya hal ini pun tak dapat lagi diabaikan oleh Komisi Hak Asasi Manusia Korea (NHRC). Mereka berusaha menghentikan praktik ini dan mengungkapkan bagaimana hak asasi manusia untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan ternyata harus pupus hanya karena botak. Sungguh alasan yang sangat mengerikan.

Seorang pria yang menolak disebutkan namanya melamar pekerjaan di sebuah perusahaan manajemen bangunan pada bulan Agustus tahun 2015 lalu. Ia melewati semua prosedur perektrutan dan menerima pemberitahuan terakhir bahwa ia diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Akan tetapi, beberapa hari setelah kabar menggembirakan itu diterima, perusahaan manajemen bangunan tersebut justru memberikan pemberitahuan lanjutan yang menyatakan bahwa mereka  membatalkan penerimaan kepegawaian pria tersebut.

Perusahaan mengatakan bahwa pembatalan tersebut karena adanya “kekurangan dalam penampilan” yang ditemukan setelah ia mendapat konfrimasi bahwa ia telah dipekerjakan di perusahaan tersebut. Usut punya usut, ternyata pria tersebut akhirnya menemukan bukti keras dan tidak langsung yang menunjukkan bahwa alasan mengapa lamaran kerjanya dibatalkan karena ia mengalami kebotakan. Itulah satu-satunya alasan yang bisa membuatnya dibatalkan sebagai pegawai di perusahaan tersebut.

Pria tersebut akhirnya mengajukan petisi serta bersama komisi hak asasi manusia ia menuntut perusahaan tersebut untuk mencabut keputusan mereka untuk membatalkan penerimaan pekerjaannya di sana. Pihak advokasi dari komisi hak asasi manusia, setelah melalui investigasi serta pencarian fakta akhirnya membuktikan klaim dar pria itu memang benar. Akhirnya mereka pun turut membantu untuk menuntut perusahaan tersebut untuk mempekerjakan pria tersebut meskipun memang tidak secara hukum diwajibkan untuk mematuhi tuntutan tersebut.

Seorang pejabat NHRC menyatakan kepada wartawan bahwa menjadi botak sesungguhnya adalah konsekuensi alami yang tidak dapat dibalik atau pun dikontrol oleh manusia, sehingga menempatkan seseorang pada posisi yang kurang beruntung dalam persaingan mendapatkan pekerjaan hanya karena kebotakan merupakan sebuah diskriminasi yang tidak dapat diterima dalam keadaan apa pun.

Kasus ini memang telah membuka mata banyak orang bahwa ada sesuatu yang salah di tengah-tengah masyarakat Korea sekarang ini. Meskipun terkesan lucu dan menggelikan, tapi apabila hal ini justru terjadi pada dirimu sendiri, bagaimana perasaanmu?

(Source: Korean Times)

Baca juga:

Ulala! Ini Loh 4 Manfaat Bekerja di Korea, Dikutip dari Kisah Nyata Para TKI Negeri Ginseng!

Penolakan Perpanjangan Visa Korea Selatan bagi Penduduk Asing yang Menunggak Pajak

13.000 Pekerja Asing Tanpa Dokumen Ditangkap Oleh Pemerintah Korea Tahun Ini

Survei Menunjukkan Bahwa Masyarakat Korea adalah Xenophobia Garis Keras, Kok Bisa?

Begini Loh Rasanya Pacaran dengan Cowok Korea, 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!

 

KOREAN FIRST © 2018