Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

Semakin Banyak Restoran Bersertifikasi Halal di Korea

Kian meningginya turis manca negara yang bertandang ke Korea menjadikan sektor pariwisata negara tersebut mengalami suka cita yang besar. Akan tetapi, dengan jumblah turis yang kian meningkat, pelayanan di dalam negara pun harus terus ditingkatkan demi kenyamanan dan kepuasan para turis. Menyadari hal itu, pemerintah Korea Selatan yang menyadari bahwa turis manca negara yang sebagian di antaranya berasal dari negara-negara mayoritas Islam membutuhkan makanan kusus atau makanan halal, hingga akhirnya melalui Korea Muslim Federation, pemerintah mendorong pengadaannya restoran-restoran halal di Korea.

Terhitung sampai pada bulan Mei tahun ini, ada total 14 restoran bersertifikasi halal dari Korea Muslim Federation atau KMF. Separuh dari restoran tersebut berada di Itaewon-dong yang berada tidak jauh dari Central Masjid, Seoul. Restoran bersertifikasi halal lainnya bisa ditemukan di Pulau Namiseom yang ada di Gangwon-do, juga di Incheon dan Busan.

Namun, meskipun didukung oleh pemerintah, pemberian sertifikasi halal kepada restoran tertentu tidaklah mudah. Paik Soo-min, staf yang bekerja di KMF dan diserahtugasi dalam pemrosesan sertifikasi halal, mengatakan “Untuk muslim, halal berarti hidup mereka sendiri, jadi itu sangat penting.

“Pemilik restoran halal dan pekerjanya harus mengerti betul tentang Islam dan tidak hanya boleh berfokus pada mendapatkan sertifikasi halal.” Imbuh Paik.

A post shared by kyungsoo (@fifvh) on

Salah satu restoran halal yang sangat terkenal di Korea adalah Makan Restaurant. Restoran ini terletak di Itaewon, tidak jauh dari Masjid Central. Pemilik dari restoran ini adalah warga negara Korea yang memeluk agama Islam, yaitu AbuBark Oh.

A post shared by Spider-So (@wearelhm) on

Restoran Makan menerima sertifikasi halal sejak tahun 2015 dan sejak saat itu terus mengembangkan menu-menu mereka. Contohnya saja, baru-baru ini mereka mengembangkan resep halal untuk Crispy Crunchy Chicken atau dalam bahasa Korea  dakgangjeong (닭강정) dan jjajangmyeon (짜장면).

“Aku berharap banyak restoran Korea yang dapat menerima sertifikasi halal di masa depan, sehingga banyak kuliner Korea yang bisa diperkenalkan di negara-negara Arab,” kata AbuBark Oh.

 

MAKAN HALAL RESTAURANT

52 Usadan-ro 10-gil, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul, South Korea

Buka setiap hari kecuali hari Selasa dari jam 10.30 – 22.00 KST

 

(Artikel serta gambar disadur dengan pengubahan dari Korea.net)

 

KOREAN FIRST © 2018