Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

Stray Kids ‘JYP Entertainment’ atau  Mixnine ‘YG Entertainment’,  Mana yang Lebih Mencuri Perhatian?

 

Selama satu bulan terakhir ini perhatian penggemar musik Korea atau Kpopers sedang terpusat pada dua perusahaan entertainment terbesar di Industri Korea, yaitu JYP Entertainment dan YG Entertainment. Hal ini tidak lain tidak bukan dikarenakan masing-masing dari perusahaan tersebut tengah menggarap program survival untuk mendebutkan grup idol terbaru di bawah naungan mereka. Survival program besutan JYP Entertainment bertajuk, Stray Kids, sementara itu survival program yang YG Entertainment adakan bernama Mixnine. Program-program ini direncanakan akan rilis dan tayang perdana dalam waktu yang cukup berdekatan.

Nah, selama bulan September, Kedua CEO dari JYP Entertainment maupun YG Entertainment, yaitu Park Jin-young dan Yang Hyun-suk secara bergantian muncul di media masa melalui teaser maupun wawancara dengan media untuk mempromosikan rencana mereka masing-masing tentang program ini. Banyak para penggemar terkejut dengan inovasi serta kebaharuan yang dibawa oleh masing-masing perusahaan terkemuka di Korea tersebut dalam program survival garapan mereka ini. Namun, tak sedikit juga yang membanding-bandingkan satu sama lain dan merasa acara yang satu lebih menarik dari yang lainnya. Nah, untuk lebih detilnya, mari kita lihat perbedaan mencolok apa yang dapat kita temukan di antara kedua program ini.

 

Ide Dasar

Ide dasar yang membangun program ini dijelaskan secara terbuka oleh para CEO dari masing-masing perusahaan. Park Jin-yeong (JYP) menerangkan bahwa program ‘Stray Kids’ merupakan program survival yang berbeda dari yang lainnya karena yang para trainee lawan bukanlah diri mereka satu sama lain, melainkan JYP sendiri. Para trainee yang terlibat memiliki kesempatan untuk debut bersama-sama, namun jika ada yang tertinggal di antara lainnya, maka trainee tersebut akan gagal. Hal ini memberikan tekanan kepada grup trainee tersebut untuk membangun kerjasama dalam tim agar tidak ada satupun dari mereka yang merasa ditinggalkan. JYP ingin, selain bertalenta, grup yang akan debut selanjutnya akan menjadi tim yang kuat.

Sementara itu, dari pihak Yang Hyun Suk (YG), program ‘Mixnine’ akan menjadi program bersekala besar yang melibatkan dirinya sendiri sebagai penyelektor utama. YG mengungkapkan dalam wawancara bahwa sering kali ia berpikir bahwa ‘kenapa artis itu atau artis ini tidak masuk ke YG saja?’ sehingga ia pun, melalui program ‘Mixnine’ ini, berinisiatif untuk mendatangi seluruh agensi entertainment di Korea untuk mencari ‘harta karun terpendam’ di antara para trainee tersebut. Jadi, idenya adalah bukan para trainee yang datang pada YG namun YG sendirilah yang akan mendatangi mereka.

 

Jumlah Trainee

Perbedaan yang sangat menggegerkan tentu terlihat dari jumlah trainee yang akan muncul dalam program survival ini. Program Stray Kids dari JYPE hanya akan menampilkan 9 trainee laki-laki yang tergabung dalam satu grup. Sementara YG Entertainmen dengan programnya Mixnine akan menyeleksi 400 trainee yang berasal dari seluruh agensi besar mau pun kecil yang ada di Korea.  W-O-W! Tak hanya itu, kabarnya beberapa grup idol debutan agensi kecil pun akan turut ambil peran dalam seleksi yang akan dibuat oleh YG Entertainment ini.

 

Sistem


Sistem yang akan diberlakukan oleh kedua perusahaan besar ini tentu berbeda  berdasarkan ide yang mereka usung masing-masing program. Stray Kids merupakan survival program yang akan memberikan tantangan kepada kesembilan anggota grup trainee dengan tujuan memberikan mereka tekanan serta memaksa mereka untuk mengembangkan lebih mencolok lagi talenta-talenta yang mereka miliki. Para trainee tersebut akan diminta untuk memproduksi lagu mereka sendiri, membuat koreografi, dan lain-lain, lalu akan dievaluasi oleh JYP untuk melihat sejauh mana kemampuan mereka berkembang dan siapa di antara mereka yang tertinggal di antara yang lain. Selain menunjukkan sisi kompetitif dari acara ini. Stray Kids pun akan menunjukkan sisi kesaharian dari para trainee dan bagaimana mereka berjuang mencapai mimpi mereka.

Sementara itu, program Mixnine sendiri akan dimulai dengan YG yang mendatangi dan melihat secara langsung 400 trainee yang ada di banyak sekali agensi-agensi di Koea. Setelah mendatangi, melihat kemampuan mereka, dan akhirnya menyeleksi mereka. YG akan menyeleksi mereka menjadi sembilan trainee laki-laki dan sembilan trainee perempuan. Akan ada total delapan belas trainee yang tersisa untuk melaju ke babak selanjutnya. Dua grup trainee yang berbeda gender ini kemudian oleh YG akan diadu dan dilihat sejauh mana talenta mereka akan berkembang.

 

Goals

Goals atau tujuan dari program-program ini memang sudah jelas, yaitu mendebutkan grup idola baru. Akan tetapi, ada perbedaan yang mendasar dari grup idola seperti apa yang diinginkan masing-masing perusahaan nantinya. Dari pihak JYP sendiri, ia sering kali mengatakan bahwa ia menginginkan sebuah grup yang berbeda, unik, dan menentang arus para idol kebanyakan di Korea.  Selain itu, grup tersebut juga diharapkan tidak hanya bertalenta dan juga memiliki personalitas yang baik, mereka pun dituntut untuk memiliki kerjasama tim yang solid.

Lalu, YG yang terkenal dengan para debutannya yang bertalenta luar biasa kali ini tidak hanya mengharapkan menemukan para trainee yang memiliki talenta saja, melainkan trainee yang juga memiliki visual bagus dan juga personalitas yang baik. Selama ini YG mendengar banyak kritikan bahwa debutan mereka tidak memiliki visual yang sama seperti debutan agensi lainnya karena memang ia sendiri lebih mementingkan talenta dibandingan visual. Akan tetapi YG sendiri mengatakan di dalam wawancara bahwa apabila para trainee tersebut memiliki visual yang bagus mungkin juga diperhitungkan, meskipun pada dasarnya YG masih mengharapkan talenta sebagai tolak ukur yang utama.

 

First Kick

Nah, setelah mengetahui perbedaan mendasar dari kedua program ini. Mari, sekarang kita lihat first kick atau penampilan perdana dari para trainee.

JYP dengan program ‘Stray Kids’ nya tidak tanggung-tanggu merilis sebuah singel ‘perkenalaan’ berjudul Hellevator. Hal ini patut diacungi jempol karena ‘budget’ yang digunakan untuk memproduksi MV serta lagu ini tidaklah murah. Namun, fakta yang paling mengejutkan adalah bahwa musik serta koreografi dari lagu ini diciptakan sendiri dari grup ini. Double WOW! Jadi, single ini tidak hanya menunjukkan kemampuan vocal, menari, serta rap plus visual dari pada trainee yang akan muncul dalam program Stray Kids ini tapi juga memamerkan telenta yang luar biasa dalam bermusik yang mereka miliki.

Lalu, YG Entertianment pun tidak mau ketinggalan dalam memamerkan programnya yaitu  Mixnine. Dalam video berdurasi sekitar dua menitan, YG menampilkan sosok 400 trainee yang akan tampil di acara mereka nanti. Sejumlah trainee tersebut diwawancarai atau hanya diperlihatkan visualnya saja, namun begitu saja sudah cukup menunjukkan aura kompetitif di antara para trainee dan keingin mereka yang kuat untuk bergabung dalam YG.

 

Wow, pada akhirnya, kedua program ini, Stray Kids mau pun Mixnine merupakan program yang sangat dinanti-nantikan oleh para penggemar musik Korea. Bukan hanya karena kebaruan serta inovasi yang dicanangkan oleh masing-masing agensi, tapi juga ini pun menjadi tolak ukur generasi baru musisi serta pelaku bisnis di industri hiburan Korea.

Jadi, program mana yang menurut kalian lebih mencuri perhatian sobat Korean First?

 

KOREAN FIRST © 2018