Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

Tahu Gak Sih? Putri Terakhir Kerajaan Korea Ternyata Bukan Orang Korea, Loh!

 

Berita duka terdengar dari ujung belahan dunia lain dan menyelimuti media Korea. Julia Mullock, mantan istri Yi Gu—pangeran terakhir Kekaisaran Korea—dikabarkan telah mengembuskan napas terakhirnya pada bulan lalu, tepatnya pada tanggal 26 November di usianya yang ke-94 tahun. Julia menghabiskan sisa hidupnya di sebuah panti jombo yang berada di Hawaii, Amerika Serikat. Maka, dengan kabar meninggalnya putri dari negeri asing ini, tidak ada lagi anggota perempuan dari kerajaan Korea yang tersisa.

https://alchetron.com/Julia-Mullock

 

Julia Mullock lahir dari keluarga berdarah Ukrania-Amerika di Pennsylvania, Amerika Serikat pada 18 Maret 1923. Ia berkenalan dengan Pangeran Gu di New York saat masing-masing dari mereka bekerja di perusahaan arsitek I. M. Pei. Wanita itu bertemu dengan orangtua Pangeran Gu (Pangeran Eun dan Putri Bangja) pada tahun 1958, lalu bertunangan di tahun yang sama. Sejoli itu pun akhirnya menikah tahun 1959 di Gereja St. George, New York dan empat tahun pasca pernikahan mereka,  Julia akhirnya  tinggal di Korea bersama suami serta ibu mertuanya di Nakseonjae, Istana Changdeokgung.

https://alchetron.com/Julia-Mullock

Pasangan ini sebenarnya tidak pernah menikah secara legal dengan adat Korea.   Hingga meskipun ia merupakan istri seorang pangeran Korea secara de facto, Julia tidak mendapatkan gelar dan marga ‘Lee’secara tertulis. Hal ini pun menjadi salah satu kendala ketika mereka akhirnya dipaksa untuk bercerai pada tahun 1982 lantaran pasangan ini gagal menurunkan ahli waris.

https://alchetron.com/Julia-Mullock

Pasca perceraian, Pangeran Gu pun akhirnya pindah ke Jepang, sementara Julia tetap tinggal di Korea dan mengelola sebuah butik sampai akhirnya wanita itu pun pindah dan menetap di Hawaii pada tahun 1995. Pasangan ini tak pernah menikah lagi pasca perceraian.

Google

Pangeran Gu yang menghabiskan sisa waktunya melakukan perjalanan pulang pergi antara Korea dan Jepang akhirnya meninggal pada usia 73 akibat serangan jantung pada tahun 2005. Julia yang ingin sekali menghadiri pemakaman mantan suami serta cinta terakhirnya itu dilarang datang oleh dewan klan Kerajaan Korea yang menganggap Julia bukan anggota Kerajaan Korea.

 

https://nextshark.com/julia-mullock-koreas-last-princess/

 

Lee Nam-joo, seorang mantan profesor di bidang musik dan juga keponakan jauh dari Pangeran Gu mengungkapkan pada Yonhap News Agency bahwa Julia ingin dikuburkan di Korea, tapi ia mendengar kabar bahwa anak angkat Julia justru mengkremasi Julia dan menebarkan abunya di Samudra Pasifik.

Banyak masyarakat Korea yang tidak mengetahui serta mengakui Julia Mullock sebagai salah satu dari anggota Kerajaan Korea. Pada April tahun 2006 lalu, Univesal Studio yang bekerja sama dengan LJ Film dari Korea, berencana untuk memproduksi sebuah film biografi tentang Julia Mullock dengan judul “The Julia Project”.

(Diterjemahkan secara bebas dari The Korean Herald)

Baca juga :

Coba Lihat! Ini 3 Lokasi Besejarah Korea yang Selama Ini Tersembunyi di Bawah Tanah

Pemerintah Korea Selatan Merayakan Hari Hangeul dengan Beragam Acara

찜질방 – Jjimjil-bang : Menikmati Tempat Pemandian Umum Ala Korea

6 Distrik Berpenduduk Internasional Terbanyak di Seoul

‘결혼식 – Pernikahan’ : Hadiah untuk Pengantin Baru di Korea

KOREAN FIRST © 2018