Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

Transportasi Masyarakat di Korea, Dari Darat Hingga Laut

 

Kemajuan sebuah negara dalam memberdayakan masyarakatnya terlihat dari bagaimana transportasi publik negara tersebut bekerja. Selama berpuluh-puluh tahun negara Korea membangun negerinya, salah satu perhatian utama mereka adalah bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal itu tampak sangat jelas terlihat dari baiknya transportasi publik Korea dari Kota hingga daerah-daerah pedesaan. Keterjangkauan setiap wilayah merupakan hal paling utama di negara ini, hingga akhirnya bisa dikatakan bahwa Korea merupakan salah satu negara maju dengan transportasi publik terbaik di Dunia.

  1. Bus

Bus yang beroperasi di Korea dapat dibagi menjadi bus Kota yang beroperasi di seputar kota saja, lalu bus luar kota dan bus ekspres yang beroperasi hingga ke luar kota. Bus kota sendiri terbagi menjadi beberapa jenis bus, yaituu bus wiayah yang menghubungkan tempat tinggal masyarakat dengan stasiun bawah tanah, bus kota dan feeder yang menghubungkan tempat-tempat di dalam kota, serta bus metropolitan yang menghubungkan kota dengan daerah sekitar kota. Masing-masing dari bus ini dibedakan dengan warna khusus. Bus wilayah dengan warna hijau muda, bus utama dengan warna biru, bus feeder dengan warna hijau, serta terakhir busy metropolitan dengan warna merah. Pada tahun 2015 biaya 1 kali naik bus wilayah 900 Won, bus utama dan feeder 1.200 Won, dan bus metropolitan 2.300 Won.

Sementara itu untuk bus luar kota atau ekspress, yang menghubungkan antar kota dengan jarak yang jauh, dari Seoul kalian bisa menaiki bus ekspres tersebut melalui dua terminal, yaitu Seoul Express Bus Terminal yang melayani jalur Gyeongbu/Yeongdong dan Central City Express Bus Terminal yang melayani jalur Honam Line. Lalu jika ingin menaiki bus antar kota yang menghubungkan kota-kota lebih kecil di Korea, kalian bisa menaiki bus dari Seoul Nambu Terminal dan Sangbong Terminal.

 

  1. Taksi

Di Korea, taksi dibagi menjdi taksi biasa dan taksi eksklusif. Taksi ekslusif memiliki tulisan 모범 (mobeom) di mahkotanya sehingga mudah dibedakan. Kelebihan taksi ekslusif sendiri adalah selain space taksi lebih luas, taksi ini pun lebih nyaman bagi para penumpang. Biaya taksi biasa di Seoul adalah 3000 Won untuk 2 kilometer pertama dan setiap 144 meter atau 35 detik dikenakan 100 Won. Kemudian untuk  taksi ekslusif adalah 5.000 Won untuk 3 kilometer pertama dan setiap 164 meter atau 39 detik dikenakan biaya tambahan 200 Won. Selain taksi biasa dan taksi eksklusif ada juga taksi jumbo, taksi jumbo di Korea diperuntukan untuk penumpang yang berjumlah besar, taksi jumbo sendiri biasanya menggunakan mobil jenis van.

 

  1. Kereta

Ada banyak jenis kereta yang beroperasi di Korea. Salah satu yang paling terkenal pastinya Kereta Bawah Tanah atau 지하철 (jihacheol). Kereta bawah tanah Korea beroperasi di 6 kota besar yaitu Seoul, Busan, Daegu, Inchon, Gwangju, dan Daejeon. Biaya pokok untuk menaiki kereta bawah tanah ini yaitu 1.250 Won dengan biaya tambahan dalam jarang 10-40 kilometer, per 5 kilometernya 100 Won dan dalam jarak lebih dari 40 kilometer per 100 kilometernya 100 won. Sementara itu, untuk kereta antar kota, ada beberapa kereta jarak jauh yang beroperasi, yaitu KTX atau Korean Train Espress, ITX-Saemaeul, Mugunghwa, dan Super Rapid Train atau SRT.

KTX ini merupakan kereta paling cepat yang ada di Korea, menghubungkan Seoul dan Busan yang dulunya memerlukan waktu tempu 5 jam, kini hanya 3 jam saja. ITX-Saemaeul merupakan kerta yang cukup cepat, beroperasi menghubungkan tiga wilayah di Korea yaitu Gyeongbu, Honam, dan Gyeongjeon. Mugunghwa adalah sarana transportasi kereta paling tua di Korea, berdiri sejak tahun 1960 dan merupakan kereta yang lebih sering berhenti di stasiun-stasiun kecil.  Lalu yang terakhir adalah SRT, yang beroperasi melalui jalur khusus Gyeongbu dan Honam dari Stasiun Suseo.

 

  1. Kapal Ferry

Meskipun Korea (khususnya Korea Selatan) memiliki wilayah darat yang lebih besar daripada lautnya, akan tetapi transportasi laut dari negara ini sangatlah lengkap . Apabila kalian ingin traveling dari Korea menuju negara-negara terdekatnya, kalian bisa pergi ke Tiongkok, Jepang, dan Rusia melalui jalur laut menggunakan kapal Ferry. Jika kalian ingin ke Tiongkok, kalian bisa pergi ke dua pelabuhan di Korea, yaitu Incheon Port International Passenger Terminal dan Pyeongtaek International Ferry Terminal. Jika kalian ingin ke Jepang, kalian bisa pergi ke dua pelabuhan juga, yaitu Busan Port International Passenger Terminal dan Donghae Port International Passengger Terminal. Lalu yang terakhir, jika kalian ingin pergi ke Rusia dari Korea, kalian juga bisa pergi ke sana melalui Donghae Port International Passengger Terminal.

 

  1. Pesawat

Ada 15 bandar udara utama yang beroperasi di Korea dengan Incheon Airport sebagai bandar udara terbesar dan termegah di Korea juga di dunia. Kalian bisa meraih kota-kota besar di Korea menggunakan pesawat hingga ke Pulau Jeju.

 

(Pictures taken from Visit Korea Website)

 

KOREAN FIRST © 2018