KOREAN FIRST

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

Upah Kerja Minimum (UMR) di Korea Naik 16,4% pada Tahun 2018

Kabar gembira datang dari Kementrian Ketenagakarjaan di Korea. Setelah melalui rapat panjang dengan berbagai pihak, pemerintah Korea pun memutuskan untuk menaikan upah minimun per jam pada tahun 2018 sebanyak 16,4%. Kenaikan ini disambut baik oleh segala kalangan pekerja di Korea dan merupakan kenaikan yang sangat signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.

Kenapa hal ini sangat signifikan? Menilik dari kenaikan-kenaikan upah sebelumnya yang hanya berhenti pada angka 7-8 persen pertahunnya, kenaikan  pada tahun ini ternyata dua kali lipat lebih tinggi.

Pada tahun 2017, kenaikan upah hanya 7,3 persen dari 6.030 Won perjam menjadi 6.470 Won perjam. Namun pada tahun 2018 nanti, upah akan naik sampai 16.4% persen menjadi 7.530 Won perjam.

Kenaikan menjadi 7.530 Won perjam ini melalui penghitungan suara yang sengit dari 27 juri yang ada dipersidangan. Ada 12 orang yang memberi suara kenaikan upah hanya sampai 7.300 Won saja perjamnya, akan tetapi usul itu ditolak mentah-mentah karena 15 orang memberi suara bahwa sebaiknya upah dinaikan hingga 7.530 Won.

Kenaikan yang sangat signifikan ini tentu tak lepas dari perjuangan kaum buruh serta ormas pekerja di Korea yang merasa bahwa kenaikan gaji mereka sangatlah tidak adil dan harus ditingkatkan kembali. Negara Korea yang demokratis dan sangat mementingkan kesejahteraan rakyatnya pun tentu tak mungkin tinggal diam saja.

Lalu, apa dampak dari kenaikan upah ini bagi tenaga kerja asing? Tentu saja hal ini sangat berpengaruh karena pemberian upah atau gaji di Korea tidak membedakan tenaga kerja asing atau lokal. Tenaga kerja asing yang bekerja di Korea akan diberikan gaji yang sama seperti pekerja Korea sendiri. Hal ini tentu merupakan salah satu daya tarik tersendiri untuk para calon TKI Indonesia yang bekerja di negeri Ginseng ini.

Selain angka kekerasan terhadap pekerja di Korea jauh lebih rendah dibandingkan negara lainnya. Perlakukan serta perlindungan tenaga kerja asing di Korea sangatlah baik sehingga bekerja di Korea menjadi salah satu dari sekian banyak mimpi masyarakat Indonesia yang ingin mencari peruntungan nasib.

 

Baca juga:

Pemerintah Kota Seoul akan Mengadakan Job Fair Bagi Warga Asing

Di Bawah Kepemimpinan Presiden Moon, Korea Semakin Memperhatikan Nasib Pekerja Perempuan

Pemerintah Korea Berjanji Untuk Membuka 810.000 Lapangan Kerja Umum

9 Alasan Mengapa Kamu Harus Bekerja di Korea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KOREAN FIRST © 2018