Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

Wow! Ini Loh 5 Universitas Khusus Wanita Paling TOP di Korea!

 

Sempat menyabet gelar sebagai negara yang memiliki indeks pendidikan paling tinggi di dunia pada tahun 2014, sudah bukan suatu hal yang aneh apabila masyarakat Korea begitu mengutamakan pendidikan generasi muda mereka dengan membangun sebanyak mungkin fasilitas dan perangkat pendidikan. Hal ini pun tentu termasuk juga dengan pendidikan bagi para wanitanya.

Korea salah satu negara di Asia bahkan di dunia yang sangat fokus mengembangkan pendidikan bagi perempuan-perempuan di negara mereka adalah Korea. Hal ini terlihat dari jumlah perguruan tinggi khusus untuk perempuan yang lebih banyak dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Asia. Hal ini tentu merupakan sebuah dobrakan baru yang menentang budaya Asia yang didominasi oleh budaya patriarki.

Lulusan-lulusan dari universitas-universitas ini pun banyak yang berperan aktif dalam membangun negeri serta bangsa Korea, serta memberdayakan sesama perempuan yang sering kali tertindas oleh masyarakat. Nah, agar kalian tidak penasaran! Yuk, kita semakin mengenali universitas-universitas ini lebih dalam, siapa tahu kalian bisa menjadi salah satu dari murid yang belajar di universitas-universitas ini.

 

  1. Ewha Womans University (이화여자대학교)

Setiap kali mendengar kata “Ewha” atau “i-dae” (이대), semua orang pasti langsung merujuk pada kata “feminis” dan “perempuan kuat”. Hal ini tentu bukan tanpa alasan karena para wanita lulusan Ehwa Womans University memang sangat terkenal keras dalam memperjuangan hak-hak mereka sebagai wanita. Sekarang ini, Ewha Womans University merupakan institusi pendidikan paling besar di dunia yang dikhususkan bagi para wanita. Selain itu, Ewha sendiri merupakan satu-satunya universitas wanita di Korea yang mampu menyaingi universitas-universitas co-ed (universitas campuran) ternama di Korea dari segi pengembangan pendidikan, fasilitas, pengajar, dan lain-lain.

Universitas swasta yang memliki moto “Knowledge, Goodness, Beauty” ini dibangun pada tahun 1886 oleh seorang misionaris Kristen Amerika yaitu Mary F. Scranton.  Arti nama Ewha sendiri adalah “Pear Blossoms” yang diberikan oleh Raja Gojong pada waktu itu karena kampus Ehwa sendiri dipenuhi dengan pohon-pohon bunga “pear blossoms” yang masih memiliki kemiripan dengan bunga sakura.

Lulusan-lulusan Ewha banyak sekali berkarya di berbagai bidang, dimulai dari bidang politik, bisnis, ilmu pengetahuan, olahraga, jurnilisme, hingga para aktris seperti Kim Hye-ja, Claudia Kim, dan lain-lain. Kim Seo-yeon yang merupakan Miss Korea 2014 pun merupakan salah satu lulusan Ewha yang paling terkenal.

 

Lokasi kampus   : Seodaemun, Seoul

Website               : http://www.ewha.ac.kr/

 

  1. Sookmyung Woman University (숙명여자대학교)

Sookmyung Woman University merupakan salah satu universitas perempuan tertua di Korea yang disponsori langsung oleh Ratu Sunheon pada tahun 1906. Universitas ini pun memiliki maskot yang unik sekali  yaitu bernama Nunsong-i atau Snowflake, sesuai dengan logo kampusnya yang juga mirip dengan kepingan salju yang sangat cantik.

Hal yang paling menonjol dari universitas swasta yang memiliki moto modesty, wisdom, dan justice ini adalah mereka merupakan universitas perempuan pertama di Korea yang memiliki program Reserve Officers Trainning Corps atau akademi kepolisian khusus perempuan pertama di Korea pada tahun 2009.  Selain itu, Sookmyung Woman University juga memiliki rangking tertinggi untuk program ROTC bagi perempuan pada tahun 2012 dalam latihan militer bersama.

Selain itu, Sookmyung Hospitality Bussiness School pun telah diakui kualitasnya oleh Kementrian Pendidikan dan Teknologi Korea sejak tahun 2007. Selain itu, Sookmyung Womens Unversity juga menerbitkan kumpulan jurnal yang berjudul “Asian Women”. Jurnal ini membahas tentang isu gender yang dihadapi oleh perempuan-perempuan Asia yang cukup berdampak pada masyarakat Korea pun dunia.

 

Lokasi kampus   : Yongsan, Seoul

Website               : http://sookmyung.ac.kr/

 

  1. Dongduk Women’s University ( 동덕여자대학교)

Universitas yang biasanya disingkat dengan sebutan DWU ini merupakan universitas khusus wanita yang didirikan oleh aktivis perempuan Korea yang bernama Cho Dong-Shik pada tahun 1950.  DWU memiliki fokus yang sangat baik pada bisa sosial humaniora dan seni, sehingga banyak sekali entertainer perempuan Korea yang memilih untuk melanjutkan pendidikan di sini. Contohnya saja sepert Bang Minah (Girl’s Day), Ah Young (Dal Shabet),  Kim Yura (Girl’s Day), Jo Eun-ae (Sonamoo), dan masih banyak lagi idol-idol perempuan yang belajar di unversitas ini.

Selain itu, DWU pun sekarang ini telah mengantongi banyak sekali kerjasama di berbagai universitas yang ada di 19 negara dan terus meningkatkan kualitas pendidikan mereka.

 

Lokasi                    : Seongbuk-gu, Seoul

Website               : http://www.dongduk.ac.kr/

 

  1. Sungshin Women’s University (성신여자대학교)

Setelah tadi universitas-universitas wanita di Korea didirikan oleh misionaris, ratu, serta aktivis perempuan, kali ini Sungshin Women’s University merupakan universitas khusus perempuan yang didirikan oleh seorang dokter, yaitu dokter Lee Sook-chong pada tahun 1936. Universitas ini merupakan universitas ternama dibidang pendidikan guru di Korea Selatan selama dua dekade dari tahun 60-an hingga tahun 70-an. Pada sekarang ini, Sungshin memiliki 13.000 mahasiswi yang tersebar di 10 fakultas dan 5 fakultas pasca sarjana. Sungshin Women’s Univesity juga merupakan universitas yang pertama kali sukses mendirikan pendidikan keperawatan di Korea Selatan.

Univesitas yang memiliki moto “Sincerity, Intelligence, Independence” ini merupakan salah satu universitas yang memiliki keketatan yang tinggi. Mahasiswi yang bisa memasuki univeristas ini merupakan pelajar yang selalur peringkat TOP 10% di kelas mereka. Kemudian, selain memiliki fasilitas-fasilitas yang bagus, Sungshin juga memiliki program-program pendidikan spesial seperti Sungshin Global Leaders Program, International Elite Training Course, Health and Welfare Specialization, dan Culture Specialization.

 

Lokasi kampus   : Seongbuk, Seoul

Website               : http://www.sungshin.ac.kr/

 

  1. Seoul Women’s University (서울여자대학교)

Seoul Women’s University merupakan universitas swasta khusus perempuan yang didirikan pada tahun 1960 serta berafiliansi pada kegiatan keagamaan dan misionaris Kristen. Univesitas yang satu ini cukup banyak membuka peluang bagi pelajar-pelajar internasional atau asing untuk melakukan pertukaran pelajar.  Beberapa program unggulan serta kerjasama dengan universitas asing pun menjadi salah satu alasan mengapa banyak perempuan-perempuan Korea yang memilih untuk berkuliah di sini.

 

Lokasi Kampus : Seoul

Website               : https://www.swu.ac.kr/

 

Nah, itu dia 5 universitas perempuan yang ada di Korea! Universitas-universitas ini memang dikhususkan bagi perempuan karena tujuan utamanya yaitu memberdayakan perempuan agar tidak terbawa arus dunia yang dikuasai oleh laki-laki dan modernitas yang sering kali menjadikan perempuan sebagai objeknya. Bagi teman-teman yang tertarik untuk melanjutkan studi ke Korea, siapa tahu di antara kalian yang tertaris masuk ke universitas-universitas ini.

Baca juga :

Ingin Berkuliah di Korea? Kenalan dulu dengan SKY: 3 Universitas Paling TOP di Korea

4 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting di Korea

4 Universitas Negeri yang Membuka Program Sarjana Bahasa Korea

Ingin Belajar Bahasa Korea? Melalui ‘Program Bahasa’ Kalian Bisa Belajar Langsung di Korea Loh!

13 Hal yang harus Kamu Ketahui Tentang Beasiswa KGSP (Korean Government Scholarship Program) S1-Undergraduate

KOREAN FIRST © 2018