10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Yang Wajib Dibeli Wisatawan

Yogyakarta begitu populer di kalangan wisatawan. Di sini semuanya tersedia, harganya pun relatif terjangkau. Mulai dari wisata kuliner hingga wisata alam, semuanya ada di Yogyakarta. Yogyakarta juga terkenal dengan Oleh-oleh khas nya loh~

Berikut 10 oleh-oleh khas Jogja yang paling banyak diincar oleh wisatawan!

1. Bakpia

Jogja sangat terkenal dengan khas Bakpia nya, Bakpia merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung terigu berisi kacang hijau dan dimasak dengan cara dipanggang. Isi bakpia sering kali yaitu, kacang hijau yang telah dicincang dan diberi rasa manis dari gula.

Saat ini, bakpia sudah mengalami banyak perkembangan. Berbagai varian rasa pun mulai diciptakan guna menarik perhatian pembeli. kamu bisa membeli bakpia dengan rasa durian, coklat, keju, kumbu hitam dan berbagai varian rasa lainnya. Ada empat nama bakpia yang selalu menjadi incaran wisatawan hingga saat ini, di antaranya Bakpia 25, Merlino, Citra Premium, dan Kurnia Sari.

2. Yangko

Yangko merupakan kue moci khas Yogyakarta. Jajanan yang terbuat dari tepung beras ketan ini memiliki tekstur yang kenyal, berisi kacang cincang dan rasanya manis legit persis kue moci. Satu kotak yangko umumnya berisi 30 buah dengan rasa yang bervariasi.

Salah satu produsen yangko yang populer di kota Yogyakarta adalah Yangko Pak Prapto. Selain di sini, kamu juga bisa menemukan yangko dengan mudah di segala penjuru kota. Harganya dibanderol sekitar Rp15 ribu per kotak.

3. Salak Pondoh

Jogja merupakan salah satu daerah dengan cuaca dan kondisi tanah yang cocok untuk  untuk budidaya buah salak pondoh, sehingga salak ini menjadi salah satu khas Yogyakarta. Salak pondoh memiliki ciri khas daging yang kering berwarna putih dan rasanya manis segar.

Tempat yang paling direkomendasikan untuk membeli salak pondoh di Jogja adalah agrowisata salak pondoh yang terletak di Kampung Gandung, Bangunkerto, Sleman. Kawasan seluas 27 hektar ini memiliki perkebunan salak dilengkapi dengan taman bermain anak, kolam renang dan juga kolam pancing.

4. Batik

Batik selalu masuk dalam daftar oleh-oleh yang wajib dibeli oleh wisatawan yang datang ke kota ini. Sekarang Batik tak hanya berupa kain dan pakaian. Kreatifitas warga Yogyakarta menjadikan batik dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, sebut saja tas, syal dan sandal.

Tempat yang bisa kamu kunjungi untuk berburu batik tentu saja kawasan Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo. Selain dua tempat populer ini, kamu juga bisa mengunjungi Desa Karebet yang merupakan desa wisata penghasil kerajinan batik.

5. Cokelat Monggo

Di Yogyakarta, kamu bisa menikmati coklat Yogyakarta dengan cita rasa Belgia, namanya Coklat Monggo. Coklat Monggo diolah dari biji coklat pilihan yang didapat dari Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Pemilik Coklat Monggo ini merupakan pria berkebangsaan Belgia, sehingga ia tahu benar bagaimana cara meracik coklat yang tepat dan menghasilkan rasa yang nikmat khas coklat di negerinya.

Kamu bisa datang ke Jalan Dalem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta. Di sini, selain membeli coklat kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatan coklat dari dapurnya yang hanya disekat dinding kaca.

6. Gudeg

Gudeg sebenarnya ada dua jenis, gudeg basah dan gudeg kering. Untuk dibawa pulang ke kota asal, tentunya gudeg kering lebih cocok. Gudeg kering tak banyak berbeda dari gudeg basah, hanya saja proses memasaknya membutuhkan waktu yang lebih lama dan rasanya yang cenderung lebih manis dari gudeg basah. Gudeg kering bisa bertahan sampai 3 hari, untuk penyimpanan lebih baik diletakkan di lemari es.

Salah satu tempat yang menjual gudeg jenis ini adalah Gudeg Yu Djum yang terletak di Jalan Kaliurang 5, Yogyakarta.

7. Geplak

Geplak terbuat dari daging kelapa yang diiris tipis dan dimasak dengan campuaran gula. Saat ini, geplak telah dimodifikasi sehingga tersedia dalam berbagai varian rasa dan warna cerah menggoda.

Geplak identik dengan rasanya yang sangat manis, bahkan jika kamu meminum teh manis setelah menyantap geplak, teh yang kamu minum akan terasa tawar. Geplak memiliki banyak varian, seperti nangka, durian, cokelat, dan vanila.

8. Kerajinan Perak

Kerajinan perak menjadi jenis oleh-oleh khas Jogja lainnya yang wajib Anda beli. Untuk mendapatkan kerajinan perak ini, silakan datang ke Kotagede, berjarak 5 km dari pusat kota Yogyakarta, yang dikenal sebagai sentra penghasil kerajinan perak sejak zaman Kerajaan Mataram.

9. Jogja Scrummy

Yogyakarta pun tak ketinggalan dengan tren kue kekinian para artis Indonesia. Salah satunya Jogja Scrummy yang memiliki empat cabang, salah satunya di Jalan Brigjen Katamso Nomor 198. Kue besutan Dude Harlino ini memadukan brownis kukus dan puff pastry.

Harga Jogja Scrummy dibanderol sekitar Rp45 ribuan. Beberapa pilihan rasa yang bisa kamu pilih antara lain taro, cokelat, keju, srikaya, mangga, karamel, kue kacang wortel, dan sebagainya.

10. Kaos Dagadu

Satu lagi yang wajib kamu bawa pulang dari Yogyakarta adalah kaos Dagadu. Kaos ini identik dengan plesetan lucu khas Yogyakarta yang dijamin sangat unik dan beda dari yang lain.

Kamu bisa menemukan kaos ini di Mal Malioboro, Ambarukmo Plaza dan di daerah Pakuningratan yang merupakan lokasi pabriknya berada.


Mau Belajar Bahasa Korea Dengan Flexible?

Yuk Gabung KURSUS ONLINE BAHASA KOREA di KOREAN FIRST

Konsultasi dan Pertanyaan seputar Kursus Online

Hubungi admin: 087719424203