Home Budaya Korea Budaya Makan Orang Korea

Budaya Makan Orang Korea

budaya makan orang Korea

Budaya makan orang Korea Selatan

Setiap negara memiliki kebiasaan makan yang berbeda. Lalu bagaimana dengan kebiasaan makan di Korea Selatan? Berikut ini adalah budaya makan orang Korea Selatan yang perlu kamu tahu. 

1. Budaya Mendahulukan orang yang lebih tua

Korea Selatan sangat menjunjung tinggi nilai kesopanan. Oleh karena itu, saat makan bersama orang yang lebih tua atau senior kamu wajib mendahulukan mereka untuk makan terlebih dahulu.

2. Sebelum makan wajib mengucapkan “saya akan makan dengan baik”

Setelah mereka makan sekarang giliran kamu untuk makan. Tapi sebelum makan kamu wajib mengucapkan 잘먹겠습니다 (Jalmeokgesseumnida)  yang artinya “saya akan makan dengan baik” atau berarti “selamat makan”. Kata-kata ini perlu diucapkan karena sebagai bentuk rasa terima kasih dan untuk menghargai orang yang telah memasak hidangan tersebut.

3. Budaya Tidak boleh mengangkat piring saat makan

Berbeda dengan Jepang dan Cina yang memperbolehkan makan dengan mengangkat piring, di Korea Selatan hal seperti itu sangat dilarang karena dianggap tidak sopan. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan sendok saat ingin mengambil kuah dilauk.

4. Budaya Tidak boleh mengeluarkan ingus saat makan

Saat hidung berair karena memakan makanan yang pedas tentu akan sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Tapi perlu diketahui bahwa mengeluarkan ingus saat sedang makan adalah hal yang sangat dilarang di Korea, apalagi jika sedang makan dengan orang yang lebih tua. Meski memakai tisu sekalipun hal tersebut tetap tidak sopan. Jika kamu ingin membuang ingus lebih baik meminta ijin sebentar untuk pergi ke toilet.

5. Budaya Tidak boleh meletakkan sumpit di atas nasi dengan posisi berdiri

Setelah selesai makan, jangan sembarangan meletakan sumpit. Letakanlah sumpit ditempat yang tersedia atau di samping mangkuk. Jangan pernah meletakan sumpit dengan posisi vertikal (berdiri) di atas nasi karena dianggap dapat mendatangkan nasib buruk. Selain itu, meletakkan sumpit dengan posisi berdiri juga merupakan hal yang sangat tidak sopan karena menyerupai upacara pemakaman.

6. Selesai makan jangan lupa mengucapkan “terima kasih”

Setelah selesai menyantap makanannya kamu wajib mengucapkan 먹었습니다 (jalmeogosseumnida) yang artinya “saya sudah makan dengan baik” atau berarti “terima kasih”.

Nah itu dia 6 budaya makan orang Korea yang perlu kamu ketahui. Jika kamu memiliki rencana pergi ke Korea sebaiknya pelajari dulu 6 poin penting di atas, agar nantinya saat makan kamu sudah mengetahui hal-hal yang harus kamu lakukan.

Baca juga:

[Info Kursus Bahasa Korea]

Ingin belajar bahasa Korea? Ikuti kursus online bahasa Korea bersama Korean First. Yuk gabung di kelas online kami. Lihat kelasnya di sini:

kursus bahasa koreaLihat juga kelas online bahasa Inggris di sini.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here