Negara Korea Selatan belakangan ini telah menjadi madu bagi para tenaga kerja asal Indonesia untuk mendulang rejeki. Kebanyakan akan tergiur dengan gaji yang cukup besar dan iklim pekerja yang juga kondusif. Pemerintah Indonesia telah terbukti mampu dan siap mengirimkan tenaga kerja yang baik ke negara tersebut. Di lansir dari laman website resmi BNP2TKI, pemerintah Indonesia telah mengirimkan 41 Kloter tenaga kerja ke Negeri Ginseng tersebut. 25 Juni 2019.

Para tenaga kerja tersebut dilepas oleh pemerintah dalam acara resmi yang berlangsung di Aula KITCC Ciracas, Jakarta Timur. Kurang lebih ada sekitar 200 tenga kerja atau PMI (Pekerja Migran Indonesia) lulusan program Government to Government (G to G) yang diberangkatkan pada setiap kloternya oleh BNP2TKI. Dengan visi BNP2TKI yang ingin mewujudkan tenaga kerja yang Profesional, Bermartabat, dan Sejahtera. Pemerintah Indonesia mendorong masyarakatnya untuk memiliki mimpi yang besar untuk menjadi sukses di segala bidang, khususnya di bidang ketenagakerjaan.

Pendapat Anjar Prihantoro Budi Winarso

Menurut Deputi Perlindungan, Anjar Prihantoro Budi Winarso, dalam pelepasan 212 orang PMI kloter ke-41 lalu. Para PMI yang diberangkatkan pada kloter itu berasal dari 8 provinsi. Kedelapan provinsi tersebut antara lain adalah Jawa Tengah (103 orang), Jawa Timur (71 orang), Jawa Barat (32 orang), lalu dari provinsi Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Yogyakarta, dan Kalimantan Barat masing-masing satu orang. Meskipun didominasi oleh tenaga kerja yang berasal dari pulau Jawa, sesungguhnya program ini juga didorong bagi seluruh masyarakat Indonesia yang menginginkan kesempatan lebih baik sebagai seorang PMI. Latar belakang pendidikan dari para PMI tersebut juga beragam. Mulai dari lulusan SMP hingga Sarjana S1, sehingga kesempatan untuk berangkat ke Korea Selatan sangatlah terbuka lebar.

Anjar berharap, sepulangnya para PMI ini dari Korea Selatan, mereka dapat mewujudkan cita-cita serta melakukan inovasi sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Lalu sekembalinya dari perantauan, mereka pun telah mampu memodifikasi ilmu dan pengalaman selama bekerja di Negeri Ginseng tersebut agar dapat membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi.

 

(sumber: BNP2TKI)


Ingin Kursus Online Bahasa Korea? Ikuti Kelasnya Sekarang. Gabung Bersama Korean First!

 

 

Leave a Comment