belajar di rumah

Tips Mudah Belajar Bahasa Korea di Rumah

       Fenomena Korean Wave tidak hanya berhasil membuat budaya pop Korea Selatan menjamur di seluruh dunia, ia juga turut mempengaruhi minat penggemarnya untuk mendalami Bahasa Korea. Metode dan sarana belajar Bahasa Korea juga sangat beragam dan bisa dipilih sesuai kemampuan.

kursus bahasa korea online gratis

       Untuk kamu yang ingin belajar Bahasa Korea dengan cara mudah, kamu bisa coba melakukannya secara otodidak di rumah melalui beberapa tips berikut ini!

1. Mempelajari Aksara Hangeul

       Jika ini adalah kali pertama belajar Bahasa Korea, kamu bisa mulai dengan mempelajari hangeul, aksara yang digunakan dalam Bahasa Korea. Mempelajari huruf hangeul adalah perkara wajib jika ingin menguasai Bahasa Korea.

       Tulislah semua alfabet itu dengan gaya kamu sendiri di sebuah kertas, lalu cobalah untuk mengahapal semuanya. Selanjutnya kamu bisa belajar menulis nama-nama orang atau benda di sekitar kamu. Setelah kamu mahir membaca dan menulis dalam huruf hangeul, kamu tidak akan kesulitan untuk mempelajari kosakata dan struktur kalimat Bahasa Korea.

2. Melatih Cara Pengucapan Melalui Lirik Lagu atau Dialog Film

       Saat pertama kali belajar bahasa baru, cara pengucapan setiap huruf dan frasa hanya berdasarkan dengan apa yang kita pejari. Nah, supaya aksen kita semakin baik, kamu bisa melatih cara pengucapan melalui lirik lagu atau dialog film, agar aksen kamu terdengar seperti penutur aslinya!

       Caranya sederhana; sambil mendengarkan lagu atau menonton film Korea, cobalah untuk mengulang lirik-lirik atau dialog yang kamu dengar sampai kamu bisa menangkapnya dengan baik. Kemudian ucapkan lirik tersebut sebagaimana si penutur mengucapkannya.

kursus bahasa korea murah

       Dengan melakukan latihan ini secara berkelanjutan, lama kelamaan kamu akan mampu menghapal cara baca aksara Korea dengan baik dan benar!

3. Mempelajari Tata Bahasa

       Bahasa Korea memiliki struktur kalimat yang sangat sangat berbeda dengan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Kita perlu memberikan perhatian lebih untuk dapat membedakan mana yang kata sifat, kata kerja, atau kata benda.

       Bahasa Korea memiliki berbagai macam partikel berbeda yang penggunaannya harus diterapkan dengan berbagai pola tata bahasa yang berbeda pula. Jadi, sebelum kita belajar merangkai kalimat dalam Bahasa Korea, pelajari dulu tata bahasanya.

4. Belajar Menyusun Kalimat

Banner info kursus korea

       Setelah menghapal semua aksara hangeul, membaca dan melafalkannya dengan baik dan benar, kemudian mempelajari aturan tata bahasanya, selanjutnya kamu bisa mulai belajar menyusun kalimat dalam Bahasa Korea.

       Mungkin tahap ini adalah yang tersulit untuk kamu lalui. Tapi, seperti kata mereka yang sudah mahir menuturkan Bahasa Korea, kesulitan ini hanya terjadi di awal. Setelah kita cukup terbiasa, yang lainnya akan menjadi jauh lebih mudah.

5. Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa Korea

       Saat ini sudah banyak aplikasi gratis yang menawarkan beragam metode dan cara untuk belajar bahasa asing, termasuk aplikasi untuk belajar Bahasa Korea.

       Beberapa aplikasi yang banyak direkomendasikan adalah; Korean First, Memrise, Duolingo, atau Learning Korean. Manfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut untuk menguji seberapa jauh pemahamanmu tentang Bahasa Korea yang sedang dipelajari.

6. Mengikuti Kursus Online Bahasa Korea

kursus bahasa korea terbaik

       Kalau kamu ingin belajar Bahasa Korea lebih jauh tanpa harus repot-repot datang ke tempat kursus, kamu bisa coba mengikuti les Bahasa Korea online. Semua kegiatan pembelajaran akan diselenggarakan secara online dengan jadwal yang fleksibel.

       Kamu akan dibimbing langsung oleh tutor profesional dengan kurikulum berstandar Korea. Semua modul materi yang akan kamu dapatkan sudah dikemas dalam berbagai format digital seperti ebook, audio file, dsb. Kamu bisa akses semua konten pembelajaran tersebut melalui PC atau gadget secara berulang-ulang. Mau tahu info selengkapnya? Cek disini!

One Comment

  • Thankyuu ka tipsnya~

Leave a Reply

Your email address will not be published.