February 16, 2019

Selamat Datang di Korean First

4 Universitas Negeri yang Membuka Program Sarjana Bahasa Korea

Semakin tumbuh dan berkembangnya kerjasama antara Indonesia dan Korea melalui pertukaran budaya, bahasa, teknologi, dan perdagangan, maka semakin banyaklah tenaga-tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menjadi media antara kedua negara tersebut. Salah satu cara menjadi media tersebut adalah dengan mempelajari bahasa masing-masing negara.

Di Indonesia ini, meningginya potensi kerja di bidang bahasa menjadi sorotan penting masyarakat serta kaum muda Indonesia. Perkara bahasa mana yang menarik minat banyak orang? Hallyu Wave dan serangan budaya Korea yang mempengaruhi para penggemarnya di Indonesia pun menjadi salah satu daya tarik yang luar biasa. Maka, banyak sekali yang berharap bisa mempelajari bahasa Korea secara resmi dan mendapat sarjana strata-1 agar kemantapan mempelajari bahasa Korea sangat mumpuni dan baik.

Nah, bagi sobat Korean First yang sekarang masih duduk di bangku kuliah dan berharap untuk kuliah S-1 di jurusan bahasa Korea? Berikut empat unversitas negeri Indonesia yang telah membuka program studi S-1 bagi jurusan Bahasa Korea.

  1. Universits Gadjah Mada (UGM)

A post shared by Himahara UGM (@himaharaugm) on


UGM merupakan unversitas mula-mula yang membuka program studi bahasa Korea di Indonesia. Dimulai dengan membuka program studi D-3 Bahasa Korea, Sekolah Vokasi pada tahun 2004 lalu, kemudian dibukalah program studi S-1 Bahasa Korea pada 2008. UGM telah menancapkan pengalaman serta kerjasama yang luas dengan universitas-universitas di Korea dengan membangun program studi ini selama lebih dari 10 tahun.

Di UGM sendiri, ada dua program studi bahasa Korea yang dibuka, yaitu D-3 Bahasa Korea yang masa belajarnya selama tiga tahun dan berfokus pada praktik berbahasa Korea. Program studi ini berada di bawah naungan Sekolah Vokasi UGM; lalu yang kedua adalah S-1 Bahasa Korea yang masa belajarnya selama empat tahun dan bergokus pada bidang keilmuan bahasa serta penggunaannya dalam pengembangan ilmu penetahuan.

Akreditasi program studi S-1 Bahasa Korea di UGM adalah B dan merupakan yang terbaik di Indonesia dibandingkan universitas lainnya dan baru-baru ini prodi ini juga pindah lokasi ke bangunan baru yang super keren loh. Untik info lebih jelasnya, silakan kunjungi langsung website berikut: http://korea.fib.ugm.ac.id/

 

  1. Universitas Indonesia (UI)

A post shared by Johan Rio Pamungkas (@johanrio) on


Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Korea UI adalah salah satu program studi yang memberikan pendidikan bahasa Korea Strata-1 di Indonesia yang cukup terkenal. Hal terbaik yang bisa kalian dapatkan jikalau mampu bergabung dengan program studi ini adalah kalian bisa melakukan proyek-proyek budaya Korea yang keren serta event yang cukup banyak peminatnya. Lokasinya yang berada di ibukota memudahkan sponsorship dan penggemar Korea untuk datang mengunjungi.

Selain itu, tujuan dari program studi ini adalah menghasilkan lulusan yang mampu berkomunikasi dalam bahasa dengan baik dan mampu menganalisis konsep teoritis dalam bidangbahasa, sastra, dan budaya Korea sehingga mampu menerapkannya di berbagai alternatif pemecahan masalah dalam ilmu pengetahuan dan masyarakat secara bertanggung jawab.

Akreditasi dari jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI kebetulan masih C, namun meskipun begitu Akreditasi universitas yang A masih menjadi tolak ukur pertama yang dilihat. Untuk lebih jelasnya, silakan kalian kunjungi website tersebut: http://www.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler/fakultas-ilmu-pengetahuan-budaya/s1-bahasa-dan-kebudayaan-korea.html

 

  1. Unverstas Pendidikan Indonesia (UPI)


Perintisan program studi Bahasa Korea di UPI tumbuh pada tahun 2007 dengan dibukanya kursus bahasa Korea di Balai Bahasa UPI. Kegiatan kursus ini masih berlangsung hingga sekarang dan masyarakat yang ingin belajar pun dapat bergabung di sana. Namun, karena semakin meningkatnya permintaan serta minat masyarakat, dilaksanakanlah studi kelayakan untuk meninjau seberapa besar masyarakat yang ingin masuk ke jurusan tersebut. Akhirnya, pada tahun 2015 lalu, untuk pertama kalinya dibukalah prodi bahasa Korea S-1 yang bekerja sama dengan pihak-pihak dari kedubes Korea. Jurusan ini masih belum terakreditasi karena baru dibuka dan belum ada lulusan yang dihasilkan, akan tetapi mengingat sejarah panjang UPI dalam melahirkan pendidik-pendidik bangsa serta prospek kerja jurusan ini yang bagus. Tentu bisa kita menilai sendiri bagaimana ‘bukan?

Website: http://korea.upi.edu/

 

  1. Universitas Nasional (Unas)


Setelah sebelumnya hanya membuka program studi D-3 bagi jurusan Bahasa Korea, sejak Oktober 2016 lalu, akhirnya telah dibuka pendaftaran bagi S-1 Bahasa Korea di universitas ini. Tahun ajaran angkatan pertama untuk jurusan ini telah dibuka untuk angkatan 2017/2018 dan sekarang tengah menempuh pendidikan perdana mereka. Hal ini memang begitu didamba-dambakan oleh universitas ini karena memberikan pendidikan terbaik bagi generasi muda merupakan cita-cita luhir universitas ini. Meskipun sama seperti UPI, jurusan ini baru saja dibuka dan belum terakreditasi, namun apabila melihat prospek kerjanya ke depan, kita pasti dapat memastikan bahwa perkembangan jurusan ini akan semakin meningkat.

Website : http://www.unas.ac.id/pengumuman/s1-sastra-korea-universitas-nasional/

 

Nah, bagaimana sobat Korean First semua? Sudah siap jadi maba jurusan bahsa Korea baru tahun 2018 nanti? Semangat mengejar mimpi ya!

Related posts