KOREAN FIRST

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

Tag: Budaya Korea

Empat Turis Asal Indonesia Salat Maghrib di Stasiun Hoehyeon Jadi Perbincangan Hangat, Inikah Saatnya Korea Selatan Berubah?

  Kesulitan mencari tempat untuk menunaikan ibada salat lima waktu merupakan tantangan tersendiri bagi para wisatawan muslim. Tidak semua tempat umum dan lokasi destinasi wisata menyediakan tempat khusus untuk beribadah atau pun musola bagi turis muslim, termasuk Korea Selatan. Di Korea Selatan, meskipun di beberapa pusat perbelanjaan seperti di Lotte World telah menyediakan tempat khusus […]

Fashion Tren Paling “Amazing” Ketika Musim Dingin di Korea, Rok Mini?!

  Sebagai masyarakat Indonesia yang tinggal di negara tropis dan nyaris tak pernah merasakan dingin yang super duper dingin, rok mini mungkin bisa digunakan kapan saja dan dalam musim apa pun karena sesuai dengan cuaca di Indonesia. Sementara itu, rok mini mungkin fashion item yang paling disukai di Indonesia karena Indonesia merupakan negara yang cukup […]

Para Pemirsa Korea Merasa “Tidak Nyaman” dengan Gaya Hidup Selebriti Korea di TV, Kok Bisa Ya?

Akhir-akhir ini, telah banyak sekal program televisi dan reality show yang cenderung menunjukkan serta mengungkapkan kehidupan sehari-hari para selebriti di Korea. Hal ini karena acara-acara seperti ini merupakan acara yang mengambil bagian yang cukup besar dari tayangan televisi di Korea. Namun, bukannya menghibur dan menarik bagi para penonton televisi di Korea, pemirsa Korea justru mengungkapkan […]

Kenapa Ya Budaya Korea Selatan itu Sangat Materialistis?

  Kalian sadari atau tidak, pasti kalian tahu bahwa orang-orang Korea menyukai barang-barang branded, entah itu dilihat dari para idola K-Pop yang selalu berdandan sangat fancy mau pun orang Korea biasa yang sangat memperhatikan penampilan dan barang-barang yang mereka gunakan sehari-hari. Di Korea Selatan, sebuah objek atau benda-benda duniawi mendefinisikan identitas seseorang. Ini merupakan budaya […]

Kenapa Sih Sistem Perhitungan Umur di Korea Selatan itu Ribet Banget!?

Semua orang tahu bahwa usia meruakan hal yang penting di Korea. Bahkan jika kalian hanya berusia beberapa bulan lebih muda saja, orang Korea pasti mengharapkan kalian untuk berbicara dengan sopan dan hormat sebelum kalian bisa kenal lebih dekat dengan mereka. Di dalam bahasa Korea pun ada yang namanya tingkat tutur, yaitu tingkatan bahasa dari yang […]

Survei Menunjukkan Bahwa Masyarakat Korea adalah Xenophobia Garis Keras, Kok Bisa?

Xenophobia adalah ketidaksukaan atau ketakutan terhadap orang-orang dari negara lain, atau yang dianggap asing (Wikipedia). Istilah ini sepertinya cocok untuk menggambarkan kondisi masyarakat Korea berdasarkan survei yang dilakukan oleh Overseas Koreans Foundations tentang pendapat mereka dengan banyaknya warga negara asing yang kini bekerja dan menetap di Korea. Nyaris 61 persen warga negara Korea Selatan menyatakan […]

Luar Biasa! Barbershop Tertua di Korea ini Tidak Pernah Mengganti Alat Cukur Sejak Tahun 1950-an!

  Nama barbershop tertua di Korea itu adalah Seongwoo Barbershop (Seongwoo Iyongwon – 성우 이용원). Barbershop yang berdiri pada tahun 1927 ketika masa penjajahan Jepang atas Korea ini  sampai sekarang masih beroperasi dan menerima cukup banyak pelanggan yang datang dari seluruh penjuru Korea. Lee Nam-yeol (68) adalah pemilik generasi ketiga dari barbershop ini juga tukang […]

Berhati-hatilah! Ini 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Melayat Jenazah di Korea

Upacara pemakaman di setiap belahan negara memang berbeda tergantung budaya serta agama yang dianut oleh masing-masing orang. Bahkan orang-orang yang tinggal di daerah-daerah pinggiran Kota serta mereka yang tinggal di kota pun memiliki cara pemakaman yang berbeda. Di Korea sendiri, pemakaman jenazah orang yang sudah meninggal memiliki caranya yang sangat unik dengan perpaduan budaya Barat […]

Tahu Gak Sih? Putri Terakhir Kerajaan Korea Ternyata Bukan Orang Korea, Loh!

  Berita duka terdengar dari ujung belahan dunia lain dan menyelimuti media Korea. Julia Mullock, mantan istri Yi Gu—pangeran terakhir Kekaisaran Korea—dikabarkan telah mengembuskan napas terakhirnya pada bulan lalu, tepatnya pada tanggal 26 November di usianya yang ke-94 tahun. Julia menghabiskan sisa hidupnya di sebuah panti jombo yang berada di Hawaii, Amerika Serikat. Maka, dengan […]

Hati-hati Jika Ingin Pijat di Korea, Kalian Bisa Melanggar Hukum Loh!

  Setelah hari-hari yang panjang dan melelahkan pasti ada saat di mana kita ingin menikmati waktu untuk releks dan bersantai. Salah satu caranya adalah pergi ke panti pijat atau memanggil tukang pijat ke rumah untuk membantu kita merenggangkan otot-otot yang tegang akibat akivitas melelahkan sepanjang minggu. Nah, namun ada satu hal yang harus kalian ingat […]

소개팅 – Sogae-ting: Kencan Buta Masih Sangat Populer di Korea

Perkara jodoh memang di tangan Tuhan. Kalau ketemu ya syukur, kalau enggak ya… mau gimana lagi? Usaha dong ya! Hehehe. Nah, emang masalah jodoh ini sensitif banget untuk di bahas. Kadang kita malu mengakui kalau kita masih jomblo dan belum punya calon pasangan hidup. Di Indonesia, kalau minta dijodohin sama teman itu kesannya kayak gak […]

4 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting di Korea

Berkuliah memang penting bagi sebagian besar masyarakat karena jika berkuliah pendidikan kita akan lebih baik serta kesempatan kerja pun  lebih terbuka luas. Akan tetapi, meskipun kita tidak berkuliah, bukan berarti kita tidak punya kesempatan untuk menjadi orang sukses. Ada banyak kasus orang-orang yang berhenti sekolah atau pun di kuliah menjadi sukses dengan cara mereka sendiri. […]

‘해장 – Haejang’ : Makanan adalah Obat Untuk Mengatasi Rasa Mabuk

Sudah bukan lagi menjadi sebuah rahasia kalau masyarakat Korea Selatan memiliki tradisi “minum-minum” yang sangat kuat. Bahkan pada tahun 2014, di kutip dari situs Business Insider, Korea Selatan menjadi negara di urutan pertama sebagai negara yang penduduknya paling banyak mengkonsumsi minuman beralkohol, yaitu rata-rata 11,2 shot setiap minggunya. Akibat dari kebiasaan masyarakat yang suka minum-minum […]

KOREAN FIRST © 2018