HomePercakapan KoreaBahasa Gaul Korea untuk Chating
bahasa-gaul-korea-chating

Bahasa Gaul Korea untuk Chating

Bahasa Gaul Korea Chating

Berikut ini adalah daftar 11 Bahasa Gaul Korea untuk Chating Sehari-hari. Simak ulasannya di bawah ini.

1. ㅇㅋ (Oke)

Ini adalah salah satu contoh kata serapan dari bahasa Inggris yang artinya “oke”. Jika ditulis dalam Bahasa Korea akan menjadi오케이 (okei), dan disingkat menjadi ㅇㅋ dengan mengambil konsonan pertama, 오 dan 키 yang memiliki arti yang sama yaitu menyetui suatu perkataan.

2. ㅇㅇ (Iya)

ㅇㅇ berasal dari kata 응 yang berarti “iya”. Loh bukannya kalo “iya” itu Bahasa Koreanya 네?  Yup benar, 응 ini adalah bahasa informalnya dari 네 atau bentuk jawaban keakraban. Bahasa gaul Korea ini diambil dari bahasa keakraban sehari-hari.

3. ㅊㅋ (Ucapan selamat)

ㅊㅋ adalah ucapan selamat yang berasal dari kata 축하해요 (chukaheyo). Ini adalah kata yang biasa digunakan ketika mengucapkan selamat dan bisa juga disingkat menjadi 축하 untuk nonformalnya. Dan jika disingkat lagi bisa menjadi bentuk ㅊㅋ deh~

4. ㄱㅅ (Terima kasih)

ㄱㅅ berasal dari kata 감사 (gam-sa) yang memiliki arti “terima kasih“. 감사 (gam-sa) merupakan singkatan dari kata 감사합니다 (gam-sa-ham-ni-da) untuk mengucapkan terima kasih. Selanjutnya kata ini disingkat lagi menjadi hanya 2 huruf yaitu ㄱㅅ.

5. ㅅㄱ (Terima kasih telah bekerja keras dengan baik)

Kata ini berasal dari kata 수고했어요 (sugohessoyo) yang bermakna kata pujian untuk seseorang yang berhasil melakukan pekerjaannya dengan baik. Pastikan jangan sampai terbalik menulisnya menjadi ㄱㅅ yang berarti terima kasih seperti yang sebelumnya.

6. ㄷㄷ (Mengungkapkan rasa takut, shock, takjub)

ㄷㄷ berasal dari kata 덜덜 (deol-deol) yang berarti “menggigil” atau “gemetar”. Kata ini biasa digunakan saat kita merasakan sesuatu hal yang membuat kita jadi merinding. 

7. ㅠㅠ / ㅜㅜ (Ekspresi mata menangis)

Ini adalah ekspresi wajah yang dijadikan emoticon dengan huruf ㅠ atau ㅜ. Emoticon ini menunjukkan ekspresi saat kita merasa sedih lalu mengeluarkan air mata. Huruf ini bisa bermakna serius sedih atau sekedar menunjukkan sedih dengan nuansa bercanda.

8. ㅇㅁㅇ (Ekspresi muka terkejut)

Ini juga termasuk salah satu emoticon yang menunjukkan ekspresi kaget. Ini adalah karakter dari sebuah wajah yang lebih simple sehingga kita dapat membuat emoticon dengan mudah dan pastinya lucu juga.

9. 헉! (OMG)

헉 (heok) merupakan kata yang berasal dari 헐 (heol) yang menunjukkan rasa kaget atau terkejut. 헉 (heok) jika diucapkan akan seperti saat kita tersedak dan mengeluarkan suara yang mirip seperti itu. 헉 (heok) bisa digunakan ketika ingin mengatakan “gak mungkin!” atau “whoa!”. 

10. ㅇㄷ (dimana?)

ㅇㄷ merupakan singkatan dari 어디야 (eodiya) yang berarti “dimana?” atau “dimana kamu?”. Jadi cukup simpel menggunakan kata ini kepada teman kita misal mau tanya posisi keberadaannya ada dimana.

11. ㅁㄹ (aku tidak tahu/I don’t know)

ㅁㄹ berasal dari kata 몰라 (mol-la), yang berarti “aku tidak tahu”. Kamu bisa pakai huruf tersebut kepada teman akrab kamu saat menjawab “tidak tahu”.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara menggunakan bahasa gaul Korea di dalam chat? Oh iya, bahasa gaul ini hanya berlaku untuk orang yang sudah akrab dengan kita ya, jadi jangan sampai salah digunakan kepada orang yang baru pertama kali kenal.

[INFO KELAS ONLINE]

Ingin Menguasai Bahasa Korea? Yuk Ikuti Kelas Onlinenya di Korean First. Materi Terlengkap, Tutor Terbaik, Biaya Termurah, & 100% Berkualitas.

kursus bahasa koreaKelas Online Terbaik, Ya Di Korean First!

    3 Comments

  1. Flo
    1 April 2021
    Balas

    ㅇㅋ, sekarang jadi bisa chat singkat singkat hehe

  2. Korean First
    11 April 2021
    Balas

    wah, langsung dipraktekkan ^^

  3. Qeren
    25 Mei 2023
    Balas

    Hallo! Saya sangat suka dengan pelajaran ini, jadi saya bisa bahasa korea! Saya juga belajar terus sampai lancar dan bisa! Salam dari saya, terima kasih 🙏🏻

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like