Home Kehidupan Korea Daftar Tempat Tinggal di Korea untuk Orang Asing

Daftar Tempat Tinggal di Korea untuk Orang Asing

daftar tempat tinggal di korea

Daftar Tempat Tinggal di Korea

Apakah kamu sedang mencari info untuk tinggal di Korea? Berapa harga sewa penginapan di sana? Kali ini kami berikan daftar tempat tinggal di Korea untuk orang asing. Yuk, kita simak sampai selesai.

Daftar Tempat Tinggal di Korea untuk Orang Asing

1. Goshiwon

Goshiwon

고시원 atau yang bisa disebut gosiwon merupakan tempat tinggal yang paling kecil di Korea. Kamar tersebut biasanya berukuran 2×3 meter. Saking kecilnya gosiwon hanya dapat dimasuki oleh satu orang dengan kasur dan meja belajar yang menyatu menjadi satu. Ada juga beberapa gosiwon yang memiliki kamar mandi dalam dengan ukurannya yang kecil juga. Gosiwon biasanya ditinggali oleh anak SMA yang ingin belajar untuk ujian nasional atau mahasiswa. Karena tempatnya yang kecil maka harganya pun paling murah dibandingkan jenis tempat tinggal yang lain. Harganya sekitar 150.000 won per bulan hingga 600.000 won per bulan tanpa deposit. Di gosiwon juga terdapat dapur bersama dan kamar mandi bersama. Di dapur terkadang ada pemiliknya yang menyediakan air, nasi, kimchi, dan telur gratis.

2. Gisuksa

기숙사 atau yang yang bisa disebut gisuksa merupakan asrama mahasiswa yang hampir tersedia di setiap kampus di Korea. Fasilitas kamarnya yaitu ada kasur, lemari baju, meja belajar, dan beberapa gisuksa juga memfasilitasi kamar mandi dalam. Selain itu, fasilitas gisuksa lainnya yaitu ada ruang laundry, kamar mandi luar, ruang belajar, gym, mini market, food cafetaria, dan ada beberapa asrama yang menyediakan dapur asrama. Untuk jenis kamarnya juga beragam dari yang dapat ditinggali sendiri, 2 orang hingga 6 orang. Untuk harganya sendiri berkisar dari 400.000 ribu won hingga 1.500.000 won per semester.

3. Hasukjib

Hasukjib

하숙집 merupakan kos-kosan yang terdapat di Korea. Hasukjib merupakan bangunan rumah yang terdapat beberapa kamar yang dapat disewakan dan biasanya pemilik hasukjib juga tinggal disitu juga. Sebenarnya hasukjib mirip dengan one room dan two room, yang membedakannya adalah mereka akan tinggal bersama-sama dan makan bersama juga. Biasanya pemiliknya akan memasakkan makanan saat pagi dan malam untuk dimakan bersama-sama.  Jadi dapat berkenalan dengan orang baru juga. Untuk harganya sendiri berkisar mulai dari 400.000 won per bulan.

4. One room

원롬 merupakan tempat yang lebih besar dari pada gosiwon. One room berarti “satu kamar” yaitu tempat tinggal yang hanya memiliki 1 kamar saja. Fasilitasnya cukup lengkap yaitu berupa kasur, lemari, kamar mandi, dapur, dan mesin cuci. Untuk harganya sendiri berkisar antara 400.000 won hingga 1.000.000 won perbulan.

Tetapi untuk one room sendiri ada biaya tambahan yaitu uang deposit mulai dari 5.000.000 won yang harus dibayar sebelum masuk dan akan dikembalikan setelah selesai kontraknya atau masa tinggalnya. Semakin tinggi deposit maka semakin murah uang sewa yang akan dibayarkan.

5. Two room

Jika ada one room, pasti ada two room juga. Arti dari two room berarti “dua kamar” yaitu tempat tinggal yang memiliki 2 kamar. Fasilitas two room sama dengan one room, yang membedakannya hanyalah jika one room memiliki satu kamar, jika two room memiliki 2 kamar.

Karena harga one room dan two room yang tidak murah, biasanya mahasiswa yang ingin tinggal disana akan mengajak temannya untuk tinggal bersama agar biaya sewanya dapat lebih murah.

6. Rumah/perumahan (주택)

Di Korea harga tanah sudah semakin mahal karena tidak tersedianya banyak lahan. sehingga untuk harga rumah pun bisa lebih mahal dibandingkan apartemen. Untuk harga sewa rumah mulai 250.000 won perbulan dan depositnya mulai dari 3.000.000 won hingga 5.000.000 won. Tetapi dari harga tersebut belum termasuk biaya air, listrik dan gas.

7. Apartemen

Apartemen Korea

Keberadaan apartemen di Korea sangat banyak dan jenisnya pun sangat banyak juga. Mayoritas di kota-kota besar kita bisa melihat apartemen yang menjulang tinggi. Jika di Indonesia orang-orang lebih memilih untuk tinggal di kosan atau kontrakan, kalau di Korea itu kebalikannya. Di Korea, orang lebih memilih tinggal di apartemen karena lebih murah daripada tinggal dirumah. Sama seperti one room atau rumah, apartemen pun juga terdapat biaya depositnya. Biasanya ada beberapa apartemen yang memberikan fasilitas seperti air, listrik, maupun perabotan seperti kulkas, kompor, dan mesin cuci. Tetapi ada juga yang kosongan sehingga harus membeli perabotannya dari awal. Ruangan di apartemen biasanya ada ruang tengah, kamar utama, kamar lainnya, dapur, dan kamar mandi.

Nah, Inilah jenis-jenis tempat tinggal di Korea. Ternyata variasi nama tempat tinggal di Korea lebih banyak ya dibandingkan di Indonesia. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin mencari tempat tinggal di Korea.

Baca juga:

[Info Kursus Bahasa Korea]

Ingin belajar bahasa Korea? Ikuti kursus online di Korean First. Materinya super lengkap, pengajarannya mudah dipahami. Kami bantu kamu sampai lancar bahasa Korea. Mau lihat kelasnya? Intip di sini:

kursus bahasa korea

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here