Home Budaya Korea Sejarah Huruf Korea Hangeul Diciptakan

Sejarah Huruf Korea Hangeul Diciptakan

sejarah huruf hangeul

Sejarah Huruf Hangeul Diciptakan

Bagaimana sejarah huruf hangeul diciptakan? Beberapa tahun belakangan ini banyak masyarakat Indonesia yang tertarik belajar bahasa Korea, salah satu alasannya karena hubungan kerjasama ekonomi antara Korea Selatan dan Indonesia yang semakin erat. Tapi apakah kalian tahu bagaimana sejarah terciptanya huruf han’geul dan siapa yang menciptakan huruf han’geul tersebut? Simak ulasannya berikut:

1. Huruf hangeul diciptakan pertama

Sejarah hangeul atau tulisan Korea diciptakan oleh Raja Agung Sejong yang memerintah pada tahun 1443. Beliau merupakan Raja ke empat dari Dinasti Joseon. Pada tahun 1446 Han’geul resmi dipublikasikan kepada masyarakat Korea melalui lagu anak – anak agar mudah dimengerti oleh masyarakat awam.

Sebelumnya, masyarakat Korea menggunakan aksara Cina (hanja) sebagai alat komunikasi sehari-hari. Namun, hanya keluarga kerajaan dan para bangsawan saja yang mempunyai akses untuk belajar hanja, sedangkan masyarakat kalangan menengah ke bawah mengalami buta huruf.

Sulitnya aksara Cina (hanja) dan juga karena adanya tingkatan kelas sosial menjadi salah satu alasan bagi Raja Agung Sejong untuk menciptakan Hangeul dengan huruf yang sederhana agar mudah dipahami.

2. Huruf hangeul

Sejarah huruf hangeul pertama kali diciptakan dengan nama “Hunminjeongeum” yang berarti ‘suara yang benar untuk diajarkan kepada masyarakat’. Huruf hangeul terdiri dari huruf vokal dan konsonan, dimana huruf vokal dibagi menjadi vokal tunggal dan rangkap. begitupun huruf konsonan dibagi menjadi konsonan tunggal dan rangkap. Berikut daftar hurufnya secara lengkap:

  • Vokal tunggal : 아, 야, 어, 여, 오, 요, 우, 유, 으, 이
  • Vokal rangkap: 애, 얘, 에, 예, 와, 왜, 외, 워, 웨, 위, 의
  • Konsonan tunggal: ㄱ,ㄴ,ㄷ,ㄹ,ㅁ,ㅂ,ㅅ,ㅇ,ㅈ,ㅊ,ㅋ,ㅌ,ㅍ,ㅎ
  • Konsonan rangkap: ㄲ ㄸ ㅃ ㅆ ㅉ

Jumlah huruf keseluruhannya adalah 40 buah yang terdiri dari 21 huruf vokal dan 19 huruf konsonan.

3. Hangeul sebagai alat komunikasi masyarakat Korea

Sejarah huruf hangeul membawa pengaruh besar bagi Kerajaan Joseon, baik dari sektor ekonomi, politik, dan yang lainnya. Meski mendapat banyak pertentangan dari berbagai pihak di kalangan atas, tetapi hangeul mampu diterima oleh masyarakat menengah ke bawah. Hingga saat ini masyarakat Korea Selatan dan Korea Utara menggunakan hangeul sebagai alat komunikasi sehari–hari.

4. Hari hangeul diperingati setiap tahun

Sebagai penghormatan kepada Raja Agung Sejong yang telah menciptakan hangeul, masyarakat Korea Selatan memperingati  Hari Hangeul  (한글 날) setiap tanggal 9 Oktober setiap tahunnya. Sedangkan hari hangeul diperingati setiap tanggal 15 Januari dengan nama Hari Choson-gul  (조선글날) di Korea Utara.

Baca juga:

[Info Kursus Bahasa Korea]

Setelah mengetahui sejarah huruf hangeul kamu ingin mendalami bahasa Korea? Ikuti kelas online dari KOREAN FIRST. Kamu akan diajarin dari dasar sampai lancar. Materinya lengkap dan penjelasannya mudah dipahami. Kamu tidak perlu repot pergi ke tempat kursusan, cukup dari rumah bisa belajar bahasa Korea. Mau lihat kelasnya? Masuk di sini:

kursus bahasa korea

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here