HomeBelajar Huruf Han'geulSejarah Huruf Korea Hangeul Diciptakan
sejarah huruf han'geul diciptakan

Sejarah Huruf Korea Hangeul Diciptakan

Sejarah Huruf Hangeul Diciptakan

Korean First – Bagaimana sejarah huruf han’geul diciptakan? Beberapa tahun belakangan ini banyak masyarakat Indonesia yang tertarik belajar bahasa Korea, salah satu alasannya karena hubungan kerjasama ekonomi antara Korea Selatan dan Indonesia yang semakin erat. Tapi apakah kalian tahu bagaimana sejarah terciptanya huruf han’geul dan siapa yang menciptakan huruf han’geul tersebut? Simak ulasannya berikut:

1. Huruf Han’geul Diciptakan Pertama

Sejarah hangeul atau tulisan Korea diciptakan oleh Raja Agung Sejong yang memerintah pada tahun 1443. Beliau merupakan Raja ke empat dari Dinasti Joseon. Pada tahun 1446 Han’geul resmi dipublikasikan kepada masyarakat Korea melalui lagu anak – anak agar mudah dimengerti oleh masyarakat awam.

Sebelumnya, masyarakat Korea menggunakan aksara Cina (hanja) sebagai alat komunikasi sehari-hari. Namun, hanya keluarga kerajaan dan para bangsawan saja yang mempunyai akses untuk belajar hanja, sedangkan masyarakat kalangan menengah ke bawah mengalami buta huruf.

Sulitnya aksara Cina (hanja) dan juga karena adanya tingkatan kelas sosial menjadi salah satu alasan bagi Raja Agung Sejong untuk menciptakan Hangeul dengan huruf yang sederhana agar mudah dipahami.

2. Huruf Han’geul

Sejarah huruf hangeul pertama kali diciptakan dengan nama “Hunminjeongeum” yang berarti ‘suara yang benar untuk diajarkan kepada masyarakat’. Huruf hangeul terdiri dari huruf vokal dan konsonan, dimana huruf vokal dibagi menjadi vokal tunggal dan rangkap. begitupun huruf konsonan dibagi menjadi konsonan tunggal dan rangkap. Berikut daftar hurufnya secara lengkap:

  • Vokal tunggal : 아, 야, 어, 여, 오, 요, 우, 유, 으, 이
  • Vokal rangkap: 애, 얘, 에, 예, 와, 왜, 외, 워, 웨, 위, 의
  • Konsonan tunggal: ㄱ,ㄴ,ㄷ,ㄹ,ㅁ,ㅂ,ㅅ,ㅇ,ㅈ,ㅊ,ㅋ,ㅌ,ㅍ,ㅎ
  • Konsonan rangkap: ㄲ ㄸ ㅃ ㅆ ㅉ

Jumlah huruf keseluruhannya adalah 40 buah yang terdiri dari 21 huruf vokal dan 19 huruf konsonan.

3. Hangeul Sebagai Alat Komunikasi Masyarakat Korea

Sejarah huruf hangeul membawa pengaruh besar bagi Kerajaan Joseon, baik dari sektor ekonomi, politik, dan yang lainnya. Meski mendapat banyak pertentangan dari berbagai pihak di kalangan atas, tetapi hangeul mampu diterima oleh masyarakat menengah ke bawah. Hingga saat ini masyarakat Korea Selatan dan Korea Utara menggunakan hangeul sebagai alat komunikasi sehari–hari.

4. Hari Han’geul Diperingati Setiap Tahun

Sebagai penghormatan kepada Raja Agung Sejong yang telah menciptakan hangeul, masyarakat Korea Selatan memperingati  Hari Hangeul  (한글 날) setiap tanggal 9 Oktober setiap tahunnya. Sedangkan hari hangeul diperingati setiap tanggal 15 Januari dengan nama Hari Choson-gul  (조선글날) di Korea Utara.

[INFO KELAS ONLINE]

Ingin Menguasai Bahasa Korea? Yuk Ikuti Kelas Onlinenya di Korean First. Materi Terlengkap, Tutor Terbaik, Biaya Termurah, & 100% Berkualitas.

kursus bahasa koreaKelas Online Terbaik, Ya Di Korean First!

    7 Comments

  1. Flo
    1 April 2021
    Balas

    ohhh jadi yang ciptain hangeul tuhh raja Sejong??

  2. Korean First
    17 Juni 2021
    Balas

    Karena itu, raja Sejong sangat terkenal di Korea.

  3. Siska
    4 September 2022
    Balas

    Kursus online di sini bisa ?

  4. Riska
    4 September 2022
    Balas

    Bagus, tambah artikel kayak gini dong

  5. Rudi
    4 September 2022
    Balas

    Mantap

  6. Lina
    4 September 2022
    Balas

    Sangat bermanfaat

  7. Bima
    4 September 2022
    Balas

    Membantu nih artikelnya

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like