Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

13 Hal yang harus Kamu Ketahui Tentang Beasiswa KGSP (Korean Government Scholarship Program) S1-Undergraduate

 

Halo, sobat Korean First di mana pun kalian berada! Semoga kalian sehat-sehat ya hari ini, tidak ada kurang suatu apa pun. Kali ini balik lagi kita bakalan ngebahas seoal pendidikan di Korea Selatan. Nah, artikel kali ini  bakalan ngebahas topik yang sempat di-request sama beberapa pembaca tentang beasiswa dari negara Korea bagi warga negara asing. Sebenernya sudah banyak banget sih para penerima beasiswa ini yang telah menuliskan pengalamannya selama menjalani proses seleksi penerimaan beasiswa ini. Kalian bisa cari-cari di Google, hanya saja, kali ini kita akan ngebahas hal-hal yang paling sering ditanyakan dan dibingungkan oleh orang-orang yang ingin mengajukan beasiswa ini, khususnya buat kalian yang baru mau cari tempat kuliah S1. Yuk, disimak!

 

  1. Kepada siapa beasiswa ini bisa diberikan?

Banyak yang bingung dengan beasiswa KGSP ini, apakah beasiswa ini hanya untuk S2 atau ternyata ada juga yang S1. Ternyata, beasiswa KGSP ini diberikan untuk semua jenjang perguruan tinggi dari diploma, S1, S2, atau pun S3. Hanya saja, bagi kalian yang sudah lulus S1 di Indonesia dan ingin mendaftar lagi S1 di Korea, maka hal itu tidak diperbolehkan. Jadi, beasiswa S1 khusus diberikan kepada lulusan SMA/sederajat (berarti yang SMK atau MA boleh loh daftar juga!) yang ingin menempuh kulia diploma atau serjana di universitas-universitas Korea. Oh, kalau aku lulusan D-2 kak gimana? Nah, kalau lulusan diplomat di Indonesia kalian bisa loh melanjutkan S-1 di Korea.

 

  1. Kapan biasanya pendaftaran beasiswa ini dibuka?

Pendaftaran beasiswa KGSP dibuka sekitar bulan September hingga Oktober, sebulan atau dua bulan sebelum ujian masuk perguruan tinggi di Korea (suneung) sendiri. Lalu baru masuk kuliah tahun depannya, sekitar bulan Februari atau Maret. Jadi, jika kalian lulus SMA pada bulan Juli 2017, kalian baru akan mulai pembelajaran di Korea pada tahun 2018.

 

  1. Jalur beasiswanya apa aja ya?

Ada dua jalur beasiswa yang bisa ditempuh oleh pelamar, yaitu melalui kedutaan besar Korea selatan untuk Indonesia atau langsung mengajukan beasiswa tersebut kepada universitas yang ingin dituju.  Akan tetapi untuk undergraduate atau S-1, hanya ada satu jalur yaitu melalui kedutaan besar Korea.

 

  1. Harus bisa bahasa Korea dong ya?

Enggak. Enggak sama sekali. Bagi kalian yang tidak bisa berbahasa Korea tapi ingin kuliah di Korea, jangan khawatir. Beasiswa KGSP termasuk belajar bahasa Korea selama satu tahun di Korea sebelum kalian bisa belajar seperti orang Korea lainnya selama empat tahun. Hanya saja, bagi kalian yang sudah menguasai dan memiliki sertifikat TOPIK level 5 atau level 6, kalian akan mendapatkan uang saku tambahan sebesar 100.000 Won. Woho! Makin semangat dong belajarnya.

 

  1. Bahasa Inggris gimana?

Justru dalam pengajuan beasiswa KGSP bahasa Inggris sangat diperlukan. Saat seleksi dokumen, kalian harus menerjemahkan seluruh dokumen kalian ke dalam bahasa Inggris (atau Korea, jika ada) dan nanti saat kalian melalui tes wawancara, kalian pun akan diwawancarai dalam bahasa Inggris. Jadi agar kemungkinan kalian diterima semakin besar, sebaiknya kalian memantapkan bahasa Inggris kalian. Selain itu, jika kalian punya sertifikat TOEFL atau sejenisnya, ada baiknya kalian menyertakannya dalam berkas seleksi. Namun, apabila tidak punya, tidak masalah.

 

  1. Nilai rapotnya harus bagus ya kalau begitu?

Nilai rapot pasti sangat diperhitungkan untuk mendaftar kulah namun tidak harus sempurna dan bagus. Khusus kalian yang mendaftar beasiswa KGSP untuk undergraduate atau S1, nilai rapot kalian harus berada rata-rata paling tinggi TOP 20%. Jadi, misalnya saja di kelas kamu ada 50 siswa, 20% dari siswa tersebut adalah 10. Jadi paling tidak kalian harus berada di peringkat 10 selama tiga tahun belajar di SMA. Kalian pasti mampu kok! Semangat!

Lihat contoh raport siswa yang lulus beasiswa di sini.

 

  1. Gimana ya nulis study plan dan personal statment?

Just be yourself! Jangan sekali-kali kalian meminta contoh dokumen-dokumen tersebut dari teman-teman kalian yang sudah keterima beasiswa ini. Satu, karena itu tidak etis, dan dua karena itu hanya akan membuat kalian bingung saat nanti di wawancara. Jadi berusahalah semampu kalian untuk menulis kedua hal tersebut seoriginal mungkin. Jika kalian perlu bimbingan, mintalah guru atau kakak tingkat kalian untuk mengevaluasi tulisan kalian. Bukan kalian mencontoh apa yang mereka tulis.

Tips menulis future plan di sini.

 

  1. Pas wawancara ditanyain apa aja ya?

Tes wawancara adalah tahapan terakhir bagi kalian yang ingin mengajukan beasiswa KGSP. Durasi wawancara bermacam-macam tergantung bagaimana kalian menjawab pertanyaan yang diajukan. Namun, kalian tidak perlu tegang, sebisa mungkin tenang dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan-pertanyaan paling dasar pasti seputar rencana studi kalian dan apa yang kalian inginkan kedepannya. Selain itu kalian pasti akan ditanya tentang mengapa kalian memilih Korea, pastikan jawabannya seelegan mungkin karena jika menjawab “Saya pengen ketemu oppa-oppa” bisa dipastikan kalian langsung didepak! Hahaha.

Oh ya, jika kalian di SMA ngambil jurusan IPA dan pas mau daftar beasiswa malah pengen belajar seni budaya, tolong persiapkan pertanyaan kenapa kalian lintas jurusan karena itu pasti akan ditanyakan.

Contoh pertanyaan saat wawancara bisa dibaca di sini.

 

  1. Kegiatan organisasi, sertifikat, serta lomba-lomba gitu penting gak sih?

 

Penting sebagai penunjang kamu yang merasa nilainya kurang mantap. Sebisa mungkin kamu memiliki prestasi di bidang non-akademik atau misalnya akademik yang sesuai dengan jurusan kuliah yang kamu ambil. Contohnya saja, jika kalian ingin mengambil jurusan seni musik di Korea, kalian punya sertifikat lomba menyanyi tingkat nasional, kalian pasti akan mendapatkan nilai plus di sana. Saat wawancara pun kadang ditanyakan tentang kegiatan kalian selama sekolah apa aja. Namun pada hakikatnya tidak harus banyak-banyakan kegiatan gitu sih. Terpenting adalah kegiatan itu menunjang atau tidak dengan jurusan yang nanti kalian ambil.

A post shared by Sohee Park (@sohee.park.5283) on

  1. Kuota yang diterima berapa ya?

Beasiswa KGSP adalah besiswa yang termasuk ketat dalam tingkat persaingan. Pada tahun penerimaan 2018 ini hanya 3 orang yang dipilih untuk menerima beasiswa KGSP Undergraduate. Tapi jika kalian memiliki tekad yang kuat, pasti bisa lolos kok! Semangat! Jangan patah semangat. Fokuslah pada apa yang kalian miliki sekarang ini, jangan mengkhawatirkan masa depan yang belum pasti.

 

  1. Menulis formulir aplikasi itu ketik apa tulis tangan?

Pertanyaan standar tapi sering banget ditanyain. Zaman digital seperti ini, sepertinya lebih mudah diketik bukan? Hehehe. Jadi semua dokumen diketik ya.

 

  1. Universitasnya yang bagus apa ya?

Universitas semua bagus, kalian bisa mencari-cari universitas mana yang paling cocok bagi kalian. Kalian juga bisa memilih tempat-tempat mana saja di Korea yang kira-kira menarik bagi kalian. Misalnya kalian memilih untuk kuliah di Busan, jangan lupa untuk mencari-cari alasan mengapa Busan itu cocok di mata kalian. Akan tetapi jika kalian ingin masuk ke  universitas paling TOP di Korea, kalian bisa juga loh melamar masuk ke SKY University!

Kalian akan diberikan kesempatan memilih tiga universitas yang ingin kalian masuki, kalian bisa diterima di semua universitas tersebut dan memilih universitas mana yang kalian inginkan atau hanya salah satu universitas saja yang menerima kalian. Jadi persiapkan diri kalian ya! (Baca: Ingin Berkuliah di Korea? Kenalan dulu dengan SKY: 3 Universitas Paling TOP di Korea)

Tonton penjabaran mahasiswa yang diterima beasiswa KGSP di Korean University di sini

  1. Tapi aku masih bingung…?

Tanyakan pada semua sumber yang ada di muka bumi ini. Google menyediakan semua informasi yang ada, sementara itu kamu persiapkan segala kebutuhan yang ada. Jika masih bingung tanyakan hal yang benar-benar tidak ada informasinya. Usaha kalian menggali informasi sendiri tanpa terlalu bergantung dan bertanya kepada orang lain menunjukkan bahwa kalian sangat berdedikasi dan teliti. Itu sebuah pencapaian loh!

 

Nah, itu dia tiga belas hal yang harus kamu ketahui tentang beasiswa KGSP untuk S-1 Undergraduate. Untuk kalian yang baru mau lulus SMA, silakan mendaftar beasiswa ini ya! Jika ada pertanyaan lebih lanjut silakan cek sendiri di website resmi KGSP atau tanyakan di kolom bawah sana. Sebisanya admin bakal coba jawab. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Website resmi KGSP : Study in Korea

Syarat dan ketentuan Beasiswa KGSP 2018

Pengalaman penerima beasiswa KGSP 2017

 

Baca juga:

Grup Belajar Bahasa Korea Dengan Metode: Kuliah Online, Gabung di Sini

4 Universitas Negeri yang Membuka Program Sarjana Bahasa Korea

4 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting di Korea

Ingin Belajar Bahasa Korea? Melalui ‘Program Bahasa’ Kalian Bisa Belajar Langsung di Korea Loh!

KOREAN FIRST © 2018