October 24, 2019

Gerbang Informasi Menuju Korea

13 Hal yang harus Kamu Ketahui Tentang Beasiswa KGSP (Korean Government Scholarship Program) S1-Undergraduate

Halo, sobat Korean First! Kali ini kita bakalan ngebahas soal Pendaftaran beasiswa ke Korea Selatan. Nah, artikel kali ini juga menyinggung masalah TOPIK yang sempat di-request sama beberapa pembaca tentang beasiswa Korea untuk warga negara asing. Sebenernya sudah banyak banget sih, penerima beasiswa ini yang telah menuliskan pengalamannya mulai dari proses seleksi sampai penerimaan beasiswa ini.

Kalian bisa cari-cari di Google, hanya saja, kali ini kita akan ngebahas yang paling sering ditanyakan oleh orang-orang yang ingin mengajukan beasiswa ini, khususnya buat kalian yang baru mau cari tempat kuliah S1. Yuk, disimak!

1. Untuk siapa beasiswa ini diberikan?

Banyak yang bingung dengan beasiswa KGSP ini, apakah beasiswa ini hanya untuk S2 atau hanya untuk S1. Ternyata, beasiswa KGSP ini diberikan kepada semua jenjang perguruan tinggi dari diploma, S1, S2, dan S3.

Hanya saja, bagi kalian yang sudah lulus S1 di Indonesia dan ingin mendaftar lagi S1 di Korea, maka hal itu tidak diperbolehkan. Jadi, beasiswa S1 khusus diberikan kepada lulusan SMA/sederajat (berarti yang SMK atau MA boleh loh daftar juga!) yang ingin menempuh kuliah diploma atau sarjana di universitas-universitas Korea. 

Kalau misalnya saya lulusan diploma (D 1-4) bagaimana, Kak? Apa masih bisa mendaftar S1 di Korea?

Sayang sekali, mulai tahun 2018, pemerintah Korea sudah tidak memperbolehkan pelamar yang sudah pernah mengambil pendidikan tinggi, termasuk kalian yang telah menempuh pendidikan diploma. Jadi memang murni untuk para pelajar lulusan SMA sederajat dan BELUM PERNAH menempuh pendidikan tinggi apa pun.

 

2. Kapan biasanya pendaftaran beasiswa ini dibuka?

Pendaftaran beasiswa KGSP dibuka sekitar bulan September hingga Oktober, sebulan atau dua bulan sebelum ujian masuk perguruan tinggi di Korea (suneung) sendiri. Lalu baru masuk kuliah tahun depannya, sekitar bulan Februari atau Maret. Jadi, jika kalian lulus SMA pada bulan Juli 2017, kalian baru akan mulai pembelajaran di Korea pada tahun 2018.

 

3. Jalur beasiswanya bagaimana ya?

Ada dua jalur beasiswa yang bisa ditempuh oleh pelamar, yaitu melalui kedutaan besar Korea selatan untuk Indonesia atau langsung mengajukan beasiswa tersebut kepada universitas di Korea yang ingin dituju.  Akan tetapi untuk undergraduate atau S-1, hanya ada satu jalur yaitu melalui kedutaan besar Korea.

 

4. Harus bisa bahasa Korea dong ya?

Alangkah baiknya bisa bahasa Korea. Karena itu menjadi penilaian plus saat seleksi. Jadi kamu bisa pede bersaing dengan puluhan pelamar lainnya yang belum bisa bahasa Korea.

Program KGSP inipun nanti meliputi belajar bahasa Korea selama satu tahun di Korea sebelum kalian belajar fokus di perkuliahan (GRATIS LOH). Hanya saja, bagi kalian yang sudah menguasai dan memiliki sertifikat TOPIK level 5 atau level 6, kalian akan mendapatkan uang saku tambahan sebesar 100.000 Won. Woho! Makin semangat dong belajarnya.

Dan jika kamu punya sertifikat bahasa Korea (TOPIK) akan sangat dipertimbangkan agar lolos seleksi. Siapkan belajar bahasa Korea dari sekarang agar bisa lolos beasiswa ini.

kursus bahasa korea online

5. Bahasa Inggris gimana?

Dalam melamar beasiswa KGSP ini diperlukan kemampuan bahasa Inggris. Saat seleksi dokumen, kalian harus menerjemahkan seluruh dokumen kalian ke dalam bahasa Inggris (atau Korea, jika ada) dan nanti saat kalian tes wawancara, kalian pun akan diwawancarai dalam bahasa Inggris (atau Korea jika bisa). Jadi agar kemungkinan kalian diterima semakin besar, sebaiknya kalian belajar juga bahasa Inggris. Selain itu, jika kalian punya sertifikat TOEFL atau sejenisnya, ada baiknya menyertakannya dalam berkas seleksi. Namun, jika tidak punya, tidak masalah.

 

6. Nilai rapotnya harus bagus ya kalau begitu?

Nilai rapot pasti sangat diperhitungkan untuk mendaftar kuliah, namun tidak harus sempurna dan bagus. Khusus kalian yang mendaftar beasiswa KGSP untuk undergraduate atau S1, nilai rapot kalian harus berada rata-rata paling tinggi TOP 20%. Jadi, misalnya saja di kelas kamu ada 50 siswa, 20% dari siswa tersebut adalah 10. Jadi paling tidak kalian harus berada di peringkat 10 selama tiga tahun belajar di SMA. Kalian pasti mampu kok! Semangat!

 

7. Gimana ya nulis study plan dan personal statment?

Just be yourself! Jangan sekali-kali kalian meminta contoh dokumen-dokumen tersebut dari teman-teman kalian yang sudah keterima beasiswa ini. Pertama, karena itu tidak etis, yang kedua karena itu hanya akan membuat kalian bingung saat wawancara. Jadi berusahalah semampu kalian untuk menulis kedua hal tersebut seoriginal mungkin. Jika kalian perlu bimbingan, mintalah guru atau kakak tingkat kalian untuk mengevaluasi tulisan kalian. Bukan kalian mencontoh apa yang orang lain tulis.

Tips menulis future plan di sini.

 

8. Pas wawancara ditanyain apa aja ya?

Tes wawancara adalah tahapan terakhir bagi pelamar beasiswa KGSP. Durasi wawancara bermacam-macam tergantung bagaimana kalian menjawab pertanyaan yang diajukan. Namun, kalian tidak perlu tegang, sebisa mungkin tenang dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan-pertanyaan paling dasar pasti seputar rencana studi kalian dan apa yang kalian inginkan kedepannya. Selain itu kalian pasti akan ditanya tentang mengapa kalian memilih Korea, pastikan jawabannya seelegan mungkin karena jika menjawab “Saya pengen ketemu oppa-oppa” bisa dipastikan kalian langsung didepak! Hahaha.

Oh ya, jika kalian di SMA ngambil jurusan IPA dan saat mau daftar beasiswa malah pengen belajar seni budaya, tolong disiapkan jawaban kenapa kalian lintas jurusan karena itu pasti akan ditanyakan.

 

9. Kegiatan organisasi, sertifikat, serta lomba-lomba gitu penting gak sih?

 

Penting sebagai penunjang kamu yang merasa nilainya kurang mantap. Sebisa mungkin kamu memiliki prestasi di bidang non-akademik atau misalnya akademik yang sesuai dengan jurusan kuliah yang kamu ambil. Contohnya saja, jika kalian ingin mengambil jurusan seni musik di Korea, kalian punya sertifikat lomba menyanyi tingkat nasional, kalian pasti akan mendapatkan nilai plus di sana. Saat wawancara pun kadang ditanyakan tentang kegiatan kalian selama sekolah apa aja. Namun pada hakikatnya tidak harus banyak-banyakan kegiatan gitu sih. Terpenting adalah kegiatan itu menunjang atau tidak dengan jurusan yang nanti kalian ambil.

 

10. Kuota yang diterima berapa ya?

Beasiswa KGSP adalah besiswa yang termasuk ketat dalam tingkat persaingan. Pada tahun penerimaan 2018 ini hanya 3 orang yang dipilih untuk menerima beasiswa KGSP Undergraduate. Tapi jika kalian memiliki tekad yang kuat, pasti bisa lolos kok! Semangat! Jangan patah semangat. Fokuslah pada apa yang kalian miliki sekarang ini, jangan mengkhawatirkan masa depan yang belum pasti.

kursus bahasa korea online

11. Menulis formulir aplikasi itu ketik apa tulis tangan?

Pertanyaan standar tapi sering banget ditanyain. Zaman digital seperti ini, sepertinya lebih mudah diketik bukan? Hehehe. Jadi semua dokumen diketik ya.

 

12. Universitasnya yang bagus apa ya?

Universitas semua bagus, kalian bisa mencari-cari universitas mana yang paling cocok bagi kalian. Kalian juga bisa memilih tempat-tempat mana saja di Korea yang kira-kira menarik bagi kalian. Misalnya kalian memilih untuk kuliah di Busan, jangan lupa untuk mencari-cari alasan mengapa Busan itu cocok di mata kalian. Akan tetapi jika kalian ingin masuk ke  universitas paling TOP di Korea, kalian bisa juga loh melamar masuk ke SKY University!

Kalian akan diberikan kesempatan memilih tiga universitas yang ingin kalian masuki, kalian bisa diterima di semua universitas tersebut dan memilih universitas mana yang kalian inginkan atau hanya salah satu universitas saja yang menerima kalian. Jadi persiapkan diri kalian ya! (Baca: Ingin Berkuliah di Korea? Kenalan dulu dengan SKY: 3 Universitas Paling TOP di Korea)

Tonton penjabaran mahasiswa yang diterima beasiswa KGSP di Korean University di sini

13. Tapi aku masih bingung…?

Tanyakan pada semua sumber yang ada di muka bumi ini. Google menyediakan semua informasi yang ada, sementara itu kamu persiapkan segala kebutuhan yang ada. Jika masih bingung tanyakan hal yang benar-benar tidak ada informasinya. Usaha kalian menggali informasi sendiri tanpa terlalu bergantung dan bertanya kepada orang lain menunjukkan bahwa kalian sangat berdedikasi dan teliti. Itu sebuah pencapaian loh!

 

Nah, itu dia tiga belas hal yang harus kamu ketahui tentang beasiswa KGSP untuk S-1 Undergraduate. Untuk kalian yang baru mau lulus SMA, silakan mendaftar beasiswa ini ya! Jika ada pertanyaan lebih lanjut silakan cek sendiri di website resmi KGSP atau tanyakan di kolom bawah sana. Sebisanya admin bakal coba jawab. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Website resmi KGSP : Study in Korea


MAU KURSUS ONLINE BAHASA KOREA UNTUK PERSIAPAN KULIAH DI KOREA?

UNTUK MENDAFTAR KELAS BAHASA KOREA ONLINE!

 

Baca juga:

Grup Belajar Bahasa Korea Dengan Metode: Kuliah Online, Gabung di Sini

4 Universitas Negeri yang Membuka Program Sarjana Bahasa Korea

4 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting di Korea

Ingin Belajar Bahasa Korea? Melalui ‘Program Bahasa’ Kalian Bisa Belajar Langsung di Korea Loh!

Related posts

71 Comments

    1. Korean First

      Bisa, batasan untuk mendaftar beasiswa S1 KGSP ini sampai 25 tahun. Asalkan belum pernah punya ijazah S1 di Indonesia sebelumnya dan sudah dinyatakan lulus SMA.

      Reply
  1. Adzra

    Ka maksud dari akan diberikan kesempatan memilih tiga universitas yang ingin kalian masuki, kalian bisa diterima di semua universitas tersebut dan memilih universitas mana yang kalian inginkan atau hanya salah satu universitas saja yang menerima kalian. itu kesempatan dpt memilih 3 universitas jalur embassy ka?

    Reply
    1. Korean First

      kamu nanti kalau lulus beasiswa kgsp bisa memilih tiga universitas dan jurusan. Ketiga unversitas itu akan menyatakan apakah kamu diterima atau tidak tergantung kebijakan mereka. kamu ada kemungkinan diterima di ketiga universitas tersebut dan kamu bisa pilih universitas mana yang ingin kamu masukin. bisa juga kamu hanya diterima oleh satu universitas.

      Reply
    2. Alifia

      Ka, itu dokumennya harus di terjemahin sebelum kita kirim ke kedubes atau pas lagi seleksi? Kalo sebelum kita kirim ke kedubes, terjemahanya dalam bentuk gimana ya?

      Reply
  2. Nabilah

    Kak saya ingin tanya, apakah jika lolos beasiswa kgsp berarti sudah pasti lolos ke univ tsb atau nantinya akan ada seleksi masuk sendiri untuk univnya?

    Reply
  3. Ten

    kak mau tanya..disini dijelaskan kalau surat rekomendasi diamplop rapat dan dikirimkan oleh pemberi rekomendasi itu sendiri ke kedutaan besar korea.berarti dokumen yang kita kirimkan ke kedubes tidak termasuk surat rekomendasi itu isinya?
    dan 8 buah itu maksudnya gimana kak..bukannya surat rekomendasinya dari 2 orang saja?
    lalu untuk sertifikat toefl itu toefl yang gimana kak.kan ada juga itu sertifikat toefl gratis yang diselenggarakan oleh beberapa tempat kursus.apa sertifikat tersebut bisa dipakai?
    mohon infonya ..terimakasih

    Reply
  4. Rafkah

    Hai,
    Saya ingin bertanya kalau bahasa Inggrisnya tidak terlalu bagus tapi ingin kuliah disana bagaimana?
    Soalnya mau ikut mendaftar KGSP tapi kendala di bahasa Inggris takutnya nanti pas diwawancara saya tidak tahu mau jawab apa.
    Terimah kasih

    Reply
  5. Agnes

    Halo. Nama saya Agnes dan sedang berkuliah di perguruan tinggi negeri di Indonesia. Jadi, aku mau tanya mengenai kalo aku lulusan D4 itu bisa langsung lanjut ke S2 melalui KGSP gak? Terima kasih

    Reply
  6. red

    cek website studykorea, cek website masing masing universitas yang kamu mau, hubungi intl admission nya via email pasti mereka kasih tau secara jelas informasi nya:)

    Reply
  7. Aulia

    Kak.. kalau seumpama aku lulus tahun 2018 maka setelah lulus langsung daftar bisa kan? dalam artian daftarnya juga tahun 2018… soalnya ada sumber yang bilang kalau kita lulus tahun pelajaran ini kita bisanya daftarnya tahun depanya.. gimana kak yang benar ? tolong infonya.. terima kasih ^^

    Reply
  8. Wahyu Riyanto

    permisis saya mau tanya
    saya kan baru aja di wisuda di salah satu perguruan tinggi suasta di banyuwangi dan saya penyandang disabilitas tuna daksa atas, saya lulusan S1 Teknik Informatika. pertanyaan saya jika saya maumelanjutkan S2 di korea apa bisa?
    terima kasih

    Reply
    1. koreanfirst861

      Itu sudah satu paket dengan uang bulanan, jadi makan dan tempat tinggal mencari sendiri dengan uang bulanan pemberian dari pemerintah

      Reply
    1. koreanfirst861

      Jika daftar undergraduate maka ambil program beasiswa S1 dngan syarat pakai ijazah SMA. Itupun ada syarat batasan umurnya

      Reply
  9. Rizqi Amalia

    Kak mau tanyaa banget klo aku mau ambil S2 itu ada batasan umurnya ga sih ??? Plisss jawab ya… 🙏🙏

    Reply
    1. koreanfirst861

      Halo, untuk ambil beasiswa S2 biasanya ada batas umurnya. sekitar 30 tahunan ke atas batasnya. coba dibuka persyaratannya di masing2 kampus, biasanya tertulis. Terima kasih semoga terjawab 🙂

      Reply
  10. Indira akmalia putri

    Ka rata rata nilai rapot untuk keterima itu berapa??
    Kalo punya sertifikat bahasa selain Inggris sama Korea bisa di pakai?

    Reply
    1. Korean First

      Rata-rata menyesuaikan nilai di kelas, kamu harus minimal berada peringkat 10% dari semua mahasiswa yang ada di sekolah kamu. Misalnya dari 100 orang kamu harus berada di peringkat 10, paling tidak,

      Karena kamu mengajukan kuliah ke Korea Selatan, tentu saja sertifikat bahasa yang dipakai ya Korea dan paling tidak pakai bahasa Inggris. Tidak mungkin kamu mengajukan sertifikat bahasa Prancis kalau ingin belajar di Korea karena kamu tidak akan menggunakannya dalam kegiatan belajar mengajar.

      Reply
    1. Korean First

      Mungkin kemungkinan diterima kecil karena pendaftar yang lain bisa jadi konsisten berada di peringkat 10% dari sekolah dan memiliki nilai yang lebih tinggi.

      Reply
  11. Rizan Audrey

    Kak untuk tahun 2019 ini apa sudah dibuka? Oiya saya mau tanya juga kan dibutuhkan salinan ijazah untuk pendaftaran jika belum keluar sampai tenggat waktu untuk mengumpulkan harus bagaimana? Terimakasih

    Reply
    1. Korean First

      Halo, Rizan

      Beasiswa KGSP tahun 2019 sudah dibuka. Untuk ijazah sendiri yang belum keluar bisa diberikan surat pernyataan dari sekolah dan transkrip nilainya.

      Terima kasih.

      Reply
    1. Korean First

      Seperti yang sudah disebutkan di atas, pada fakta nomor satu, bahwa pendaftaran dibuka pada bulan februari atau maret setiap tahunnya dan sekarang sudah bulan agustus, maka pendaftaran sudah tutup sejak bulan april lalu.

      Reply
  12. Rizan Audrey

    Ah begitu ya soalnya saya ingin mengambil beasiswa s1 dan di fakta nomor 2 tertulis buka sekitar september atau oktober ( maaf jika saya salah ) dan kalo untuk pendidikan s2 s3 ditutup maret lalu ( saya browsing info untuk pendidikan s2)

    Reply
    1. Korean First

      Halo, Rizan…

      Mohon maaf atas kesalahan info dari jawaban admin sebelumnya. Setelah admin cek, ternyata pendaftaran untuk kususnya S1 memang baru buka bulan desember dan yang tutup adalah S2 / S3. Terima kasih atas koreksinya. Untuk pembukaannya, nanti akan kami infomasinya secepatnya di blog kami. Jadi tunggu saja ya~

      Terima kasih.

      Reply
  13. Hasna S

    Kak saya ingin bertanya, saya sedang kuliah di salah satu universitas di Indonesia (belum lulus). Apakah saya masih bisa mengikuti beasiswa ini pada program s1 untuk tahun ini atau selanjutnya?

    Reply
    1. Korean First

      Halo, Hasna

      Jawabannya tidak bisa ya. Seperti yang sudah dijelaskan, beasiswa S1 hanya untuk mereka yang belum pernah menerima pembelajaran S1 atua belum pernah mengambil pendidikan tingkat tinggi. Jadi lebih baik selesaikan S1, lalu mendaftar S2 di Korea.

      Terima kasih.

      Reply
  14. Khilda Luqyana Arifin

    Halo, kak. Saya Khilda, baru lulus SMA tahun ini. Saya ingin bertanya tentang beasiswa ini. Nanti kita kan harus mengirimkan dokumennya kepada Kedubes Korea langsung. Ada persyaratan untuk membuat surat rekomendasi dari dua orang. Bolehnya siapa aja ya, kak? Apa harus kepala sekolah dan wali kelas? Tidak bisa yang lain, kak?

    Terus dokumen yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris apa aja selain ijazah, kak? Raport dan surat rekomendasi juga diterjemahkan?

    Reply
    1. Korean First

      Halo, Khilda

      Surat rekomendasi tidak bisa “siapa saja”. Surat rekomendasi ditulis oleh pengampu instansi pendidikan kita sebelumnya yang menyatakan bahwa kita layak dan pantas untuk mengajukan diri dalam beasiswa ini dan bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Jadi memang harus dikeluarkan langsung dari pihak SMA kamu dengan meminta kepada kepala sekolah serta guru wali kelas kamu. Tidak bisa yang lain, apa lagi guru les-lesan kamu ya. Hahaha.

      Untuk dokumen yang diterjemahkan, dokumen yang diterjemahkan paling penting adalah ijazah. Tapi ada baiknya semua dokumen penting memang diterjemahkan seperti raport dan surat rekomendasi. Agar memudahkan penyeleksi dokumen memahami berkas-berkas kamu.

      Demikian jawaban yang bisa kami sampaikan.

      Terima kasih.

      Reply
  15. Ambarwati

    Hai kak, bukannya syarat rata-rata rapot itu 80% dari 100% ya kak atau masuk peringkat 20% dikelas

    Lalu, saya ingin mendaftar kgsp nilai rata-rata rapot saya diatas 80% tapi saya nggak masuk peringkat 20% di kelas itu bagaimana ya kak?

    Reply
    1. koreanfirst861

      Halo, Ambarwati

      Maksudnya masuk ke peringkat 20% teratas di kelas ya. Kalau pun nilaimu di atas 80 semua tapi dari rata-rata kelas kamu berada di bawah dari teman-teman yang lainnya. Mungkin akan merasa kesulitan.

      Reply
  16. Tya

    Permisi kak, saya Tya, mau bertanya. Kemungkinan dibukanya beasiswa KGSP kan September-Oktober, kalau tes wawancara nya sendiri dilaksanakannya kira-kira kapan kak? Terimakasih.

    Reply
  17. Bill

    Kak saya mau tanya, kalo di sekolah gak rengking tapi nilai rapot memuaskan bisa ikut program kgsp gak.

    Dan terus harus lancar gak b.inggris nya

    Tolong di jawab, dan terima kasih

    Reply
  18. Alif priscar satria

    Kak kalau kls 10 sma pringkatnya jelek terus kls 11 12 nya pringkat top 10, kemungkinan di terimanya gede gk?

    Reply
    1. koreanfirst861

      Halo, Alif, mungkin keterima tapi bisa jadi agak sulit karena yang dibutuhkan konsistensi nilai dari awal hingga akhir. Namun mungkin masih ada kesempatan jika memang nilai di kelas 11 dan 12 nya baik.

      Reply
  19. Anonymous

    Hallo ka saya mau bertanya, saya lulus SMA jurusan ipa mau pindah jurusan jadi ke bisnis berarti harus k jurusan ips , apakah bisa? Terimakasih sebelumnya

    Reply
  20. Yusuf

    Hallo Kak.

    Mau tanya mengenai kalau sudah lulus D3 tetap tidak bisa ikut GKS-U-2020. Kalau boleh tau, kakak dapat info dari mana ya? Karena yang saya baca di GKS-2020 (FAQ) disebutkan yang tidak boleh itu hanya jika sudah memiliki Bachelor degree. Sementara menurut yang saya tau (mohon koreksi jika salah) D 1-4 itu Associate degree. Mohon penjelasannya kak, terima kasih.

    Reply
  21. Muhammad nizam

    Saya kan lagi kukiah nih dam masih semester 1 bisa ngambil beasiswa ini dan kalau misalanya bisa apakah surat rekomendasinya tidak apa apa dari pihak akademik

    Reply
    1. Muhammad nizam

      Saya lagi kuliah dan masih semesrer 1 apakah bisa mengambil beasiswa ini?
      Dan untuk surat rekomendasinya boleh tidak jika dari akademik yang memberikan?

      Reply
      1. Titischerine

        Hallo, mau tanya nih kak
        Seumpama lulus smk tahun 2020 tapi daftarnya di tahun 2022 gimana kak
        Trus waktu setahunnya itu buat kerja di Indonesia
        Itu masih ada kesempatan buat daftar gak kak?
        Mohon jawabannya…. Terimaksih

        Reply
  22. Titischerine

    Hallo, mau tanya nih kak
    Seumpama lulus smk tahun 2020 tapi daftarnya di tahun 2022 gimana kak
    Trus waktu setahunnya itu buat kerja di Indonesia
    Itu masih ada kesempatan buat daftar gak kak?
    Mohon jawabannya…. Terimaksih

    Reply
  23. ㅟ디

    Kak, aku masih SMA kelas 3, kelahiran 2002, mau tamat tahun 2020 ini dan mau melanjutkan kuliah di Korea. Aku sudah registrasi di studyinkorea.go.kr untuk study in korea fair in indonesia. Tapi tertera locationnya di Indonesia, mksudnya gmana ya kak? Apakah belajarnya di indonesia, atau itu cuma untuk tahap penyisihannya? Selanjutnya tetap kuliah ke korea?
    Aku udah terlanjur registrasi, tapi masih bingung kak.
    Mohon pencerahannya 🙏

    Reply
  24. Lulu Aulia

    Halo kak nama saya Lulu, pada saat interview wawancarakan menggunakan bahasa inggris, tapi saya tidak bahasa inggris dan bisa bahasa korea apa itu bisa?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.