Selamat Datang di Korean First

Pendidikan Terbaik Untuk Siswa Terbaik

14 Kata-Kata Paling Romantis dalam Bahasa Korea, Hati-Hati Baper!

Halo, Sobat Korean First! Kembal lagi kita akan mempelajari berbagai macam kosa kata, istilah, serta ungkapan dalam bahasa Korea. Nah, kali ini kita bakalan membahas tentang kata-kata paling romatis yang sering banget diungkapkan oleh orang Korea kepada pasangan hidupnya. Unch! Jangan pada baper ya! Bagi kalian yang suka banget nonton drama Korea, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan beberapa ungkapan-ungkapan di bawah ini. Akan tetapi, mungkin kalian masih belum mengerti bagaimana menempatkan kata-kata ini di dalam kalimat atau kondisi seperti apa. Yuk, disimak biar tambah ngerti!

 

Jagi. Jagi atau jagiya (자기야) merupakan salah satu dari sekian banyak kata sayang yang diungkapkan orang Korea kepada pasangannya. Panggilan sayang yang satu ini biasanya digunakan oleh orang yang sedang pacaran atau belum menikah. Namun, sering juga digunakan oleh mereka yang sudah menikah.

 

Dangsin. Dangsin ini merupakan ungkapan atau panggilan sayang yang biasanya diungkapkan oleh pasangan yang sudah menikah cukup lama. Namun, uniknya, kata ini sebenarnya bermakna “kamu” yang juga bisa digunakan kepada orang asing. Contohnya saja seperti ungkapan “당신은 뭐예요?” yang berarti “kamu siapa ya?”.

 

Yeobo. Panggilan sayang yang satu ini juga sering kali diucapkan di dalam drama Korea.  Panggilan ini lebih sering dan biasa digunakan oleh orang-orang yang sudah menikah karena “rasa bahasa” nya yang terasa lebih dekat satu sama lain daripada panggilan “jagi”.  Ngomong-ngomong, apakah kalian tahu kalau Yeobo merupakan kepedekan dari “Yeogi boseyo?” (여기 보세요)  yang artinya “lihatlah ke sini”. Pasti kalian kaget kan? Awalnya kata ini digunakan untuk memanggil atau menarik perhatian orang tersayang kita, namun pada akhirnya makna kata ini pun akhirnya mengalami perluasan seiring berjalannya waktu.

Saranghae. Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan kata ini kan. Kata ini adalah kata sakti mandraguna yang bisa bikin heroine di dalam drama klepek-klepek sama heronya. Hehehe.

 

Bogo sipda. Ungkapan kangen-kangenan ini bener-bener sering diungkapkan kepada pasangan di dalam drama Korea. Makna sesungguhnya adalah “aku ingin lihat”. Akan tetapi ungkapan ini pun mengalami perluasan makna hingga akhirnya bisa bermakna kerinduan ingin segera bertemu.

 

 

Haengbokhaja. Ungkapan yang sangat romantis. Sering sekali diungkapkan untuk memberi kekuatan kepada orang lain atau menghibur orang lain. Namun juga sering diungkapkan kepada pasangan yang menunjukkan keseriusan hubungan mereka.

 

Johahaeyo. Ungkapan perasaan yang ditunjukkan kepada orang yang dekat dengan kita, namun mungkin belum berada di titik sangat serius. Ungkapan ini sering banget bikin perasan cewek deg-degan gak karuan di masa awal-awal PDKT. Hahaha.

 

Yakhon. Ini adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh perempuan. Pertunangan atau lamaran pastilah merupakan tanda komitmen serius dari pasangan kalian.

 

Gyeor-hon. Pernikahan. Ini merupakan kata yang sangat sakral dan membahagiakan bagi setiap pasangan di Korea, juga di seluruh dunia.

 

Nan nikkeoya. Merupakan sebuah ungkapan yang biasanya diungkapkan sebagai rasa kepemilikan antara satu sama lain. Biasanya kalau pasangannya posesif, dia bilang gini sih “Neon naekkeoya!” yang artinya “Kamu milikku!” Hehehe.

 

 

Ana-do dawe?. Afeksi atau rasa sayang kepada pasangan pasti sering diungkapkan melalui gestur tubuh dan “skinship”. Pelukan salah satunya.

 

 

Khiseuhae-do dwae?. Duh, dipeluk saja udah degdegan apa lagi dicium. Biasanya orang Korea juga menggunakan istilah “ppoppo”, akan tetapi istilah ini lebih bermakna “kecupan” sayang.

 

Yeppeoyo. Duh, peringatan bagi para lelaki. Sering-seringlah memuji pasangan kalian dan buat dia bahagia. Meskipun pasangan kalian tanpa make-up, mereka pasti tetap terlihat cantik di mata kalian.

 

Jal saenggyeosseoyo. Auh, perempuan memang jarang sekali memuji, tapi kan ada saatnya kalian balas memuji pasangan kalian bukan? hehehe.

 

Nah, gimana sobat Korean First? Udah pada baper belum? Saya juga baper sih bikin artikel ini. Hahaha. Semoga artikel ini bermanfaat dan bikin kalian tambah seneng mempelajari bahasa Korea ya! Semangat!

 

Baca juga :

9 Kata Dalam Bahasa Korea yang Bermakna Indah

Wow! Ini Loh 5 Universitas Khusus Wanita Paling TOP di Korea!

Tidak Hanya Murid SMA di Korea, Murid SMK Tingkat Akhir di Negeri Ginseng pun Mengalami Tekanan

4 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting di Korea

Ingin Berkuliah di Korea? Kenalan dulu dengan SKY: 3 Universitas Paling TOP di Korea

KOREAN FIRST © 2018