Home Kehidupan Korea 7 Fakta Unik Korea Selatan yang Harus Kamu Tahu

7 Fakta Unik Korea Selatan yang Harus Kamu Tahu

budaya unik korea

7 Fakta Unik Korea Selatan

Negeri yang terkenal dengan drama dan film romantis ini memiliki berbagai fakta yang unik. Berikut ini adalah 7 Fakta Unik Korea Selatan yang Harus Kamu Tahu.

1. Tidak Ada Kewajiban Untuk Beragama

agama di korea

Jangan heran jika kamu menemukan banyak orang Korea yang tidak memilih untuk beragama. Penduduk Negeri Ginseng ini nyatanya memang tidak diwajibkan untuk memeluk suatu agama. Berbeda jauh dengan Indonesia yang menjadikan agama sebagai landasan utama dalam kehidupan bernegara.

Tapi, jangan salah paham dulu. Bukan berarti orang-orang disana tidak diperbolehkan untuk memeluk suatu agama. Hanya saja pemerintah dan masyarakat Korea cenderung menganut sekularisme (menganggap bahwa agama sebagai sesuatu yang harus berdiri terpisah dari negara).

2.  Operasi Plastik Adalah ‘Belanja Bulanan’

operasi plastik di korea

Di Korea Selatan, operasi plastik adalah budaya baru yang sangat lazim dilakukan siapapun. Entah itu laki-laki atau perempuan, mulai dari remaja hingga orang dewasa, semua orang sudah terbiasa melakukan bedah plastik untuk memperindah penampilan.

Saking sudah terbiasa, operasi plastik bahkan sudah seperti belanja bulanan yang tempo hari terjadi di pasar dan mungkin sudah kita lupakan hari ini.

Menurut sebuah survei sosiologis, satu dari lima wanita di Korea Selatan telah menjalani operasi plastik. Para orang tua sudah biasa memberikan hadiah operasi plastik kepada anak-anak mereka begitu berulang tahun ke-17 atau ketika lulus sekolah.

3. Semuanya Bergerak Serba Cepat dan Buru-Buru

budaya korea palli

Fakta unik Korea Selatan lainnya yang harus kamu tahu adalah budaya orang-orang korea yang selalu bergerak cepat dan tampak buru-buru ketika bekerja. Budaya ini disebut ‘ppalli-ppalli’. Ppalli-ppalli bisa diartikan sebagai; cepat atau buru-buru.

Jika kamu tidak terbiasa dengan budaya ini, mungkin kamu akan merasa sangat tertekan. Tidak sedikit pekerja asing yang kesulitan beradaptasi dengan budaya ppalli-ppalli. Kendati begitu, berkat ppalli-ppalli jugalah orang Korea bisa mengubah perekonomian negara mereka secara pesat seperti sekarang.

4. Menulis dengan Tinta Merah Merupakan Sesuatu yang Haram Dilakukan

tinta merah di korea

Hal unik lainnya tentang Korea Selatan adalah mitos tentang tinta merah. Konon, menulis dengan tinta merah bisa mendatangkan kesialan. Jika menulis nama seseorang dengan tinta merah, maka orang tersebut akan mengalami musibah dalam waktu dekat. Bahkan, ada kemungkinan si pemilik nama bisa meninggal jika ditulis menggunakan tinta merah.

Ada kepercayaan lain bahwa tinta merah juga dapat mengusir setan dan melindungi orang yang sudah meninggal. Tapi, pantang digunakan untuk bekerja atau dalam kehidupan sehari-hari.

5. Produk Kosmetik Untuk Semua Gender

Pernahkah kamu pergi ke toko dekat rumah tanpa menggunakan kosmetik? Jika pertanyaan ini kamu ajukan kepada orang Korea maka pasti mereka akan menjawab tidak pernah.

Mereka akan tetap memakai kosmetik bahkan hanya untuk keluar rumah sebentar saja. Lebih jauh, produk kosmetik di Korea Selatan sudah tidak lagi diperuntukan bagi perempuan saja. Produk kosmetik adalah produk untuk semua jenis kelamin.

6. Bawang Putih Adalah Camilan Sehari-hari

bawang di korea

Kalau kamu penggemar masakan khas Korea, mungkin kamu sudah tidak asing lagi ketika menemukan bawang putih di berbagai resep masakan. Itu karena orang Korea memang sangat menyukai bawang putih.

Bagi orang Korea, bawang putih itu sudah seperti cabe rawit di mata orang Indonesia, yang biasa kita konsumsi sehari-hari melalui bumbu masakan atau dimakan mentah sebagai pendamping makan gorengan.

7. Makan Mie Langsung dari Panci

Fakta unik Korea Selatan berikutnya adalah kebiasaan makan mie langsung dari pancinya ketika sudah matang. Kalau kamu sering nonton serial K-drama, mungkin kamu sudah sering melihat para tokohnya melakukan kebiasaan unik ini.

Masyarakat Korea Selatan itu lebih senang langsung makan setelah dimasak. Mereka tidak suka menyantap makanan yang sudah berpindah-pindah dari tempat dimasaknya. Makanan harus dinikmati saat sedang segar-segarnya.

Baca juga:

[Info Kursus Bahasa Korea]

Kamu pengen pergi ke Korea tapi kemampuan bahasa Koreamu belum cukup? Yuk ikut kursus online bahasa Korea bersama Korean First. Disini kamu akan dibimbing langsung oleh tutor profesional sampai lancar. Mau lihat kelasnya? Intip di sini:

kursus bahasa korea

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here