Home Tata bahasa Korea Arti Tata Bahasa imnida / 입니다 dan Cara Penggunaannya

Arti Tata Bahasa imnida / 입니다 dan Cara Penggunaannya

arti kata imnida

Annyonghaseyo?

Kita sering mendengar orang Korea berbicara dengan kata imnida (입니다). Namun tahu ngga sih, apa arti kata tersebut dan bagaimana cara penggunaannya dalam percakapan?

Kata imnida (입니다) ini sering kita temui di dalam percakapan sehari-hari, baik di dunia kerja, acara reality show, atau acara lainnya. Jadi kita perlu sekali untuk mengetahui arti dan cara penggunaannya dalam sebuah kalimat. Baik, langsung saja kita bahas di bawah ini.

Arti kata imnida (입니다)

Kata imnida mempunyai arti “adalah”. Kata ini diletakkan di paling akhir kalimat. Kata ini bisa untuk mengenalkan diri sendiri misalnya “저는 민호입니다” Jeoneun Minho imnida yang artinya adalah “Saya adalah Min ho”. Bisa dipahami kan?

Nah, kata imnida juga dapat tidak diartikan atau kita hilangkan arti “adalah” nya, jadi langsung menyebut nama, contohnya: 저는 루디입니다 “Jeoneun Rudi imnida” yang artinya: “Saya Rudi”.

Belajar bahasa Korea Online

Selain untuk mengenalkan nama orang, kata imnida bisa juga untuk menyebut nama benda, contohnya: 이것은 책입니다 “Igeoseun chaegimnida” yang artinya “ini adalah buku”.

Cara Penggunaan

Kata imnida merupakan akhiran formal dalam bahasa Korea. Jadi bisa kita pakai dalam situasi resmi seperti perkenalan di kantor, di acara reality show untuk para artis contohnya, dan bisa juga untuk kepada orang yang lebih tua.

Belajar bahasa Korea Online gratis

Saat menyebutkan nama, kita bisa langsung menempelkan akhiran imnida ini. Tanpa dikasih spasi ya.. Jadi nempel ke kata benda. Berikut contoh kalimatnya:

  1. 저는 학생입니다 (Jeoneun haksaengimnida) Saya adalah murid.
  2. 저는 인도네시아 사람입니다 (Jeoneun Indonesia saramimnida) Saya orang Indonesia.
  3. 이것은 구두입니다 (Igeoseun guduimnida). Ini adalah sepatu.
  4. 이것은 선풍기입니다 (Igeoseun seonphunggiimnida) Ini adalah kipas angin.
  5. 이것은 커피입니다 (Igeoseun kheophiimnida) Ini adalah kopi.

Nah itulah contoh kalimat yang menggunakan kata imnida. Kamu bisa latihan menggunakan kata tersebut dalam perkenalan sederhana. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata 저는 “Jeoneun” yang berarti saya. Lalu kamu bisa menyebut nama kamu sendiri misalnya Wati. Jadi kalimatnya adalah 저는 와띠입니다 (Jeoneun Watiimnida) Saya adalah Wati.

Apakah kamu belum bisa membaca han’geul? Atau belum lancar membacanya? Kini kamu bisa ikut kursus online bahasa Korea di Korean First. Kelas untuk Pemula, diajarin sampai bisa dan lancar.

Kelas Online Korean First

  1. Praktis lewat Aplikasi atau melalui Komputer
  2. Bisa belajar Kapan saja dan dimana saja, Fleksibel
  3. Gratis Konsultasi dengan tutor
  4. Akses kelasnya sampai 1 tahun
  5. Belajar materinya 24 jam nonstop, cocok buat kamu yang sibuk
  6. Disediakan E-book gratis
  7. Ada kuis dan latihan online
  8. Dan banyak lagi lainnya

Ikuti kelasnya sekarang bersama ratusan siswa lainnya. Dijamin kamu cepat menguasai bahasa Korea. Belajarlah dari ahlinya bersama Korean First. Lihat kelasnya disini:

kursus bahasa korea

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here