Home Kehidupan Korea Daftar 15 Kampus Terbaik di Korea Selatan

Daftar 15 Kampus Terbaik di Korea Selatan

Konkuk University

Kamu punya keinginan untuk kuliah di Korea? Mari kita simak daftar 15 kampus terbaik di Korea Selatan. Berikut ini merupakan daftar urutan universitas terbaik di Korea Selatan menurut QS WORLD UNIVERSITY RANKING 2021.

Baca Juga Nanti:

Daftar 15 Kampus Terbaik di Korea Selatan

1. Seoul National University (SNU)

Seoul National University (SNU)

Seoul National University atau dalam bahasa Korea disebut dengan “Seoul Daehakkyo (서울 대학교)” merupakan Universitas yang paling popular di Korea Selatan. Sesuai dengan namanya, Universitas ini terletak di Kota Seoul yang merupakan ibu kota dari Korea Selatan, Bangunan utamanya terletak di 1 Gwanak-ro, Gwanak-gu, Seoul 08826. Seoul National University didirikan pada 22 Agustus 1946 dan menjadi universitas pertama di Korea Selatan.

Universitas dengan kampus terbesar di Korea Selatan ini memiliki 16 kolese, 1 fakultas pascasarjana dan 10 fakultas professional dan masih menjadi tujuan nomor 1 bagi lulusan Sekolah Menengah Atas / 고등학교 di Korea Selatan. Bukan hanya siswa Korea, siswa luar negeri (internasional) pun tidak sedikit yang tertarik untuk menjadi mahasiswa disana. Di SNU tersedia banyak kelas dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris, sehingga mahasiswa Internasional tidak perlu khawatir jika ingin sekolah disana.

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

KAIST

KAIST adalah universitas riset nasional yang berlokasi di Daejeon, Korea Selatan. Universitas yang didanai oleh pemerintah ini didirikan tahun 1971 dan berfokus pada penelitian serta pengembangan sains dan teknik. Terdapat banyak kelas/kuliah dengan bahasa pengantar bahasa Inggris untuk memudahkan mahasiswa internasional. Serta banyak penawaran beasiswa yang menarik yang bisa didapat disana.

3. Sungkyunkwan University

kursus bahasa korea online gratis

Sungkyunkwan University didirikan pada tahun 1398, yang dulunya merupakan sebuah institusi pendidikan pada masa Dinasti Joseon. Universitas ini merupakan universitas riset swasta dan saat ini Sunkyunkwan University memiliki 2 kampus , yaitu Kampus Humaniora & Ilmu Sosial di Seoul, dan Kampus Ilmu Pengetahuan Alam di Suwon.

4. Pohang University of Science and Technology (POSTECH)

Pohang University of Science and Technology (POSTECH) adalah universitas riset swasta di Pohang, Korea Selatan. Universitas ini resmi didirikan pada tahun 1986 oleh POSCO, salah satu perusahaan baja terkemuka dunia dengan Park Tae-joon selaku ketua pendiri universitas.

5. Korea University

Korea University

Korea University merupakan salah satu universitas terbaik di Korea Selatan. Universitas ini didirikan tahun 1905 dan terletak di Seoul. Universitas ini memiliki dua kampus, kampus pertama adalah kampus Anam yang merupakan kampus terbesar dan kampus kedua yang ada di Jochiwon. Universitas ini memiliki banyak penawaran beasiswa bagi mahasiswa internasional.

6. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

kursus bahasa korea murah

Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST) merupakan universitas muda yang resmi dibuka pada tahun 2009 di Ulsan, Korea Selatan.  Ulsan merupakan jantung kota industri terbesar di Korea Selatan, tempat berkumpulnya industri otomotif, galangan kapal, petrokimia, dan sel sekunder yang terkenal di dunia. Universitas ini merupakan universitas riset sains dan teknologi, dan merupakan  satu-satunya universitas di Korea Selatan yang 100% perkuliahannya dilakukan dalam bahasa Inggris.

7. Yonsei University

Yonsei University

Yonsei University masih menjadi tujuan utama bagi lulusan SMA di Korea Selatan bersama dengan 2 universitas terbaik yang lain yaitu Seoul National University dan Korea University. Universitas yang terkenal dengan gudangnya para atlet ini terletak di Yonsei-ro, Seodaemun-gu, Seoul, Korea Selatan. Yonsei University memiliki 3 kampus yaitu, Sincho sebagai kampus utama, Songdo Campus yaitu kampus untuk mahasiswa internasional, dan Wonju Campus.

8. Kyung Hee University

Kyung Hee University

Kyung Hee University merupakan universitas swasta yang didirikan pada tahun 1949. Kyung Hee University memiliki 2 kampus yaitu di Seoul dan Suwon. Kyung Hee University dikenal dengan Sekolah Tinggi Pengobatan Korea, yang dianggap sebagai sekolah terkemuka dalam pengobatan tradisional Korea dan praktik medis tradisional Asia lainnya.

9. Sejong University

kursus bahasa korea terbaik

Sejong University merupakan universitas swasta yang terkenal dengan program studi manajemen perhotelan dan pariwisata, menari, animasi dan senam ritmik (jasmani). Universitas yang terletak di Seoul ini didirikan tahun 1940 oleh Kyung Sung Humanities Institute. Sejong University memiliki 9 fakultas dan 7 sekolah pascasarjana.

10. Hanyang University

Hanyang University merupakan universitas riset swasta yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Hanyang sendiri merupakan nama ibukota yang dipakai selama masa Dinasti Joseon. Didirikan tahun 1939 dan memiliki cabang kampus di daerah Ansan. Universitas ini menyediakan program untuk mahasiswa internasional dengan ujian masuk sebagai salah syarat masuk universitas. Universitas ini juga menyediakan program kuliah jarak jauh/ Kuliah Daring (Online).

11. Gwangju Institute of Science and Technology (GIST)

Gwangju Institute of Science and Technology

Gwangju Institute of Science and Technology (GIST) adalah universitas riset bidang sains dan teknik terapan yang terletak di Gwangju, Korea Selatan. Universitas ini didirikan pada tahun 1993 dan menjadi universitas pertama di Korea Selatan yang mengadopsi sistem inovatif yang menyediakan kurikulum sains dasar yang komprehensif sebagai batu loncatan untuk penelitian dalam berbagai bidang sains dan teknik.

12. Ajou University

Ajou University

Ajou University resmi didirikan oleh pemerintah Korea dan pemerintah Prancis pada tahun 1973 dan terletak di 206 World Cup-ro, Yeongtong-gu, Suwon, Gyeonggi-do, Korea Selatan. Ajou University memiliki Prinsip yang menjadi pedoman universitas yaitu respect for humans, seeking truth from facts, and one world, one family.

13. Chung-Ang University

Chung-Ang University yang juga dikenal dengan CAU adalah salah satu universitas riset komprehensif swasta di Korea Selatan. Didirikan pada tahun 1918 dengan menjunjung tinggi cita-citanya yaitu “Truth and Justice”. Simbol Universitas Pusatnya adalah Naga Biru. Naga Biru adalah simbol ketuhanan, agung dan makmur, melambangkan kesucian, otoritas dan kebebasan universitas dan berarti kemakmuran abadi Universitas Chung Ang.

14. EWHA Women University

EWHA Women University resmi didirikan tahun 1886 dan menjadi universitas pertama yang dibangun khusus untuk wanita. Universitas ini terletak di Seoul dan memiliki banyak program kelas/kuliah dengan pengantar bahasa Inggris. Serta memiliki sejumlah penawaran beasiswa untuk mahasiswa Internasional.

15. Konkuk University

Konkuk University

Konkuk University berdiri pada tahun 1931 dengan lokasi di Seoul (sebagai kampus utama) dan di Chungju, di provinsi pegunungan Chungcheong Utara. Kampus di Seoul terdiri dari 13 sekolah sarjana dan 13 sekolah pascasarjana, sedangkan Kampus di Chungju terdiri dari 7 sekolah sarjana dan 2 sekolah pascasarjana. Konkuk University menawarkan banyak beasiswa untuk mahasiswa internasional.

Baca Juga:

Universitas-universitas diatas menawarkan berbagai macam beasiswa, mulai dari beasiswa yang parsial (sebagian) hingga beasiswa penuh. Di universitas tersebut juga menawarkan kelas/ kuliah dengan pengantar bahasa Inggris, sehingga mahasiswa asing yang kurang lancar bahasa Koreanya, bisa ikut kuliah dengan bahasa inggris.

[Info Kursus Bahasa Korea]

Ingin kuliah di Korea? Yuk, ikuti kelas online bahasa Korea untuk persiapan ujian TOPIK bersama Korean First, agar kamu bisa lolos beasiswanya. Materinya lengkap dan pengajarannya mudah dipahami. Mau lihat kelasnya? Intip di sini:

kursus bahasa korea

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here