HomePelajaran TOPIKPembahasan Soal TOPIK Part 2

Pembahasan Soal TOPIK Part 2

Pembahasan Soal Ujian TOPIK Part 2

Jumpa lagi di pembahasan Soal ujian TOPIK. Sebelumnya, jika kamu belum membaca pembahasan yang part 1, kamu bisa baca di sini:

Nah jika sudah siap belajar, yuk simak pembahasannya di bawah ini:

[1-3] 다음의 내용과 같은 것을 고르십시오. (1-3) Pilihlah yang sama dengan isi berikut.

Soal No. 1 (3점) Nilai 3

내일은 친구의 생일입니다. 저는 친구에게 주려고 과자를 만들었습니다. 내일 친구에게 선물할 겁니다. (Besok adalah hari ulang tahun teman saya. Saya membuat kue untuk diberikan kepada teman saya. Saya akan menghadiahkan kepada teman saya besok.)

1. 저는 과자를 살 겁니다. Saya akan membeli snack
  2. 친구가 과자를 만들었습니다. Teman saya membuat snack
  3. 친구가 생일 선물을 주었습니다. Teman saya memberi saya hadiah ulang tahun.
  4. 저는 내일 친구에게 과자를 줄 겁니다. Saya akan memberi kue teman saya besok.

Jawaban: 4

Soal No. 2 (2점) Nilai 2

오늘 수미 씨와 영화를 보러 갔습니다.우리는 영화관까지 함께 버스를 타고 갔습니다. 영화를 보고 우리 집에서 같이 저녁을 먹었습니다. (Hari ini, saya pergi menonton film dengan Sumi. Kami pergi naik bus bersama sampai bioskop. Setelah menonton film, kami makan malam di rumah saya.)

1. 저는 수미 씨와 영화를 봤습니다.  Saya menonton film dengan Sumi
  2. 저는 영화관까지 걸어서 갔습니다. Saya pergi berjalan ke bioskop.
  3. 저는 식당에서 저녁 식사를 했습니다. Saya makan malam di restoran
  4. 저는 영화관에서 수미 씨를 만났습니다. Saya bertemu Sumi di Bioskop

Soal No. 3 (3점) Nilai 3

저는 보통 자전거를 타고 출근합니다. 자전거를 타면 운동도 할 수 있어서 좋습니다. 그런데 오늘은 다리가 아파서 택시를 타고 출근했습니다. (Saya biasanya mengendarai sepeda pergi kerja. Karena bisa berolah raga jika naik sepeda saya senang. Tetapi karena hari ini kaki saya sakit, saya naik taksi pergi kerjanya.)

1. 오늘은 회사에 가지 않았습니다.   Hari ini saya tidak pergi ke kantor
  2. 저는 회사에 가서 운동을 합니다. Saya pergi ke kantor lalu berolahraga
  3. 저는 보통 택시를 타고 회사에 갑니다.  Saya biasanya naik taksi untuk pergi ke Perusahaan
  4. 오늘은 다리가 아파서 자전거를 못 탔습니다. Karena hari ini kaki saya sakit, saya tidak bisa naik sepeda

Jawaban: 4

[4-6] 다음을 읽고 중심 생각을 고르십시오. (4-6) Bacalah bacaan berikut ini dan pilihlah ide pokoknya.

Soal No. 4 (3점) Nilai 3

제 친구 마리 씨가 오늘 고향으로 돌아갔습니다. 우리는 공항에서 인사를 했습니다. 저는 마리 씨와 헤어져서 눈물이 났습니다. (Temanku Mari kembali ke kampung halaman hari ini. Kami di bandara mengucapkan salam perpisahan. Saya menangis karena berpisah dengan Mari.)

1. 저는 고향에 가려고 했습니다. Saya berencana untuk pulang ke kampung halaman.
  2. 저는 마리 씨가 떠나서 슬펐습니다. Saya sedih karena Mari pergi.
  3. 저는 마리 씨의 고향에 가고 싶었습니다. Saya ingin pergi ke kampung halaman Mari.
  4. 저는 공항에서 친구를 만나고 싶었습니다. Saya ingin bertemu teman di Bandara.

Jawaban: 2

Soal No. 5 (3점) Nilai 3

아버지의 가방은 오래되었습니다. 저는 아버지의 가방을 바꿔 드리고 싶습니다. 그래서 요즘 아르바이트를 하고 있습니다. (Tas ayah saya sudah tua. Saya ingin mengganti tas ayah saya. Jadi, akhir-akhir ini saya bekerja paruh.)

1. 저는 아버지의 가방이 좋습니다. Saya suka tas Ayah.
  2. 저는 아르바이트를 찾으려고 합니다. Saya berencana untuk mencari pekerjaan paruh waktu.
  3. 저는 아버지께 가방을 사 드리려고 합니다. Saya berencana untuk membelikan tas untuk Ayah.
  4. 저는 가방 만드는 회사에서 일하고 싶습니다. Saya ingin bekerja di Perusahaan pembuatan tas.

Soal No. 6 (3점) Nilai 3

저는 주말에 항상 민수 씨와 테니스를 칩니다. 그런데 민수 씨가 일 때문에 외국에 갔습니다. 저는 민수 씨가 빨리 오면 좋겠습니다. (Saya di akhir pekan selalu bermain tenis dengan Minsu. Tetapi Minsu pergi ke luar negeri untuk urusan pekerjaan. Saya berharap Minsu segera kembali.)

1. 저는 테니스를 배우려고 합니다. Saya berencana untuk belajar Tennis.
  2. 저는 외국에서 일을 하려고 합니다. Saya berencana untuk bekerja di luar negeri.
  3. 저는 민수 씨와 테니스를 치고 싶습니다. Saya ingin bermain Tennis dengan Minsu.
  4. 저는 민수 씨와 같이 외국에 가고 싶습니다. Saya ingin pergi ke luar negeri dengan Minsu.

Jawaban: 3

(7-8) 다음을 읽고 물음에 답하십시오. ( 2) (7-8) Bacalah berikut ini dan jawablah pertanyaannya. (Masing-masing nilai 2)

저는 혼자 여행하는 것을 좋아합니다. 보통 여행 기간이나 장소를 정하지 않고 여행을 떠납니다. 유명한 관광지보다는 작은 마을을 다닙니다. 저는 운전을 하면서 여행하는데 예쁜 경치가 보이면 내려서 구경합니다. 여행하는 곳이 ( ㉠ ) 오랫동안 지낼 때도 있습니다. (Saya suka berwisata sendirian. Saya biasanya tanpa menentukan waktu wisata atau lokasinya langsung pergi wisata. Dari pada tempat wisata yang terkenal, saya mengunjungi desa kecil. Saya berwisata sambil mengemudi, dan jika terlihat pemandangan yang cantik, saya turun dan melihatnya. (ㄱ) tempat wisatanya, kadang saya melewati untuk waktu yang lama.)

Soal No. 7

㉠ 에 들어갈 알맞은 말을 고르십시오. Pilihlah yang benar untuk masuk ke ( ㉠ ).

1. 좋으면 Jika bagus
  2. 좋지만 Meskipun bagus
  3. 좋아도 walaupun bagus
  4. 좋은데 bagus, tapi

Soal No. 8

이 글의 내용과 같은 것을 고르십시오. Pilihlah yang sama dengan isi bacaan tersebut.

1. 저는 여행할 때 직접 운전을 합니다. Saya ketika berwisata mengemudi sendiri
  2. 저는 여러 사람과 함께 여행을 합니다. Saya berwisata bersama dengan beberapa orang
  3. 저는 여행 기간을 정한 후에 여행합니다. Saya berwisata setelah menentukan waktu berwisata
  4. 저는 여행할 때마다 유명한 관광지에 갑니다. Saya mengunjungi tempat wisata terkenal setiap kali berwisata

Jawaban: 1

[9-10] 다음을 읽고 물음에 답하십시오. (9-10) Bacalah berikut ini dan jawablah pertanyaannya.

밀가루는 음식 재료입니다. 그런데 밀가루는 다양한 곳에 사용할 수 있습니다. 포도나 딸기를 씻을 때 밀가루로 씻으면 좋습니다. ( ㉠ ) 냄새가 나는 그릇에 밀가루를 넣고 하루가 지나면 냄새가 나지 않습니다. 밀가루를 사용하면 프라이팬에 남은 기름도 쉽게 닦을 수 있습니다. (Tepung terigu adalah bahan makanan. Tetapi tepung terigu bisa dipakai di berbagai tempat. Saat mencuci anggur atau strowberi, alangkah bagusnya jika mencuci dengan tepung terigu. (㉠) Masukkan tepung ke dalam mangkok yang berbau, dan setelah sehari tidak akan berbau. Jika menggunakan tepung terigu, dapat dengan mudah menggosok minyak yang tersisa di penggorengan.)

Soal No. 9

㉠ 에 들어갈 알맞은 말을 고르십시오. (3점) Pilihlah yang benar untuk masuk ke ( ㉠ ). (Nilai 3)

1. 그래서 oleh karena itu
  2. 그러면 kalau begitu
  3. 그리고 kemudian
  4. 그러나 akan tetapi

Soal No. 10

무엇에 대한 이야기인지 맞는 것을 고르십시오. (2점) Pilihlah yang benar cerita tentang apa. (Nilai 2)

1. 밀가루로 할 수 있는 일. Hal yang bisa dilakukan dengan tepung terigu
  2. 밀가루로 그릇을 닦는 순서. Urutan mengelap mangkok dengan tepung terigu
  3. 밀가루로 과일을 씻는 방법. Cara mencuci buah dengan tepung terigu
  4. 밀가루로 만들 수 있는 음식. Makanan yang bisa dibuat dengan tepung terigu

Jawaban: 1

Nah, itulah contoh soal TOPIk dan pembahasannya. Gimana, bisa dipahami kan? Jika kamu ingin lebih dalam lagi belajar TOPIK bisa gabung di kelas online Korean First. Yuk, daftar sekarang.

[INFO KELAS ONLINE]

Ingin Menguasai Bahasa Korea? Yuk Ikuti Kelas Onlinenya di Korean First. Materi Terlengkap, Tutor Terbaik, Biaya Termurah, & 100% Berkualitas.

kursus bahasa koreaKelas Online Terbaik, Ya Di Korean First!

Share:

6 Comments

1. Gyuulll
    1 April 2021
    Balas

makasih ka, membantu bgt materinya~

2. Reno
    Balas

Kursus online di sini bisa ?

3. Nina
    Balas

Bagus, tambah artikel kayak gini dong