October 24, 2019

Gerbang Informasi Menuju Korea

Kuliah S1 bahasa Korea? Seperti ini rasanya

Dengan kondisi masyarakat dan dunia modern sekarang ini, memilih jurusan kuliah tentu menjadi salah satu hal yang penting agar nanti bisa mengembangkan skill untuk bersaing di dunia kerja. Dari sekian banyak jurusan yang diminati oleh kaula muda dalam menunjang karir kehidupan mereka ke depannya. Jurusan S1 Bahasa Korea kian tahun kian naik daun.

Terlepas dari fakta bahwa ada campur tangan dari gelombang Hallyu atau Korean Wave yang tengah melanda seluruh dunia. Sebenarnya, ada banyak sekali alasan mengapa jurusan Bahasa Korea memiliki peminat yang sangat banyak. Salah satunya adalah tentu saja prospek kerja yang sangat bagus. Berbeda dengan jurusan bahasa lain yang telah lama berada di Indonesia, jurusan bahasa Korea tergolong baru dan masih sedikit universitas negeri mau pun swasta yang membuka prodi S1 Bahasa dan Kebudayaan Korea ini. Otomatis, persaingan kerja yang tidak begitu ketat membuat lulusan dari jurusan ini begitu banyak dicari di berbagai bidang terutama di perusahaan-perusahaan Korea.

Apalagi, pemerintah Indonesia dan Korea sedang gencar-gencarnya melakukan kerja sama di bidang seni dan budaya serta ekonomi kreatif. Lulusan-lulusan jurusan Bahasa Korea tentu saja akan menjadi tombak utama dalam melancarkan kerjasama ini karena dianggap sebagai jembatan penghubung antara dua negara. Wow, seru banget ya masa depan lulusan-lulusan dari jurusan ini.

Nah, bagi kalian yang sekarang masih SMA dan tertarik untuk memilih dan berkarir di jurusan ini. Yuk, simak informasi berikut. Memangnya belajar apa aja sih pas kuliah nanti?

 

  1. Kemampuan Berbahasa Korea

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Himahara UGM (@himaharaugm) pada

Tentu saja, ini jurusan Bahasa Korea, pasti yang dipelajari adalah bahasa Korea. Tapi jangan takut, untuk kamu yang belum pernah belajar bahasa Korea sama sekali dan “terdampar” di jurusan ini, pada semester pertama, kalian pasti akan diajari dasar-dasar dari membaca hangeul hingga berhitung. Jadi jangan takut atau minder ya?

Nah, untuk lebih yakinnya, ini ada contoh silabus pembelajaran yang ditawarkan oleh prodi S1 Bahasa dan Kebudayaan Korea di Universitas Gadjah Mada.

Bisa kalian lihat sendiri, bahwa semester pertama akan penuh dengan pembelajaran yang sangat dasar. Rasanya seperti kembali ke taman kanak-kanak ya? Belajar menulis dan membaca lagi. Hahaha. Tapi jangan salah, mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang akan menjadi pondasi kehidupan perkuliahan kalian ke depannya. Jika kalian tidak serius dan belajar sungguh-sungguh dari semester satu, nanti di semester tua kalian baru akan merasakan beratnya dunia perkuliahan.

 

  1. Sejarah dan Kebudayaan Korea

Selain belajar tentang bahasanya, nanti kita belajar apa lagi ya? Ya, tentu saja adalah belajar sejarah dan kebudayaan Korea. Mata kuliah yang satu ini adalah mata kuliah yang akan membuka mata kalian bahwa ternyata Korea tidak hanya sekadar tentang drama dan K-Pop saja. Namun, ada sejarah panjang dan yang akhirnya membentuk negara Korea hingga akhirnya menjadi Korea yang sekarang kalian kenal.

Kalian akan belajar masa-masa prasejarah Korea, lalu maju ke masa tiga kerajaan, perang saudara, hingga ada masa Silla Bersatu, Jeoson, Penjajahan Jepang, Perang Korea, hingga akhirnya Korea Modern. Pokoknya seru banget! Berkat mata kuliah ini, kalian bisa lebih menikmati menonton drama-drama kolosal Korea seperti “Dong Yi” atau film-film sejarah Korea yang keren itu.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ariba Iqbal (@aribaiqbal) pada

Selain Sejarah, di sini juga ada mata kuliah Korean Pop Culture dan Masyarakat Korea Kontemporer (ini contoh mata kuliah yang juga ditawarkan oleh jurusan S1 Bahasa Korea UGM). Mata kuliah ini bekerja sama dengan Korea Foundation dan pengajar mata kuliah ini merupakan dosen-dosen dari HUFS (Hankuk University of Korean Study). Wow, banget ya. Di mata kuliah ini kalian akan belajar tentang masyarakat Korea serta budaya populer mereka yang sedang naik daun seperti sekarang ini. Nah, di sini kalian akan belajar sisi-sisi lain dari Korean Pop Culture, gak cuman soal K-POP dan drama doang ya!

 

  1. Sastra dan Linguistik Korea

Jangan kira kita hanya akan belajar tentang bahasa Korea dan budayanya saja. Ternyata kita juga akan belajar tentang sastra serta linguistik Korea loh. Ini merupakan “The next level” dari mempelajari suatu bahasa. Kalian akan dituntut untuk memahami puisi-puisi, novel, serta drama Korea secara lebih detail dengan menggunakan teori-teori sastra. Sementara itu, kalian juga akan diasah untuk memahami bahasa Korea secara lebih mendalam menggunakan teori-teori linguistik. Ini merupakan mata kuliah-mata kuliah semester tua yang akan mempersiapkan kalian dalam penulisan skripsi. Jadi, bakal sangat menantang sekali.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh sheena (@morningmoons_) pada

Hal ini juga yang membedakan jurusan S1 dan Diploma, karena di S1 kalian dituntut untuk menjadi peneliti bahasa dan kebudayaan Korea yang nantikan bisa secara lebih dalam memahami tentang Korea.

 

  1. Ekstrakurikuler Penunjang Pembelajaran

Kuliah jurusan bahasa Korea ternyata gak cuman belajar di kelas tapi juga belajar di luar kelas loh. Kalian bisa mengikuti dongari atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang akan mengasah skill kalian dengan cara lebih seru dan menarik karena dilakukan bersama-sama teman sejurusan. Setiap jurusan bahasa Korea di masing-masing universitas memiliki jenis-jenis UKM-nya sendiri, tapi rata-rata UKM yang ditawarkan adalah buchaechum (tari kipas Korea), talchum (tari topeng Korea), Samulnori (alat musik Korea), klub sastra Korea, dan lain-lain.

Selain bergabung dalam UKM-UKM ini, kalian juga akan bersama-sama mengadakan acara tahunan seperti Korean Days yang diadakan oleh UGM! Wow, seru banget kan ya!

Nah, itu dia empat hal yang akan kalian pelajari selama berkuliah di jurusan S1 bahasa Korea. Setiap jurusan kuliah memiliki tantangannya sendiri, tapi salah satu yang menarik dari jurusan bahasa Korea adalah kalian bisa enjoy dalam melakukan setiap proses pembelajarannya loh! Semangat terus ya, jika memang bekerja di bidang ke-Korea-an merupakan passion-mu sejak dulu, mungkin jurusan ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Baca juga nih, 4 universitas negeri yang membuka jurusan S1 Bahasa Korea di Indonesia:

4 Universitas Negeri yang Membuka Program S1 Bahasa Korea


MAU KURSUS ONLINE BAHASA KOREA UNTUK PERSIAPAN KERJA DI KOREA?

UNTUK MENDAFTAR KELAS BAHASA KOREA ONLINE!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.