Buat kamu yang sedang menimbang keputusan untuk melanjutkan kuliah di Korea Selatan, mungkin kamu butuh panduan khusus agar pilihan kamu semakin mantap. Negara ini telah masuk dalam radar mahasiswa internasional berkat kualitas pendidikannya yang sangat tinggi, sehingga perlu perhatian khusus agar dapat memenuhi standar kualifikasi yang diharapkan.

Kuliah di Korea Selatan

Terlepas dari apapun motivasinya untuk berkuliah di negerinya para oppa ini, persaingan untuk diterima di universitas-universitas terkemuka di Korea Selatan  terkenal sangat sengit.

Menurut sejumlah bocoran dari mereka yang berpengalaman kuliah di Korea, supaya bisa melanjutkan pendidikan ke universitas-universitas terkemuka para siswa diwajibkan mengikuti berbagai tahapan dan ujian khusus yang harus sudah diselesaikan jauh-jauh hari bahkan sebelum mendaftarkan diri ke universitas.

Yang jelas, semua proses itu membutuhkan perjuangan panjang yang sangat melelahkan. Maka dari itu, ada baiknya untuk mempertimbangkan ‘jalan pintas’ daripada berjibaku langsung dengan ribuan atau mungkin jutaan pesaing.

Mendaftar Via Seleksi Kedutaan Besar

Ada kalanya kedutaan besar Korea Selatan membuka seleksi khusus bagi warga negara asing yang ingin kuliah di Korea, dan biasanya kita akan diberi 3 pilihan universitas.

Kedubes selaku penyelenggara akan mengirimkan surat aplikasi dari masing-masing kandidat terpilih langsung ke universitasnya. Jika kamu lolos, kamu tinggal mengikuti tahapan selanjutnya. Surat aplikasi yang direkomendasikan oleh kedutaan besar negara menandakan bahwa kamu adalah kandidat istimewa yang benar-benar berkualitas dan harus dijadikan prioritas utama.

Mengikuti Program Beasiswa KGSP

Jika ingin kuliah gratis di Korea, kamu bisa mengikuti program beasiswa KGSP (Korean Government Scholarship Program). Untuk info lebih lengkapnya bisa kamu cek lansung melalui situs resminya (www.niied.go.kr) . Tidak hanya ke Korea, KGSP juga memberikan bantuan dana beasiswa ke negara Jepang.

Kuliah di Korea Melalui Program Beasiswa Universitas

Sejumlah universitas di Korea Selatan selalu menawarkan program beasiswa khusus untuk para calon mahasiswa asing. Seperti beasiswa dari Ewha Womans University dan beasiswa dari KAIST (Korean Advanced Institute of Science and Technology).

Kamu bisa cek informasinya langsung melalui website resmi unversitas yang bersangkutan. Selain dua universitas tersebut, masih banyak lagi universitas bergengsi lainnya yang membuka program beasiswa serupa.

Kursus Online Korean First

Mengikuti Program Relawan Internasional

Salah satu poin penentu yang paling berpengaruh bagi universitas untuk mempertimbangkan calon mahasiswa barunya adalah sertifikat. Sertifikat apa? Apapun yang berkaitan dengan pencapaian-pencapaian dan kegiatan bermanfaat, seperti sertifikat partisipasi atau penghargaan dalam gerakan relawan internasional.

Calon mahasiswa yang melampirkan sertifikat seperti ini berkali-kali lipat lebih berpotensi mendapatkan beasiswa dari universitas. Selagi masih ada waktu, kamu bisa mulai mencari informasi mengenai program volunteer dari situs-situs organisasi internasional.

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Melalui Kursus Bahasa Korea

Yang satu ini mutlak harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin tinggal dan kuliah di Korea Selatan. Sebagai persiapan, kamu bisa mulai mengikuti kursus Bahasa Korea untuk meningkatkan skill komunikasi, seperti kursus Bahasa Korea di Korean First.

Mulai dari pemula hingga tingkat lanjut, semua kurikulum pembelajaran yang akan kamu dapatkan sudah disesuaikan dengan perkembangan terkini. Terlebih, kegiatan belajar di Korean First menggunakan sistem kuliah online seperti yang banyak diterapkan di Korea Selatan. Kamu bisa akses semua materinya kapan saja dan dimana saja melalui gadget atau laptop.

Mau tahu informasi selengkapnya? Simak disini sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published.