Annyonghaseyo?

Apakah teman-teman sering mendengar kata TOPIK? Apa itu TOPIK dan apa saja kegunaannya? Mungkin sebagian dari kita sudah ada yang pernah ikut ujian TOPIK. Namun akan kita bahas agar yang masih pemula bisa tahu. Berikut ini adalah penjelasan tentang TOPIK yang bisa kamu catat.

Pengertian TOPIK

TOPIK adalah ujian bahasa Korea yang ditujukan untuk mengukur kemampuan bahasa Korea bagi orang asing. Kepanjangan dari TOPIK adalah Test of Proficiency in Korea. Selain diadakan di Korea sendiri, ujian TOPIK juga diadakan di berbagai negara dikarenakan hubungan Korea juga banyak dengan berbagai negara. Bentuk ujian TOPIK adalah tertulis di kertas dengan menjawab berbagai pertanyaan bahasa Korea yang nanti setelah di koreksi akan ketahuan hasil scorenya.

Manfaat Ikut TOPIK

Dengan mempunyai sertifikat TOPIK ini kita bisa menggunakannya dalam berbagai hal, contohnya:
1. Melamar kuliah di negara Korea. Dan ini biasanya menjadi syarat wajib bagi calon mahasiswa asing seperti kita.
2. Mendaftar beasiswa kuliah. Kalau kita mau kuliah GRATIS di Korea, sertifikat TOPIK ini bisa menjadi wajib dimiliki. Jadi harus disiapkan ya.
3. Bisa untuk melamar bekerja di perusahaan Korea yang ada di Indonesia. Banyak sekali perusahaan Korea yang merekrut calon pekerjaanya dengan mensyaratkan mempunyai sertifikat TOPIK ini. Jadi penting buat kita miliki jika ingin bekerja di perusahaan internasional milik Korea.
4. Melamar menjadi pengajar bahasa Korea. Sekarang ini pengajar bahasa Korea dituntut memilik sertifikat TOPIK. Nah, bagi kamu yang pengen banget jadi Sonsengnim atau Pengajar bahasa Korea, perlu banget buat ikut ujian ini.
5. Dan masih banyak lagi lainnya.
Itulah beberapa contoh manfaat memiliki sertifikat TOPIK. Banyak sekali manfaatnya untuk kita.

Penilaian Ujian TOPIK

Ini adalah tabel penilaian dari TOPIK. TOPIK dibagi menjadi 2 yaitu TOPIK I dan TOPIK II. Masing-masing mempunyai batas nilai minimun untuk lulus. Perhatikan tabel di bawah ini.
Topik Belajar Bahasa Korea

     Tabel diatas adalah sistem penilaian TOPIK yang terbaru (mulai 2014 sampai sekarang). Materi tesnya adalah Listening dan Reading. Namun untuk yang TOPIK II peserta harus menempuh sesi menulis juga. Jadi TOPIK II ada 3 sesi yaitu Listening, Reading, dan Writing.

Jadwal Ujian TOPIK

Ujian TOPIK diselenggarakan oleh pemerintah Korea langsung. Baik itu diselenggarakan di negara Korea sendiri ataupun di berbagai negara. Jadwal akan ditentukan sesuai kebijakannya. Biasanya di Indonesia ujian TOPIK diadakan dua kali dalam setahun (Sekitar bulan Maret dan Oktober). Dan lokasi ujiannya pun dibatasi hanya sekitar 4 daerah. Untuk detailnya kita bisa update pengumumamnya di website resminya.

Persiapan kuliah di Korea

Dan yang paling penting adalah persiapannya. Karena ujian ini sangat jarang, jadi kita harus mengusahakan untuk lulus. Persiapkan dengan matang. Jika kita mau mendaftar ujian ini, maka biayanya sekitar 150.000 sampai 250.000 rupiah.

Selain mempunyai sertifikat TOPIK, apabila kamu punya sertifikat ujian bahasa Inggris TOEFL juga akan lebih baik untuk melamar bekerja atau melamar di Korea. KLIK DI SINI untuk ikut belajar bahasa Inggris GRATIS.

    Ingin Kursus Online Bahasa Korea? Ikuti Kelasnya Sekarang. Gabung Bersama Korean First!

Info kursus online bahasa Korea

Leave a Reply

Your email address will not be published.