INFO:

1. Menulis dengan salah satu tema: 

A. Perkenalan diri (자기 소개)  dengan bahasa Korea (dengan tulisan han’geul/한글).

B. Tips Belajar bahasa Korea yang menurutmu bagus (dengan bahasa Indonesia).

C. Pengalaman seru kamu ngobrol langsung dengan orang Korea (dengan bahasa Indonesia).

Diberi judul ya, contohnya: “Caraku menghafal kosakata Korea dengan gambar”

2. Terdiri dari 2 paragraf. Jumlah kalimat bebas.

3. Tulis langsung di kolom komentar di bawah ini.

4. Tulisan akan dipublish dan dipilih oleh Admin Korean First untuk diberikan hadiah. Per bulan Totalnya 5 Pemenang (bisa berubah).

5. Manfaat Lomba: Tulisan/ide/pengalaman kamu akan dilihat ratusan orang (jumlah pengunjung web ratusan per hari), Kamu bisa ambil kelas online yang mana saja gratis, Gratis E-book (Kumpulan Tata Bahasa, Kumpulan Soal-soal bahasa Korea, dll).

 

28 Comments

  1. 자기 소개
    저는 누리다예요. 스마랑에 살아요. 지금 대학교에서 공부해요. 한국어를 배워요. 재미있어요.

    가족이 모두 네명이에요. 집에 있어요. 행봉하게 살아요. 고마워요

  2. Listening
    Pertama bisa mendengarkan lagu korea, sambil melihat text. Kalau sulit cari dikamus atau tanya Sonsengnim 😅
    Sering2 dengerin Mp3 percakapan juga. Itu aja Ssem.. 감사합니다

    1. 자기 소개

      제 이름은 리즈키야 입니다.

      Tips belajar bahasa korea versi aku dengan cara menghafal kosakata lewat drama korea dan kamus. (harus dibarengi sengan niat ya ^^)

      Pengalamanku saat berkomunikasi orang korea di Malang. Awalnya sulit, tapi aku mencoba sebisa aku. Untungnya dia mengerti apa yang aku maksud. walau terbata bata tapi akhirnya saling paham walau terlalu sering menggunakan bahasa tubuh. tapi itu menarik, bisa berkomunikasi langsung dengan orang korea.

      1. “TIPS MENARIK DAN AMPUH BELAJAR BAHASA KOREA SECARA OTODIDAK”
        Menurut aku selain pertama-tama belajar hangeul, cara alami dan cepat untuk mengerti bahasa Korea yang pertama adalah Listening. Aku sendiri tertarik belajar bahasa Korea karena K-Pop jadi sebelum belajar hangeul setidaknya sudah terbiasa Listening melalui musik, drakor, acara variety show dll jadi saat ingin mempelajari suatu vocab atau kalimat sudah tidak terlalu asing dan gampang dihafal.
        Dan menurutku cara belajar yang menyenangkan dan worth it selain nonton drakor atau variety show aku juga sering nonton Interview atau misalnya acara radio kalo ada Idolku disana, karena dari situ aku jadi banyak nemuin kata baru dan kalimat² yang biasa dipake sama native speaker dan itu sangat membantu untuk latihan speaking juga karena jadi banyak tahu vocab dan gimana cara ngomong layaknya orang yang sudah fluent bahasa Korea.

    2. Tips belajar bahasa korea dari hangeul-tata bahasa

      1. Hangeul
      Belajar hangeul yang pasti harus memahami dan menghafal huruf2nya, untuk liat huruf nya bisa search di googla dan untuk memahami cara merangkainya bisa nonton video2 di youtube, untuk latihan kalian bisa nulis nama member atau nulis kosakata bahasa korea^^
      2. Kosa kata
      Cara untuk kita cepet nambah kosa kata yang pertama nonton drama, trus variety show dan dari lagu jan lupa dicatet di buku biar gak lupa
      Terus bisa juga searching di google lalu di print dan jangan lupa sering2 dibaca biar cepet masuk dan bisa terus inget
      3. Tata Bahasa
      Untuk tata bahasa kalian bisa cari materi di web TALK TO ME IN KOREAN atau nonton video2 youtube kaya channelnya borassaem atau oppa academy, jangan lupa ditulis agar kita bisa terus pelajarin biar hafal, untuk biar lebih fasih bahasa korea kita bisa cari native org korea langsung, itu juga biar kita berani, dan kalian jga jangan takut salah kalo ngmong sma ntive korea, untuk cari native korea kalian bisa downloa aplikasi meef atau hello talk

      Segitu dulu tips dari aku, semoga membantu kalian semua ya gais^^

    3. “Belajar Bahasa Korea menyenangkan dengan Hobi”
      Yang pertama yaitu banyak memperhatikan percakapan orang korea tentang hobi kamu, contohnya: aku suka menggambar, jadi aku gabung di grup facebook orang korea tentang menggambar, atau kamu bisa follow page Instagram orang korea yang membahas tentang hobi kamu, bisa tentang menggambar, memasak, kpop, dsb. Karena ketika kita nge-scroll media sosial, kalau isinya banyak ber-bahasa korea (apalagi tentang hal favorit kita) secara alami kita jadi belajar ^^ kalaupun belum bisa memberi komentar, kita tetap bisa baca percakapan mereka di kolom komentar sambil cari arti kosa kata baru, jangan lupa dicatat juga ya. Awalnya ga ngerti apa-apa, tapi lama lama jadi banyak tau kosa kata baru sesuai topik favorit 😀
      Kemudian belajar sambil melakukan hobi, akhir-akhir ini aku suka bersepeda, selama bersepeda (juga ketika menggambar) biasanya aku mendengarkan podcast dari Talk To Me In Korea, sekali jalan bisa 2-3 podcast yang didengarkan, lumayan untuk me-review pelajaran sebelumnya. Oh iya, dan yang terakhir untuk motivasi belajar, cari grup facebook atau sosmed apa saja yang isinya orang-orang yang juga belajar bahasa korea, dari grup ini kita jadi punya study buddy, banyak yang membagikan kosa kata atau tentang tata bahasa korea, kita bisa sambil tanya jawab tentang bahasa korea, disitu juga biasanya ada orang-orang yang menawarkan grup khusus untuk kursus online gratis loh ^^
      Semoga tips dariku ini bermanfaat ya.. ^^

  3. 자기 소개
    제 이름은 웬디예요. 제 나이는 스무 네살이에요. 대학교에서 졸업했어요. 븡쿨루에서 살아요.
    제 취미는 수영해요. 아주 좋아합니다. 토요일 아침에 수영장에 가요. 고마워요.

    1. 자기 소개
      제 이름은 피피 입니다
      Tips belajar bahasa Korea versi saya adalah dengan cara menghafal kosakata nya melalui drama dan lagu korea. Saya suka Korea sejak kelas 4 SD. Saat beranjak kelas 5 SD saya mulai belajar bahasa Korea dengan meminjam kamus bahasa Korea dari sepupu saya.

      Saat kelas 3 SMP saya sempat berhenti belajar bahasa Korea karena saya lebih fokus belajar ujian kelulusan saya. Sekarang saya ingin belajar bahasa Korea lagi dengar niat. Beruntung sekarang saya bergabung dalam grup latihan bahasa Korea yang dianjurkan dari teman online saya dan saya bisa belajar bahasa Korea langsung dengan Mr Park, Mr James dan Ms Mora.

      1. 자기 소개
        안녕하세요,제 이름은 살사이예요 저는 역야카르타는 살아요 저는 열엷 살이에요 저는 학생 이예요 저의 취미는 KPop 장르 음악을 듣기예요
        지금 한국어를 배우고있어요 저의 꿈은 한국에서 일하고싶어요 그리고 성공적인 사람이 되고싶어요.감사합니다

        1. ~TIPS BELAJAR BAHASA KOREA_

          안녕하세요 여러분, Perkenalkan nama saya Hadi sungkay disini saya akan membagikan tips yang saya lakukan untuk belajar bahasa Korea.

          1. Belajar huruf Korea atau hangeul
          Huruf korea berbeda dengan huruf latin seperti yang kita gunakan saat ini guys. Jadi tahap pertama yang harus kita lakukan yaitu mempelajari hangeul. Dengan mempelajari hangeul kita akan bisa membaca dan menulis dalam bahasa Korea sehingga akan memudahkan kita dalam belajar kedepannya.
          2. Belajar tata bahasa Korea
          Menurut pendapat saya belajar tata bahasa Korea terlebih dahulu setelah mengetahui hangeul itu cukup penting karena tata bahasa bahasa Korea berbeda dengan tata bahasa bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia kita menggunakan SPOK sedangkan dalam bahasa Korea menggunakan SOPK.
          Dengan belajar tata bahasa Korea kita bisa menyusun kalimat sederhana dengan benar.
          3. Menghafal kosa kata bahasa Korea
          Setelah mengetahui tata bahasa Korea tahap selanjutnya yaitu dengan menghafal kosa kata bahasa Korea. Kosa kata bahasa Korea dapat kita lihat di internet ataupun sumber lainnya. Saya menghafal kosa kata bahasa Korea dengan menggunakan kamus bahasa Korea, membaca berita Korea lewat Naver dll.
          4. Belajar lewat berbagai sumber
          Saya belajar bahasa Korea lewat online salah satunya lewat koreanfrist ini. Selain itu saya belajar lewat YouTube juga saya akan merekomendasikan beberapa channel YouTube yang menurut saya cukup bagus.
          ~ Talk To Me In Korean
          ~ Korean Englishman
          ~ Learn Korean with go! Billy Korean
          ~ conversational Korean
          Meskipun pengantar dalam video YouTube tersebut dalam bahasa Inggris kita bisa menggunakan subtitle bahasa Indonesia.
          5. Tips yang selanjutnya yaitu berkomunikasi dengan native speaker.
          Tips yang satu ini susah susah gampang, karena kebanyakan orang Korea cenderung tertutup dan juga belum tentu kita juga ketemu dengan orang Korea. Nah untuk berkomunikasi dengan native speaker saya menggunakan aplikasi hallo. Aplikasi ini patut di coba karena kebanyakan orang Korea yang menggunakan aplikasi ini untuk belajar bahasa asing cenderung lebih ramah.
          6. Konsisten dalam belajar
          Demikian tips yang bisa saya bagikan sebetulnya masih banyak tips dan trik untuk belajar bahasa Korea.
          안녕

  4. “Ngobrol bareng Mr. James Park… dan Mbak Chonyeo Gwisin (dalam mimpi)”

    Apa kabar semuanya? Nama saya William, dan saya tinggal di Jakarta. Saya punya sahabat pena bernama Mr. James Park, orang Korea dari kota Namyangju (남양주시), provinsi Gyeonggi (경기도). Mr. Park dan saya suka ngobrol bareng malam-malam, karena beliau rencananya akan pindah ke Indonesia tahun depan dan butuh teman untuk memperlancar Bahasa Indonesia beliau. Sebagai gantinya, Mr. Park membantu saya memperlancar pengucapan Bahasa Korea saya. Bersama Mr. Park, saya dan kawan-kawan komunitas online Teman Latihan Korea rutin membahas masyarakat dan budaya Korea, mulai dari halyu (한류) sampai soju (소주). Terakhir kami nonton bareng film tentang Perang Korea, Tae Guk Gi (태극기 휘날리며), dan Mr. Park lalu menjelaskan dari sudut pandang orang Korea bagaimana Perang Korea menempa bangsa Korea modern sekarang.

    Lucunya, Mr. Park selalu pamit dari whatsapp chat ketika mendekati jam 12 malam waktu Seoul. Katanya dia kabur duluan karena kalau sudah tengah malam di Korea, bakal keluar hantu perempuan Korea cantik berhanbok putih: Cheonyeo Gwishin (처녀귀신). Kami di group whatsapp komunitas Teman Latihan Korea sampai berguyon kalau lewat tengah malam itu gantian kita latihan bahasa Korea sama Mbak Gwishin dalam mimpi.

  5. Sakit Maag Saat di Seoul

    안녕하세요? 저는 데비이니다 . Tahun lalu saya berkesempatan ke Seoul sebagai salah satu perwakilan dari universitas saya. Di sana kami melakukan proyek bersama-sama dengan mahasiswa dari universitas lain. Jadi setiap dari kami dibagi ke dalam kelompok yang berbeda-beda. Setiap tim terdiri dari 6 orang dimana 2 orang ada yang dari salah satu universitas di Seoul, lalu 2 lagi dari salah satu universitas di Taipei dan 1 lagi tentunya dari universitas yang sama dengan saya.
    Pada umumnya orang Seoul tidak terlalu fasih dengan bahasa Inggris, kecuali mereka pernah sekolah di luar negeri. Memang jauh lebih mudah jika kita memahami bahasa Korea agar memudahkan dalam berkomunikasi dengan mereka. Teman sekelompok Seoul saya bernama Chaenil Park. Saya merasa kesulitan ketika saya berusaha menjelaskan ke Chaenil, tentang penyakit saya yaitu maag. Setelah berputar-putar menjelaskannya dalam bahasa Inggris akhirnya dia mengerti juga. Just like blessing in disguise, di hari berikutnya saya mengalami sakit maag dan obat saya ada di koper. Akhirnya saya harus ke minimart untuk beli obat maag yang tentunya dibantu Chaenil, yang sudah mengerti apa itu maag. ^^

  6. 안녕하세요 제 이름은 시스카입니다. 저는 1997년 12월 7일 보고르에서 태어났습니다. 저는 2남매이고 제가 첫째입니다. 저는 부모님이랑 여동생과 함께 살고 있습니다. 저의 취미는 음악을 듣는 것이고, 빅뱅 음악을 정말 좋아합니다. 중학교 때부터 빅뱅 팬이에요. 저는 2016년에 한 번 자카르타에서 한 빅뱅 콘서트에 갔습니다. 정말 재미있었어요. 한국에 가서 사랑하는 한국 친구들을 만나고 싶습니다. 곧 그게 실현됐으면 좋겠습니다. 모라야 민재야 내 친구가 되어줘서 고마워^^
    사랑해 ♥♥

  7. Ssem,
    Menurutku belajar pertama itu dari membaca, karena kalau lancar membaca kita bisa cepet memahami tata bahasa atau kosakata.

    Lalu kita perlu latihan, kalau ngga bisa ngomong bahasa Korea setidaknya menulis. Jadi nyatet di buku aja.
    Semoga manfaat ya

  8. 나는 디타예요. 나는 한국어를 좋아해요. 매일 한국어 책을 읽어요. 재미있어요.

    한국어 사전도 있어요. 나중에 한국에 가고 싶어요. 고마워요.

    1. “hampir salah paham”
      오해할뻔했다
      Waktu pertama kali datang ke korea sebagai pekerja imigran, saya sangat gugup karena blm lancar bicara bahasa korea. Tetapi lambat laun semakin seringnya berkomunikasi dg orang korea, baik itu dg atasan, sesama pekerja, supir taxi, kemampuan bahasa korea saya meningkat . Dari sekian banyaknya pengalaman tsb, ada satu pengalaman yg ga bisa saya lupakan sampe sekarang.

      Singkat cerita, suatu hari saya bekerja mengecek barang bersama dg sejumlah teman kerja korea di gudang. Karena bekerja nya kita lakukan sembari duduk, saya ngobrol santai dg wanita paruh baya yg akrab saya panggil (이모) imo = bibi.
      Kami mengobrol, tertawa, bercanda & tiba-tiba saya dikagetkan dg pukulan yang sedikit keras mendarat dikaki saya.
      Plakk..” imo memukul kaki ku
      Sontak aku kaget & bergumam, ” waduh, jgn2 aku salah ngomong “🤔
      ” Jangan goyangkan kakimu, orang korea menganggap itu tidak sopan”, ujar imo sambil senyum. 😊
      “Owh begitu ya imo, maaf saya tidak tau” jawabku
      Saya langsung lega karna saya kira ada salah kata yg menyinggung perasaannya. Ternyata karna ketidaktahuan saya tentang budaya korea. Untung ngerti apa yg diomongin kalo enggak udah tak pukul balik si imo krna salah paham.. Hahaha😄😄
      Sekian terima kasih

  9. Bingung kosakata.
    Waktu pertama bertemu dengan Mr. Park diajak ngbrol langsung dgn bahasa Korea yang cepet. Nangkep sih tapi dikit2. Ada kosakata yang inget ada yg ngga.

    Stelah itu aku cari dikamus artinya. Baru tau deh apa yang diucapin tadi. Dan kata2 itu gampang keingat smpai sekarang. 😅😅

  10. Tips hafalan
    Kalau dari aku, coba kita hafalkan kosakata setiap hari. Terus ditambah vocabnya tiap hari. Lama2 kita akan kaya kosakata.

    Terus bikin kartu bergambar atau kata. Jadi kaya games biar belajarnya seru 😉 sama sering2 buka buku atau kamus.. pasti nambah deh kosakatanya

  11. Siang min, ini 자기 소개
    저는 디딧이라고 합니다. 한국어를 많이 좋아합니다. 한국어 책은 있어요. 저는 친구가 많이 있어요. 학교에 자주 갑니다. 매일 행복합니다.
    제 취미는 youtube을 보기예요. 한국어를 공부할 수 있어요. 좋아요. 나중에 한국에 가고 싶어요.
    고마워요.

  12. Untuk kosakata kita perlu banyak membaca kalimat. Jadi ngapalinnya sambil memahami kalimat. Itu lebih mudah paham.

    Lalu untuk jam belajarnya tiap hari 30 menit. Dan materinya diulang2 yang sudah. Itu bisa jadi bikin paham.. 😋 itu metodeku belajar Ssem.

  13. Annyong?
    Saya merekomendasikan buat temen2 yang ingin jago bahasa Korea, agar selalu semangat setiap hari belajar. Kalau bisa materinya bertahap seperti di kelas online ini.

    Terus jangan buru2, ingin bisa. Karena kalau kita rajin tiap hari belajar pasti akan jago. Nah seperti itulah motivasiku buat aku sendiri dan temen2 semuanya..
    * fighting!

  14. 자기 소개, 저는 스칼이라고 합니다
    “ikut chimaek online”
    waktu itu aku lagi voice call an sama temenku yang di korea, nah kebetulan ada ayahnya dan mereka ngobrol gitu, trus temenku bilang kalo ayahnya lagi makan chicken sama minum minum gitu trus ayahnya agak mabuk, nah temenku iseng ngenalin aku ke ayahnya trus ayahnya ajak ngobrol sambil cerita gitu sambil mabuk dan aku iya iya in aja ahahha habis itu temenku ngejelasin lagi klo ayahnya tadi cerita bla bla pake logat satoori gitu, makanya aku gak ngeri sama sekali. seru banget waktu itu, kita voice call an hampir 1 jam an, walaupun sinyal nya gak stabil jadi suaranya kadang ilang ilang tapi kita seneng banget.

  15. A. 자기 소개
    안 녕 하세요
    저는 메리 입니다
    저는 인도네시아에서 왔습니다
    저는 부킷팅기에 있슴니다.
    B. Tips belajar bahasa korea:
    Cara aku agar tetap bisa berbahasa korea walaupun masih belum punya biaya untuk ikitan khursus:
    sebenarnya kalo yang paling bagus itu belajar di lpk bajasa korea resminya seperti koreanfirst, tapi kalau kita belum punya uang untuk khursus nya ,kita bisa denger lewat lagu, kdrama. Atau nonton lewat youtube.
    Dan jangan lupa, kalau kita ingin semangat belajarnya sering -sering nonton youtuber tki indonesia yang ada di korea, karna videonya inspiring banget, terus kita juga bisa memulai belajar percakapan lewat webtoon tinggal tulis dan cari arti percakapan tersebut. Kita juga bisa belajar bahasa korea lewat situs beritanya seperti di naver ,dll. Jangan lupa perluas pertemanan dengan orang yang bisa berbahasa korea atau bisa ikutan di apk pertemanan koreanya.
    C.pengalaman ngobrol langsung dengan orang korea.
    Waktu itu aku bekerja di toko souvenir ,jadi ada orang asing gitu nyapa pakai bahasa korea”annyeonghaseyo”, aku langsung kaget, kemudian jawab “annyeonghaseyo”. Are you from korea?yes,dia bilang gitu. Terus ” can yoh speak korean? ” aku jawabnya only basic…truss dia ketawa dan bilang “kwaenchanayo” .terus dia nanya” harga pakai bahasa inggris aja. Semenjak hari itu rasanya nyesel banget gak bisa bahasa korea.semenjak itu aku install apk pertemanam dan mulai chattingan sama orang korea, karna mereka jarang pakai Whatssapp jadi aku install lagi apk kakaotalk. Ada yang bilang kalau dia sedang wamil dan pernah ketemu sama abangnya cha eun woo, terus karna alu penasaran ,aku banyak bertanya tentang abangnya cha eun woo daripada temtamg dia, terus dia bilang kok tanya tentang orang lain? Terus aku jawab ,karena aku ngefans sama astro, eh taunya dia ngambek dan gak permah lagi chat sama aku.

  16. 안녕하십니까….
    제 이름은 샤흐입니다.
    저는 클라땐에서 삽니다.
    만나서반갑습니다.

    “aku yang tidak terlalu pandai”

    saya termasuk orang yg tidak terlalu pandai, yg sekali belajar bisa langsung mengerti.
    untuk itu saya memilih belajar dengan sistem video, karena bisa di ulang-ulang di setiap waktu senggang.
    untuk itu saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada DanSeonSaengnim, karena telah membuka kelas on-line yang “prakerja”.
    kelas ini sangat membantu untuk saya, yg dari segi ke-uangan masih pas-pasan.
    선생님이 감사합니다.
    dan untuk kosa-kata yg saya rasa sulit di ingat (asing), saya tuliskan di kertas karton dan saya tempelkan di dinding kamar agar selalu bisa terlihat.
    bagi saya bisa bahasa asing itu hanya perlu untuk terbiasa.
    the power of habitude
    bisa karena terbiasa
    화이팅….

  17. Diinfokan untuk pemenang lomba menulis bulan Agustus 2020 adalah:
    1. Afra Rizqi Syarifah dan Mela (kategori tips belajar bahasa Korea)
    2. Warsilah Prihatin dan Wm247 (kategori share pengalaman seru)
    3. Didit_ap (kategori perkenalan bahasa Korea)

    Pemenang akan dihubungi lewat email untuk konfirmasi hadiahnya.
    Untuk selanjutnya akan dipilih pemenang baru dengan jumlah yang belum ditentukan.

    Salam (Admin Korean First).

  18. 안녕하세요. 저는 븡꿀루에 살고 있는 누리라고해요. 저는 언니 하나 있고 동생도 하나 있어요. 제 가족을 너무 너무 사랑해요.
    저는 수학 선생님이에요. 수학뿐만 아니라 영어와 읽기도 가르쳐요.
    한국어 배우기를 진짜 좋아해서 맨날 공부해요. 언젠가 한국에 가 보고싶어요. 한국에 있을 때 아름다운 곳으로 많이 가고 맛있는 음식을 많이 먹고 방탄소년단을 만날거예요. 아 방탄소년단 너무 너무 좋아하거든요.

  19. 안녕하세요
    저는 헨드라 입니다

    “Simple But Understand”

    Caraku cukup simple untuk belajar bahasa korea mulai dari lagu yang sering didengar dan memahami arti dari lagu tersebut. Terus mencoba merangkai kata-kata dengan penggalan lirik lagu itu sendiri, diulang-ulang sampai terbiasa dan mengerti.
    Pengalaman berbicara bahasa korea dengan native, disaat aku mengikuti sebuah kursus bahasa inggris EF di Kota Malang, disana banyak orang dari berbagai negara yang mengikuti kursus termasuk dari negara korea.

    감사합니다.
    만아서반갑습니다.

Leave a Comment