Sebuah Motivasi Untuk Peserta Ujian EPS TOPIK yang Tidak Lulus

Kenapa Aku Tidak Lulus Ujian EPS TOPIK?

Ujian Bahasa Korea Eps

Untuk yang belum lulus Ujian:

Ujian Bahasa Korea Eps Topik termasuk jarang dilaksanakan, biasanya diadakan 1x dalam setahun. Kalian tahu? Ujian ini katanya menentukan nasib seseorang selama 3 – 5 tahun. Kalau lulus tes ini kita bisa berangkat ke Korea, mengejar cita-cita kita. YAKIN SEPERTI ITU?

Simak ulasannya berikut:

1. Cita-cita apa yang ditempuh selama 5 tahun? itu hanya jalan kecil yang terpaksa harus ditempuh. Setelah itu akan ada yang namanya “Beban” untuk meneruskan hidup setelah pulang dari Korea. Ada yang punya cita-cita: Aku mau USAHA setelah dari Korea. Baguss.. itu kalau berjalan mulus. Namun banyak kejadian yang meleset. bahkan bisa dikatakan (maaf) gagal.
KENAPA? karena mereka tidak setia cita-cita. Godaan selama 5 tahun itu lebih berat daripada kerja di Indonesia.
Eitss, tapi ada juga beberapa teman kita yang berhasil. Jangan anggap semuanya gagal ya..

2. Ketika sudah capek 5 tahun kerja, jarang ketemu anak, istri, keluarga, duit habis akhirnya pengen balik kerja ke sana lagi. Periode yang kedua kali ini janji lebih serius mengumpulkan duit. Namun setelah pulang, kondisi keluarga berbeda, harga kebutuhan sudah naik, modal dipake untuk DP kendaraan, rumah, dll. Jiwa membuka usahanya menipis dan akhirnya cita-cita membuka usahanya belum terlaksana. Sekali lagi tidak semuanya seperti ini, ada juga yang berhasil dan sukses di periode ke 2 ini.

3. Jika Kalian percaya punya kemampuan berkembang, tidak usah ke Korea selama 5-10 tahun pun kamu bisa maju. Gimana Caranya? Selama 1 tahun bikin rencana matangmu. Jalankan selangkah demi selangkah. Memulai usaha bisa dengan 3 cara yaitu:

a. Dengan Modal pinjaman (teman, kerabat, investor)
b. Tanpa Modal (makelar) bisa jualin produk orang lain dll 
c. Bisa kerja dan nabung sedikit-demi sedikit baru buka usaha

     Tapi yang paling penting diantara itu adalah Pola Pikir untuk berwirausaha. Bandingkan dengan teman-teman yang di Korea bertahun-tahun dengan kalian yang punya pikiran mandiri membuka usaha dari 0, Tentu akan menang anda dalam hal Start. Intinya tidak perlu nunggu kaya baru mulai usaha. Coba terus di tahun ke 2,3 sampai akhirnya usaha anda sukses.

Ujian Bahasa Korea Eps

4. Jika anda tidak lulus ujian EPS TOPIK, ada 2 kemungkinan. Anda akan diluluskan periode berikutnya atau anda tidak direstui berangkat ke Korea.

a. Jika anda merasa harus dan pengen ke Korea, maka harus sabar. Belajar lagi dan diperbanyak membantu orang lain. Mudah-mudahan jalan anda juga diperlancar. Namun,

b. Jika anda tidak diridhoi bekerja di Korea, inilah saatnya anda harus segera berpikir untuk berkarir di Indonesia. Cepatlah menentukan langkah seperti no 3 diatas. Jangan buang waktumu dan langsung bertindaklah. Dalam hal ini yakinlah selama 3 – 5 tahun usaha anda lebih maju dari mereka yang baru mengumpulkan modal di Korea. Selalu optimis dalam berusaha.

     Itulah sepenggal motivasi buat teman-teman yang belum lulus ujian EPS TOPIK. Materi ini dirangkum dari seorang eks tenaga kerja Indonesia yang ingin berbagi info kepada kalian dan ingin membantu masa depan kalian.

Ingat, bagi yang sudah bekerja di Korea, anda bisa jadi lebih beruntung. Yang penting adalah konsistensi kalian dalam melaksanakan program/cita-cita yang dibawa dari rumah. Dan semoga cita-cita kalian yang lama terpendam bisa terwujud dan bisa ngasih semangat ke yang lain juga.  Amin

 

Mau Belajar Bahasa Korea Dengan Flexible?

Yuk KURSUS ONLINE BAHASA KOREA di KOREAN FIRST

BanMal dalam Bahasa Korea.

Konsultasi dan Pertanyaan Hubungi admin: 087719424203

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.