Home Budaya Korea 5 Budaya Kerja Orang Korea yang Khas

5 Budaya Kerja Orang Korea yang Khas

budaya kerja di Korea

Annyonghaseyo, sobat Korean First?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa warga Korea Selatan memiliki etos kerja yang luar biasa sehingga mampu menjadikan Korea sebagai negara maju dan unggul dalam berbagai bidang. Berikut 5 budaya kerja orang Korea yang patut kita tiru.

1. Pola kerja cepat

Para pekerja di Korea Selatan memiliki pola kerja yang cepat. Pola kerja ini biasanya dikenal dengan 빨리 빨리 (ppalli ppalli) atau cepat–cepat. Tetapi meski begitu mereka tetap bertanggung jawab dengan memberikan hasil yang terbaik.

kursus bahasa korea online gratis

Sejak kecil orang Korea memang sudah diajarkan untuk bekerja serba cepat dan mereka umumnya memiliki list yang berisi target harian, mingguan, ataupun bulanan yang harus mereka capai. Dengan cara seperti ini, akhirnya saat bekerja mereka terdorong untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih cepat.

2. Disiplin dan tepat waktu

Selain pola kerja cepat, orang Korea juga terkenal disiplin waktu. Mereka sangat menghargai waktu dan tidak ingin membuang waktu secara percuma. Saat ada pertemuan mereka sangat tidak bisa mentoleransi orang yang datang terlambat karena itu berarti tidak menghargai orang lain.

Bahkan kebiasaan ini tidak hanya berlaku saat di tempat kerja saja. Saat mereka mempunyai janji dengan orang lain di luar mereka juga akan berusaha datang tepat waktu.

3. Fokus dan tidak menunda pekerjaan

Budaya kerja yang lain yang wajib kita tiru adalah saat bekerja orang Korea akan fokus hanya pada pekerjaan saja. Selama itu, mereka tidak akan melakukan pekerjaan lain seperti membuka media sosial, bergosip, atau melakukan hal – hal yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan.

kursus bahasa korea murah

Prinsip orang Korea yaitu “Jika bisa hari ini kenapa harus menunggu besok?” dengan pemikiran seperti itu mereka berusaha fokus dan terarah saat bekerja. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, orang Korea benar – benar menghargai waktu.

4. Tidak mudah tersinggung

Sering kita jumpai di dalam drama Korea perkantoran, terkadang ada seorang atasan yang menegur atau memarahi bawahannya di depan rekan kerja yang lain karena dia bekerja lambat atau berbuat kesalahan. Bukan tanpa alasan, para atasan melakukannya dengan tujuan agar bisa menjadi pelajaran untuk rekan kerja lainnya. Selain itu, tindakan tersebut juga akan memberikan efek jera, sehingga karyawan tersebut bisa memberikan perfoma yang lebih baik lagi kedepannya.

kursus bahasa korea terbaik

Daripada mendendam mereka justru menerima kritikan tersebut tanpa rasa tersinggung. Hal tersebut akan menjadi pemicu untuk bekerja lebih baik lagi dan dengan segera mereka akan berusaha memperbaiki kesalahan.

5. Sopan kepada atasan

Meski sering mendapat teguran dari para atasan, tetapi para karyawan di Korea Selatan tetap menjunjung tinggi nilai kesopanan dan menghormati atasan. Meski bertemu di luar kantor sekalipun, mereka akan tetap menunjukan rasa hormat kepada para atasan.

Nah itu dia 5 budaya kerja orang Korea yang wajib kita tiru. 5 poin penting di atas menjadikan Korea Selatan bisa menjadi negara maju seperti saat ini. Semoga Indonesia bisa segera menyusul ya!

Info Belajar Korea

Ingin ikut Kelas Online Bahasa Korea? Kamu akan mendapatkan banyak materi dan penjelasan yang mudah dipahami. Tanpa repot keluar rumah kamu bisa belajar. Praktis dan berkualitas. Ayok ikut kelas online Korean First sekarang. Ingin lihat kelasnya? Intip di sini:

kursus bahasa korea

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here