Info ujian TOPIK Korea

Sama halnya dengan ilmu dan skill lainnya, kemampuan kita dalam berbahasa juga memiliki suatu standar kompetensi yang harus diuji. Maka dari itu, untuk mengukur kemampuan kita dalam bahasa Korea, salah satu caranya adalah dengan mengikuti ujian TOPIK.

Untuk kalian yang sudah lama belajar bahasa Korea, kalian pasti sudah mengerti apa itu TOPIK. Namun, untuk kalian yang baru belajar bahasa Korea dan masih awam dengan hal ini, yuk simak informasi penting berikut!

1. APA ITU TOPIK?

kursus bahasa korea online gratis

TOPIK atau Test of Proficiency in Korea adalah tes tertulis yang telah dirancang untuk mengukur kemampuan penutur non-Korea untuk  memahami bahasa Korea.

Tes ini mengukur kemahiran kita dalam membaca, menulis, dan mendengarkan dalam bahasa Korea. Awalnya tes ini memiliki tiga tingkatan yang berbeda yaitu beginner (pemula), intermediate (menengah), dan Advance (lanjutan). Tapi sekarang ketiga tingkatan ini dibagi dalam TOPIK I (level 1-2) dan TOPIK II (level 3-6).

2. TUJUANNYA MENGIKUTI TOPIK APA YA?

Nah, setiap ujian pasti memiliki tujuan bukan? Tujuan TOPIK antara lain untuk mengukur dan mengevaluasi keterampilan bahasa Korea dan menggunakan sertifikat yang diterima dari ujian ini untuk mendaftar perguruan tinggi (khususnya perguruan tinggi di Korea) serta bisa juga untuk mencari pekerjaan.

3. LEMBAGA APA YANG MENGELOLA TES TOPIK INI?

Jawabannya adalah National Institute for International Education (NIIED) atau Institusi Nasional untuk Pendidikan Internasional. Institusi ini beroperasi langsung di bawah kementrian Pendidikan, Sains dan Teknologi Korea dan bertanggung jawab secara umum atas manajemen tes dan menentukan lembaga pengawas yang menyelenggarakan tes di lokasi domestik dan luar negeri.

4. SIAPA SAJA YANG BOLEH MENGIKUTI TOPIK?

kursus bahasa korea murah

Tes TOPIK ini ditujukan untuk penutur asing atau non-Korea misalnya pelajar asing, siswa internasional yang ingin belajar di Korea, atau orang yang ingin bekerja di perusahaan Korea. Jadi siapa saja bisa ikut tes ini yang fungsinya untuk berkecimpung di dunia per-koreaan.

5. KALAU MAU UJIAN, DAFTARNYA GIMANA?

Jika kalian sekarang berada di Korea dan ingin mengikuti ujian TOPIK di sana, kalian bisa mendaftar online di www.topik.go.kr dengan biaya pendaftaraan adalah KRW 35.000 untuk TOPIK I (level 1-2) dan KRW 40.000 untuk TOPIK II (level 3-4). Kalian bisa membayar biaya pendaftaran tersebut melalui kartu kredit atau debit, online banking atau transfer bank maupun ATM.

Sementara itu, jika kalian berada di negara lain, seperti kita di Indonesia, kalian bisa mendaftar mengikuti ujian TOPIK di empat lokasi yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali dengan ketentuan yang bisa kalian baca di laman berikut: Info Topik di Indonesia

6. KAPAN TES TOPIK DILAKSANAKAN?

Tes TOPIK biasanya hanya dilakukan 6 kali dalam setahun. Dua kali di lakukan di Korea (Januari, Juli) dan 4 kali dilakukan bersamaan di Korea dan luar negeri (Maret, April, Oktober, dan November). Untuk di Indonesia sendiri, tes TOPIK hanya dilakukan dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Pendaftaran dibuka empat bulan sebelum tes dimulai, yaitu bulan Januari untuk ujian bulan April, dan Juli untuk ujian bulan Oktober. Jadi untuk kalian yang ingin mengikuti tes TOPIK, persiapkan diri kalian untuk mendaftar agar tidak kelewatan ya.

7. STRUKTUR UJIAN TOPIK

kursus bahasa korea terbaik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa TOPIK memiliki dua tingkatan, yaitu TOPIK I dan TOPIK II. TOPIK I diperuntukan bagi level pemula yang terbagi level 1 dan 2, sedangkan TOPIK II diperuntukkan untuk level menengah dan lanjutan yang terdiri dari level 3 sampai 6. Peserta tes harus menentukan ikut ujian TOPIK I atau TOPIK II diawal pendaftaran. Hasil dari menjawab soal-soal ujian tersebut, siswa akan digolongkan levelnya sesuai nilainya.

Peserta yang nilainya cukup untuk mendapatkan salah satu dari enam nilai tersebut akan mendapatkan sertifikat dengan ketentuan seperti berikut: low beginner (level 1), high beginner (level 2), low intermediate (level 3), high intermediate (level 4), low advanced (level 5), and high advanced (level 6).

TOPIK I terdiri dari dua bagian tes, yaitu membaca dan mendengarkan. Sedangkan TOPIK II yang merupakan gabungan antara tes menengah dan lanjutan memiliki tiga bagian yaitu membaca, mendengarkan, dan menulis. Setiap bagian dinilai maksimal 100 poin. Jadi TOPIK I maksimal nilainya 200 poin, sedangkan TOPIK II nilainya 300 poin. Masing-masing bagian tes berdurasi 90 menit.  Namun diberikan istirahat 30 menit di antaranya.

8. BERIKUT LEVEL TOPIK DAN PASSING SCORE-NYA

9. APA ADA KRITERIA KHUSUS UNTUK MENGIKUTI UJIAN INI?

TIDAK. Tidak ada kriteria khusus dalam mengikuti ujian TOPIK ini. Siapa pun yang belajar bahasa Korea dari sebuah lembaga atau belajar mandiri bisa mengikuti ujian ini.

10. BERAPA LAMA MASA AKTIF SERTIFIKAT TOPIK?

Sertifikat TOPIK berlaku selama 2 tahun. Selama itu kamu bisa menggunakannya untuk berbagai hal. Setelah 2 tahun, kamu perlu untuk tes lagi.

Nah itu dia informasi penting tentang TOPIK. Jika kamu kesulitan belajar TOPIK kamu bisa ikut kursus online di Korean First. Kami bimbing kamu sampai menguasai materinya. Sudah banyak siswa yang ikut di kelas ini. Jangan sampai kamu ketinggalan ya. Lihat kelasnya di sini:

20 Comments

  • Kak ,kalau mau ikut test topik boleh habis pulang sekolah ?

  • Apakah mengikuti tes topik harus berurutan dari Topik I ke Topik II, atau boleh gap level?

      koreanfirst861
    • Bisa ambil level II langsung bebas kok

      • kak klo untuk kerja ke korea sertifikat topiknya harus level berapa

          koreanfirst861
        • kalau untuk kerja ke Korea, bukan pakai TOPIK tetapi pakai EPS TOPIK

          • Kenapa ada perbedaan harga biaya topik 1 dan topik 2 ? Apa saat mendaftar harus pilih salah satu nya atau memang harus mengikuti topik 1 dan 2 ? Maaf saya kurang mengerti. Terimakasih.

          • koreanfirst
          • betul, beda level jadi harganya beda. pilih salah 1 sesuai tingkat level yang diinginkan ya

    • Kak. Jika mengikuti TOPIK online, aa mendapatkan sertifikat?

        koreanfirst
      • Sertifikat didapat jika lulus ujiannya

        • Kak emang tes topik Boleh online yah ?

            koreanfirst
          • TOPIK itu ujiannya offline jadi sudah ditentukan lokasi dan jadwal ujiannya, besok bisa dilihat juga di kartu pendaftarannya

    • HI kak saya mau nanya ikutin tes ini tuh Kapan? Selesai SMA pas mau masuk Kuliahnya ATAU kapan saja?

        koreanfirst
      • iya bisa kapan saja ikut, sesuai jadwal yang diumumkan

  • Sampai sekarang tes topik di Indonesia cuman di 4 kota kak??

    • Kak kalau mau tes topik level 3 dimana ya kak?

      • topik hnya sampai topik 2.. mencakup level 3-6

  • Kalau mau kuliah di korea harus pakai topik apa kak? Apa harus urut?

      koreanfirst
    • Sertifikat TOPIK memberikan nilai plus bagi pendaftar. Dianjurkan punya kalau mau daftar kuliah ke sana

      • Kk kalau untuk beasiswa Korea biasanya tes topik y level berapa y baru bisa dapat

        • Tergantung kak, tapi sejauh yg aku baca-baca, kebanyakan admissionsnya kalo untuk daftar jalur pribadi, rata-rata kampus paling rendah topik level 3 atau 4. Dan kalo daftar pribadi juga beragam kak beasiswanya, bisa full, bisa 70%, dan lain-lain. Untuk international students biasanya dri kampus sendiri kasih beasiswa. Untuk semester selanjutnya, biasanya sesuai jumlah nilai semester sebelumnya. Beasiswa ada banyak kak, ada KGSP (Korean Global Scholarship Program), itu resmi dari pihak NIIED korea, jadinya kalo dapet itu udah full-tuition + biaya hidup. Ada juga beasiswa yang berdasarkan hasil skor TOPIK, ada banyak kak dan syarat nilai topiknya beda-beda. Amannya, setidaknya harus level 5^^ makin tinggi level, beasiswanya jg makin tinggi^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.