October 24, 2019

Gerbang Informasi Menuju Korea

Rahasia TOPIK yang belum kamu tahu, Lengkap!

Sama halnya dengan ilmu dan skill lainnya, kemampuan kita dalam berbahasa juga memiliki suatu standar kompetensi yang harus diuji. Maka dari itu, untuk mengukur kemampuan kita dalam bahasa Korea, salah satu caranya adalah dengan mengikuti ujian TOPIK.

Untuk kalian yang sudah lama belajar bahasa Korea, kalian pasti sudah mengerti apa itu TOPIK. Namun, untuk kalian yang baru belajar bahasa Korea dan masih awam dengan hal ini, yuk, di simak informasi penting berikut!

 

APA ITU TOPIK?

TOPIK atau Test of Proficiency in Korea adalah tes tertulis yang telah dirancang untuk mengukur kemampuan penutur non-Korea untuk mengungkapkan dan memahami bahasa Korea.

Tes ini mengukur kemahiran kita dalam membaca, menulis, dan mendengarkan dalam bahasa Korea. Tes ini memiliki tiga tingkatan yang berbeda yaitu beginner (pemula), intermediate (menengah), dan Advance (lanjutan). Ketiga tingkatan ini kemudian dibagi lagi dalam enam level yaitu level 1-6 yang kemudian dipisah dalam dua bentuk ujian, yaitu TOPIK I (level 1-2, beginner) dan TOPIK II (level 3-6, intermediet-Advance).

TUJUANNYA MENGIKUTI TOPIK APA YA?

Nah, setiap ujian pasti memiliki tujuan bukan? Tujuan untuk memiliki sertifikat TOPIK adalah antara lain untuk mempromosikan serta menetapkan arah pembelajaran Bahasa Korea untuk penutur asing dan orang Korea yang tinggal di luar negeri; lalu untuk mengukur dan mengevaluasi keterampilan bahasa Korea dan menggunakan sertifikat yang diterima dari ujian ini untuk mendaftar perguruan tinggi (khususnya perguruan tinggi di Korea) serta untuk mencari pekerjaan.

LEMBAGA APA YANG MENGELOLA TES TOPIK INI?

Jawabannya adalah National Institute for International Education (NIIED) atau Institusi Nasional untuk Pendidikan Internasional. Institusi ini beroperasi langsung di bawah kementrian Pendidikan, Sains dan Teknologi Korea dan bertanggung jawab secara umum atas manajemen tes dan menentukan lembaga pengawas yang menyelenggarakan tes di lokasi domestik dan luar negeri.

 

TERUS, SIAPA SAJA YANG BOLEH MENGIKUTI TES TOPIK INI?

Tes komprehensif ini ditujukan untuk penutur asing atau non-Korea seperti pelajar bahasa Korea, siswa internasional yang ingin belajar di Korea serta individu-individu yang ingin bekerja di perusahaan Korea atau lembaga publik.

Selain itu, tes ini juga berfungsi sebagai peluang bagus untuk menerima sertifikasi formal bagi mereka yang berharap menggunakan bahasa Korea sebagai penunjang karier. Para siswa yang mengambil jurusan bahasa Korea juga akan belajar aspek bahasa apa yang mereka butuhkan untuk berkonsentrasi dalam studi lanjutannya.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Daniel Henriques (@danielhqramos) pada

KALAU MAU UJIAN, DAFTARNYA GIMANA?

Jika kalian sekarang berada di Korea dan ingin mengikuti ujian TOPIK di sana, kalian bisa mendaftar untuk tes online di www.topik.go.kr dengan biaya pendaftaraan adalah KRW 35.000 untuk TOPIK I (level 1-2, beginner) dan KRW 40.000 untuk TOPIK II (level 3-4, intermediet-Advance). Kalian bisa membayar biaya pendaftaran tersebut melalui kartu kredit atau debit, online banking atau transfer bank maupun ATM.

Sementara itu, jika kalian berada di negara lain, seperti kita di Indonesia, kalian bisa mendaftar mengikuti ujian TOPIK di empat lokasi yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali dengan ketentuan yang bisa kalian baca di laman berikut:

 

Info dan Tata Cara Pendaftaran Topik di Indonesia

 

KAPAN TES TOPIK DILAKSANAKAN?

Tes TOPIK biasanya hanya dilakukan 6 kali setahun dan dua kali hanya di lakukan di Korea (Januari, Juli) dan 4 kali dilakukan bersamaan di Korea dan luar negeri (Maret, April, Oktober, dan November). Untuk di Indonesia sendiri, tes TOPIK hanya dilakukan dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Pendaftaran dibuka empat bulan sebelum tes dimulai, yaitu bulan Januari untuk ujian bulan April, dan Juli untuk ujian bulan Oktober. Jadi untuk kalian yang ingin mengikuti tes TOPIK, persiapkan diri kalian untuk mendaftar agar tidak kelewatan ya.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh christie le (@majo_christie) pada

STRUKTUR UJIAN TOPIK

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa TOPIK memiliki dua jenis, yaitu TOPIK I dan TOPIK II. TOPIK I diperuntukan bagi level pemula dengan dua sub-level yaitu level 1 dan level 2; sedangkan TOPIK II diperuntukan level menengah dan lanjutan dengan sub-level 3 sampai 6. Peserta tes akan mendapatkan level antara 1 hingga 6 berdasarkan skor total mereka dalam tes.

Peserta yang nilainya cukup untuk mendapatkan salah satu dari enam nilai tersebut akan mendapatkan sertifikat dengan ketentuan seperti berikut: low beginner (level 1), high beginner (level 2), low intermediate (level 3), high intermediate (level 4), low advanced (level 5), and high advanced (level 6.

TOPIK I hanya memiliki dua bagian, yaitu membaca dan mendengarkan, sementara TOPIK II yang merupakan gabungan antara tes menengah dan lanjutan memiliki tiga bagian yaitu membaca, mendengarkan, dan menulis.

Setiap bagian dinilai dari 100 poin dengan kemungkinan total 200 poin untuk pemula dengan 300 poin untuk tingkat menengah-lanjutan. Tes ini mencakup komposisi mendengarkan dan bagian pilihan ganda.

Masing-masing tes terdiri dari dua sesi berdurasi 90 menit dengan istirahat 30 menit di antaranya. Sesi pertama menguji kosa kata dan tata bahasa serta menulis, dan sesi kedua menguji mendengarkan dan membaca.

 

BERIKUT LEVEL TOPIK DAN PASSING SCORE-NYA

APA ADA KRITERIA KHUSUS UNTUK MENGIKUTI UJIAN INI?

TIDAK. Tidak ada kriteria khusus dalam mengikuti ujian TOPIK ini. Siapa pun yang belajar bahasa Korea dari sebuah lembaga atau belajar mandiri bisa mengikuti ujian ini.

 

BERAPA LAMA VALIDITAS SKOR TOPIK YANG KITA PUNYA DI SERTIFIKAT?

Skor atau sertifikat TOPIK berlaku selama 2 tahun.

 

Nah itu dia informasi paling penting tentang TOPIK yang ada di Indonesia, untuk kalian yang sedang belajar bahasa Korea dan akan mengikuti tes ini. Semangat ya untuk terus meningkatkan skill-nya agar nanti ketika tes kalian bisa mendapatkan nilai yang sesuai dengan kemampuan kalian. Jika kalian masih memiliki pertanyaan tentang ujian TOPIK, kalian bisa tulis pertanyaan kalian di bawah dan kami akan mencoba menjawabnya!


MAU KURSUS ONLINE BAHASA KOREA UNTUK PERSIAPAN KERJA DI KOREA?

UNTUK MENDAFTAR KELAS BAHASA KOREA ONLINE!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.